Trisakti BF Jakarta: Goldfinch major dibanderol Rp 5 juta per pasang

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Hingga kini, goldfinch major masih menjadi salah satu jenis burung finch impor yang digemari para kicaumania di Indonesia. Selain warna bulunya yang eksotis, burung finch penyanyi ini juga mempunyai materi lagu yang merdu. Untuk memenuhi para penggemarnya, Trisakti BF Jakarta menyediakan burung goldfinch major dengan harga Rp 5 juta – Rp 6 juta per pasangan.

Dibandingkan dengan jenis burung finch lainnya, harga goldfinch major memang terbilang masih tinggi. Burung yang diimpor dari Eropa ini memang postur yang lebih besar daripada burung sejenisnya.

Meski demikian, harga mahal tidak menurunkan minat kicaumania untuk mengkoleksinya. Buktinya, permintaan terus mengalir deras, seperti yang dirasakan Om Arif selaku pemilik Trisakti BF Jakarta.

Goldfinch major Trisakti BF
Om Arif Trisakti sediakan goldfinch major, baik satuan maupun pasangan.

“Penggemarnya makin banyak. Ini saya juga mau kirim ke Bandung,” ungkap Om Arif Trisakti, yang ketika ditemui sedang melakukan pengepakan untuk pengiriman burung lewat ekspedisi.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Sebagian besar peminatnya adalah penggemar khusus goldfinch, tapi sebagian lainnya penghobi aneka burung jenis finch. Setelah membeli, mereka biasanya akan menangkarkannya, bahkan ada juga yang menyilangkannya dengan burung finch lainnya termasuk kenari.

Goldfinch major memiliki postur lebih besar daripada jenis goldfinch lainnya. Panjang tubuhnya rata-rata lebih dari 15 cm. Warna bulunya juga unik, yakni perpaduan warna putih, cokelat, kuning, merah, dan hitam yang menghiasi bulunya sehingga tampak eksotik.

Burung jantan dewasa memiliki warna merah menyerupai topeng, ekornya yang bercabang terlihat hitam bergaris putih. Topeng merah pada alis itu melewati garis mata. Warna merah pada muka burung jauh lebih tajam daripada betina. Sebab topeng merah pada burung betina hanya sampai setengah garis mata.

Karakter, perawatan, dan breeding goldfinch major

Goldfinch major Trisakti BF
Stok golfinch major di showroom Trisakti BF.

Burung goldfinch major mempunyai karakter sedikit lebih agresif / giras daripada goldfinch biasa. Tetapi burung ini tidak mudah stres terhadap lingkungan sekitarnya.

Perawatannya relatif mudah, karena tak jauh berbeda dari jenis finch lainnya. Pakan goldfinch major berupa bijian seperti milet, canary seed, biji bunga matahari (kuaci), juwawut, niger seed, dan fumayin. Adapun pakan tambahan berupa aneka sayuran (selada, sawi, dll) ditambah tulang sotong.

Burung ini juga disukai karena mudah diternak atau dikembangbiakkan di kandang penangkaran. Apalagi goldfinch major juga pintar dalam mengasuh anak-anaknya.

Goldfinch major Trisakti BF
Postur tubuh goldfinch major lebih besar daripada jenis goldfinch lainnya.

Karena relatif tahan stres, burung ini dapat bertelur, mengerami telur-telurnya, dan merawat anak-anaknya tanpa merasa terganggu oleh berbagai aktivitas di sekitar kandangnya, termasuk kehadiran dan lalu-lalang manusia.

Perilakunya yang bandel inilah yang membuat banyak kicaumania berminat untuk menangkarnya. Kalau ingin menangkar, siapkan dua calon induk berbeda jenis kelamin yang sudah berumur dewasa. Sangkar burung jantan dan betina ditempelkan, agar keduanya saling berkenalan.

Anda juga dapat menggunakan kandang ternak lovebird yang memiliki sekat pembatas di bagian tengah. Apabila kedua burung sudah mulai berjodoh (bisa dilihat dari posisi yang selalu saling berdekatan), maka sekat pembatas bisa dibuka.

Agar proses penjodohan berlangsung sukses, dan dilanjutkan dengan perkawinan, burung jantan dapat diberi niger seed, fumayin, dan biji kuaci.

Goldfinch major Trisakti BF
Pasangan goldfinch major siap ternak dibanderol Rp 5-6 juta.

Tanda-tanda keberhasilan akan terlihat ketika burung betina mulai menyusun sarang, sedangkan burung jantan tampak lebih aktif berkicau di hadapan betinanya. Tak lama kemudian, pasangan goldfinch major siap berproduksi. “Hampir semua jenis burung finch itu mudah diternak,” ujar Om Arif di kediamannya, Jalan Dwijaya 4, Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Untuk memenuhi permintaan pelanggan, Trisakti BF juga menyediakan pasangan goldfinch major siap produksi. Harga per pasangan relatif terjangkau, mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 6 juta untuk warna bulu klasik.

Goldfinch major Trisakti BF
Goldfinch major warna mutasi.

Kalau pasangan goldfinch major dengan warna-warna mutasi yang unik, harganya lebih mahal, sekitar Rp 7 juta hingga Rp 8  juta per pasangan. “Goldfinch major memang lebih mahal ketimbang goldfinch biasa,” terangnya.

Selain menyediakan goldfinch major, Trisakti BF juga menyediakan aneka jenis burung finch lainya, mulai dari hooded siskin, blackthroat ternakan lokal, dan sebagainya. (d’one)

Hooded siskin
Trisakti BF juga menyediakan hooded siskin.

Alamat Lengkap Trisakti BF, klik di sini

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.