Dandim Cup Purwodadi: Cendet New Fantastic dan kacer Bob Marley double winner

Cendet New Fantastic orbitan Om Aries Ngesrep (Semarang) dan kacer Bob Marley besutan Om Haweng (Kudus) meraih double winner dalam lomba burung berkicau Dandim Cup di halaman SMP Negeri 1 Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Minggu (9/10).

lomba burung berkicau Dandim Cup Purwodadi
Penjurian kelas lovebird dalam even Dandim Cup di Purwodadi, Minggu (9/10).

Even yang merupakan gawe BnR Grobogan ini dihadiri Bupati Grobogan Sri Sumarni SH MM, Kapolres Agusman Gurning SIK SH, dan Komandan Kodim (Dandim) 0717 Grobogan Letkol Arh Jan Piter Paringotan Gurning. Sebelum lomba, dilakukan syukuran ditandai dengan pemotongan tumpeng.

lomba burung berkicau Dandim Cup Purwodadi
Pak Dandim (kanan) bersama Bupati Grobogan (tengah) dan Pak Kapolres.

Panitia yang digawangi Om Kukuh Prasetyo Rusady SH MM (wakil ketua BnR Grobogan) membuka lima kelas (Merah Putih, Ibu Pertiwi, Bagimu Negeri, Maju Tak Gentar, dan Tanah Air) yang seluruhnya terdiri atas 22 sesi lomba.

Jumlah peserta pun tembus di angka 1.000, atau tepatnya 1.012 peserta. Mereka datang dari berbagai daerah di Blok Tengah, antara lain Semarang, Jogja, Solo, Blora, Demak, Kudus, Pati, Boyolali, dan tuan rumah Grobogan.

Cendet New Fantastic milik Om Aries Ngesrep (Semarang) tampil fanastis dengan menjuarai dua kelas. Di sesi awal, Kelas Ibu Pertiwi, New Fantastic memang hanya mampu finish di urutan keempat. Kelas ini dimenangi Konslet milik Om Wawan (Liar SF Demak), disusul Thor-Thor milik Arga Motor (Pandanaran SF) dan Ondel-Ondel milik Om Jatio (Duta Kudus Cup).

Pentet New Fantasic
Cendet New Fantasic sukses meraih double winner.

Tetapi pada sesi kedua, Kelas Bagimu Negeri, New Fantastic mampu membalas kekalahannya. Burung ini tampil sebagai juara 1. Konslet di urutan kedua, disusul Quicksilver milik Om Heri (Ande-Ande). Ketiga burung ini memang sering menjadi juara.

New Fantastic juga terbaik di Kelas Maju Tak Gentar, mengalahkan cendet Mahadewa orbitan Om Dhani (Jogja SF) dan Kenzi andalan Om Octha Rasta (Duta TB RK Jaya).

Om Aries Ngesrep
Om Aries Ngesrep (tengah), pemilik cendet New Fantastic.

“Sebelum Ramadhan lalu, cendet New Fantastic dalam kondisi mabung. Bulan Puasa beres mabung dan sejak itu sampai sekarang saya mainkan setiap minggu, dan hampir selalu meraih juara,” kata Om Aries Ngesrep.

Kacer Bob Marley, jagoan dari Kudus yang sedang naik daun, juga mendulang dua kemenangan. Kacer milik Om Haweng ini menjuarai Kelas Ibu Pertiwi, unggul atas Rojo Brono orbitan Om Mamad (Solo) dan Brajak besutan Om Yam-Yam (Eyer-Eyer SF).

Di Kelas Bagimu Negeri, Bob Marley kembali menjadi juara 1, disusul Rojo Brono, Fatamorgana besutan Om Danang (KSM Selo Tawangharjo), dan Brajak.

Om Haweng dan kacer Bob Marley
Om Haweng (kiri) sukses bersama kacer Bob Marley.

Sejak rampung mabung, kacer Bob Marley berturut-turut moncer dalam gelaran BnR Juwana, Museum Kretek Kudus, even Silobur di Jepara, dan terakhir di Dandim Cup Purwodadi. Katuranggan Bob Marley memang bagus.

Om Mamad tetap bangga terhadap prestasi kacer Rojo Brono (dua kali juara 2). Di Solo Raya, burung ini juga sering berprestasi.

Om Mamad dan kacer Rojo Brono
Om Mamad (kiri): Kacer Rojo Brono nyeri juara 2.

Murai batu King Holliks orbitan Dr Gigi (Olinx SF) terbaik di Kelas Ibu Pertiwi, mengalahkan Pacul Sakti besutan Om Utomo (NRD SF) dan Temon milik Om Ucok (Kudus).

