PM 77 Canary BF Jambi: Anakan AF dibanderol Rp 500 ribu

Seperti diberitakan sebelumnya (lihat di sini), Om Jimmy bukan hanya sebagai pemain dan pengorbit kenari, tetapi juga mengelola penangkaran kenari di bawah bendera PM 77 Canary Bird Farm Jambi. Usaha ini memang bukan miliknya sendiri, melainkan berkongsi dengan dua rekan yang masih punya hubungan kekeluargaan.

Breeding kenari PM 77 Canary BF Jambi
Om Jimmy di kandang indukan kenari yang ditempel berderet pada dinding.

Kedua rekan itu adalah Om Dhasroan Romlu dan Om Fredi Mitra. Om Dhasroan adalah kakak iparnya yang mukim di Bangka. Adapun Om Fredi merupakan adik sepupunya.

Kandang ternak kenari itu ditempatkan di rumahnya, kawasan  di Jl Juanda, Kelurahan Mayang Mangurai, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi, yang juga merupakan pangkalan Sate Mitra.

“Saat ini ada sembilan ekor induk jantan serta 17 ekor induk betina. Belum seluruhnya berproduksi, baru tujuh induk betina saja,” ujar Om Jimmy.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Jenis kenari yang diternak bervariasi mulai dari lokal, AF, hingga F1. Beberapa kenari eks juara lomba menjadi materi indukan, antara lain Kian Santang.

Breeding kenari PM 77 Canary BF Jambi
Kian Santang, kenari eks jawara yang menjadi materi indukan PM 77 Canary BF.

Jawara lainnya, kenari Sonic, juga pernah masuk kandang ternak dan sempat dua kali menghasilkan keturunan. Sayangnya, semua anakan Sonic mati sebelum dewasa.

Akhirnya, Sonic pun kini kembali ke lapangan dan masih berprestasi, termasuk double winner dalam even Alam Bareh Solok Berkicau di Kota Solo, Sumatera Barat, Minggu (4/12) lalu.

( baca juga: Kenari Sonic milik Om Jimmy yang makin berprestasi )

Induk betina di kandang breeding PM 77 Canary BF rata-rata menghasilkan 3-4 butir telur setiap kali periode peneluran. Setelah dierami induknya selama 14 hari, telur-telur pun akan menetas menjadi piyikan.

Breeding kenari PM 77 Canary BF Jambi
Induk betina sedang mengerami telur-telurnya.

“Anakan kenari tetap berada dalam perawatan induknya sampai berumur 21-25 hari. Tapi jika induk betina tidak pintar meloloh anak-anaknya, terpaksa kita bantu melolohkan pakan,” jelas Om Jimmy.

Breeding kenari PM 77 Canary BF Jambi
Anakan kenari umur 11 hari, hasil perkawinan betina loper dan jantan F1.

Supaya pakan yang dilolohkan induk kepada anaknya berkualitas, Om Jimmy sangat memperhatikan asupan pakan untuk sang induk.

Breeding kenari PM 77 Canary BF Jambi
Salah satu induk jantan F1.

Ketika anakan baru berumur 1-5 hari, Om Jimmy akan memberi telur puyuh rebus kepada induknya. Mulai hari keenam, induk kenari diberi pula sawi hijau dan sawi putih.

Breeding kenari PM 77 Canary BF Jambi
Induk jantan Holland sedang mabung.

Harga anakan kenari produksi PM 77 Canary BF relatif terjangkau. Anakan kenari lokal dijual seharga Rp 300.000 / ekor. Harga anakan AF dibanderol Rp 500 ribu / ekor. Kalau anakan F1, harganya di atas Rp 500.000 / ekor. (Kelana Lana)

Breeding kenari PM 77 Canary BF Jambi
Om Jimmy bersama keluarga tercinta.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.