Radang sendi (arthritis) pada burung dan beberapa cara mengatasinya

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Radang sendi atau arthritis adalah suatu kondisi umum yang tidak hanya terjadi pada manusia, tetapi juga menimpa pada hewan termasuk burung kicauan. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada burung. Apa itu penyakit radang sendi pada burung, dan bagaimana mengatasinya, yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Burung yang mengalami arthritis
Burung yang mengalami arthritis / radang sendi.

Faktor risiko terkena radang sendi / arthritis biasanya akan meningkat seiring perkembangan umur burung. Hal ini juga dipengaruhi oleh penyakit obesitas dan pola rawatan harian yang kurang maksimal.

Burung yang mengalami radan sendi tentu tidak akan dapat bergerak secara leluasa, dan cenderung tidak seimbang ketika bertengger. Bahkan kemungkinan muncul luka pun dapat terjadi setiap saat.

Berikut ini beberapa gejala yang dapat muncul ketika burung mengalami radang sendi:

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
  • Jari kaki menunjukkan semacam cacat, seperti bengkak atau berubah posisi (jari kaki belakang tertekuk ke depan atau sebaliknya).
  • Burung cenderung menjadi pemarah / agresif, dan sering menggigit bagian kakinya yang bengkak.
  • Burung lebih sering berdiri dengan satu kaki, sehingga dapat menyebabkan luka tekanan pada kakinya.
  • Burung tidak dapat bergerak lincah atau terhambat gerakannya. Selain itu, juga tidak bisa bertengger dengan mudah seperti biasanya.
  • Penampilan burung secara keseluruhan akan terganggu dan tidak serajin biasanya.

Apakah kejadian seperti itu pernah menimpa burung kicauan milik Anda di rumah? Semoga tidak. Tetapi jika suatu saat terjadi, berikut ini beberapa solusi untuk mengatasinya:

  • Cuka apel
    Cuka sari apel / apple cider vinegar bisa membantu menjaga keseimbangan derajat keasaman (pH) maksimum sehingga akan menghambat proses kristalisasi dalam sendi yang dapat memperburuk arthritis. Dosis cuka apel yang direkomendasikan adalah 1/2 – 1 sendok teh, yang dicampur ke dalam 240 ml air minumnya.
  • Lidah buaya
    Lidah buaya (Aloe vera) dapat diberikan kepada burung yang mengalami arthritis. Potongan daunnya dapat diberikan sebagai pakan tambahan, adapun lendir / getahnya dapat dioleskan pada bagian kaki yang sakit.
  • Ekstrak anggur
    Ekstrak anggur atau grape seed dapat dimanfaatkan untuk mengatasi beragam masalah kesehatan, karena berfungsi sebagai antioksidan yang sangat kuat, bahkan 50 persen lebih efektif daripada vitamin E. Selain membantu masalah arthritis, ekstrak anggur juga dapat mengatasi masalah penyakit mata dan mengurangi perilaku cabut bulu pada burung paruh bengkok.
  • Cayenne
    Cayenne adalah jenis buah seperti cabai yang digunakan sebagai tanaman obat serta membantu menaikkan metabolisme tubuh dengan memperlancar aliran darah dan menurunkan lemak.
    Cayenne memiliki kandunan vitamin A, C, B-kompleks, kalsium, besi dan fosfor, dan mempunyai sifat anti-inflamasi yang bisa membantu mengatasi arthritis. Sebagian besar jenis burung paruh bengkok menyukainya. Untuk jenis burung lainnya, cayenne dapat diberikan dengan cara dicampurkan ke dalam pakannya.

Memperbaiki pola perawatan harian mungkin tak bisa langsung menyembuhkan arthitis, tetapi sedikit banyak bisa mengurangi peradangan sistemik terutama melalui pemberian pakan secara tepat.

Meski belum terbukti secara ilmiah, banyak yang menganggap arthritis sebagai tanda malnutrisi. Pemberian pakan yang bernutrisi diharapkan dapat membatu mengurangi peradangan tersebut.

Selain mendapatkan pakan yang tinggi nutrisinya, burung yang mengalami arthritis juga dapat diatasi dengan pola rawatan sebagai berikut:

1. Berikan kehangatan

Burung yang sudah berumur atau yang terkena arthritis sangat rentan dan sensitif terhadap suhu dingin. Karena itu, dalam perawatannya, dibutuhkan sumber panas untuk mengatasi masalahnya.

Sumber panas bisa saja berasal dari lampu bohlam yang dipasang tidak jauh dari sangkarnya, atau menggunakan tenggeran berpemanas (heated perches) yang banyak dijual di toko-toko online.

2. Menyesuaikan perlengkapan sangkar

Menyesuaikan perlengkapan sangkar dapat membantu burung mengatasi masalahnya. Cepuk pakan dan air minum dapat ditempatkan pada posisi yang berdekatan / berdampingan, sehingga burung dapat meraihnya tanpa perlu melakukan banyak gerakan. Selain itu, beberapa tenggeran dapat diberikan untuk memudahkan pergerakan dalam sangkar.

3. Pengobatan dengan BirdCream

BirdCream adalah krim yang mengandung zat antiparasit dan bakteri khusus yang bisa membantu menghilangkan kerak yang disebabkan oleh cascado dan scabies. Selain itu, BirdCream juga dapat membantu mencegah infeksi pada luka baru, penyembuhan luka lama, mengempiskan bengkak akibat infeksi pada kaki seperti arthritis atau radang sendi.

Demikian ulasan mengenai radang sendi pada burung  dan cara mengatasinya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.