MB Hammer milik Om Rifai Menara (Dinosot Team) moncer di Kelas Merah Putih, dengan menjadi juara kedua, disusul Tali Ban jagoan Om Sugiyanto (Brumbung) dan Pacul Sakti.

Om Utomo bersyukur MB Pacul Sakti masih berjaya dengan meraih posisi runner up dan juara 4. Jagoan ini memiliki ciri khas tembakan sambil meliukkan ekornya dengan power dahsyat, ditunjang materi lagu yang komplet. Tidak heran jika Pacul Sakti kerap berprestasi di seputaran Pati dan pantura timur Jawa Tengah.

Om Utomo dan murai batu Pacul Sakti
Om Utomo (kiri) moncer bersama murai batu Pacul Sakti.

Lovebird digelar enam sesi, tapi tak ada burung yang mampu menjuarai lebih dari satu kali. Kelas utama Merah Putih A dimenangi lovebird Oliev orbitan Om Heru  (Ngrandah), disusul  Karebet milik Om Pur MP 2 (Duta Turin BC) dan Mercye milik Om Ex Bando/ Kancil (Rocket SF).

Adapun Kelas Merah Putih B dijuarai lovebird Wak-Wak orbitan Teguh Putra Trans (Gubug SF), unggul atas Markonah milik Om Allesandro (Toetoet BC) dan Dewi Larasati Jr besutan Om Yudha Sanjaya (Olinx SF).

Lovebird Karebet terbaik di Kelas Ibu Pertiwi A, mengalahkan Lucky besutan Borneos Neo (Borneo BC-KLI Kudus) dan Oshin orbitan Om Jin (Toetoet BC). Kelas Ibu Pertiwi B dimenangi Barjo milik Om Hendra (KMS Yes You/ Pabelan BC), disusul Semut Merah (Bolo Kurowo SF) dan Mila orbitan Om Hardi (JKM).

Centinul, lovebird milik Om Achmad (Matrix SF), menjadi juara kedua Kelas Bagimu Negeri, disusul Kencono besutan Om David (BA SF Semarang). Kelas Maju Tak Gentar dijuarai LB Paijem milik Allesandro (Toetoet BC), mengalahkan Sarah besutan Om Aconx / Song (FJR-CL 10) dan Saraswati koleksi Om Eky (Halilintar).

Allesandro merupakan kicaumania belia dan masih duduk di bangku SMP. Namun kemampuan memoles lovebird cukup bisa diandalkan. Terbukti dua gaco orbitannya, Paijem dan Markonah, bisa menjadi juara 1 dan 2.

Alessandro
Alessandro moncer di kelas lovebird dan cucak hijau.

Republik Borneo yang datang dari Kudus juga mampu bersaing dalam even ini. Tim ini moncer bersama lovebird Lucky (juara 2) dan cucak hijau Sianda (juara 3).

Republik Borneo
Republik Borneo moncer di kelas lovebird dan cucak hijau.

Secara keseluruhan, even Dandim Cup di Purwodadi ini berjalan lancar tanpa ada protes yang berarti. Acara makin meriah karena dipandu oleh Bang Hendri, MC burung ternama di Purwodadi. Sebagian besar peserta juga bertahan hingga lomba rampung, karena ada pengundian doorprize.

Mewakili seluruh kru panitia dan juri, Om Kukuh mengucapkan terimakasih atas apresiasi yang diberikan jajaran Pemkab Grobogan dan pihak sponsor. “Dalam waktu dekat, BnR juga akan mengadakan even bertajuk Kapolres Cup dan Bupati Cup,” ujar Om Kukuh. (neolithikum)

lomba burung berkicau Dandim Cup Purwodadi
Om Kukuh (tengah) bersama MC Bang Hendri (kiri) dan Om Octha Rasta (Duta TR RK Jaya).
BM SF
BM SF juara 1 di Kelas Pleci Tanah Air B.
Rocket SF
Ex Bando / Kancil (Rocket SF): Lovebird Mercye juara 3 Kelas Merah Putih A.
KSM Selo SF
KSM Selo SF juga moncer di kelas lovebird.
lomba burung berkicau Dandim Cup Purwodadi
Suasana pembagian doorprize di akhir lomba.
lomba burung berkicau Dandim Cup Purwodadi
Stan pendaftaran peserta dijaga ibu-ibu cantik.
lomba burung berkicau Dandim Cup Purwodadi
Paddock tim juri Dandim Cup Purwodadi.

Hasil Lomba Dindim Cup Purwodadi (klik di sini)

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.