Tiga jenis buah-buahan yang dapat membuat anis merah rajin berbunyi

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Banyak kicaumania yang mau melakukan apa saja agar anis merah kesayangannya makin rajin bersuara ngeplong. Beragam metode terapi dan perawatan pun rutin dilakukan, termasuk menyediakan jenis pakan bermanfaat, salah satunya adalah buah-buahan. Berikut ini tiga jenis buah-buahan yang dapat membuat anis merah rajin berbunyi.

Mengenal tiga jenis buah-buahan yang dapat membuat anis merah rajin berbunyi
Mengenal tiga jenis buah-buahan yang dapat membuat anis merah rajin berbunyi.

Selama beberapa dekade, anis merah termasuk salah satu jenis burung kicauan yang popular dan digemari banyak kicaumania di Indonesia. Meski selama ini beredar anggapan bahwa perawatan anis merah sulit, terutama agar mau tampil konsisten di lapangan, hal tersebut tak mengurangi niat kicaumania untuk memeliharanya.

Memelihara anis merah agar makin rajin bunyi membutuhkan pola rawatan harian yang cukup teratur, khususnya pengembunan, mandi, dan penjemur. Selain itu, berikan pakan yang tepat untuk memancing anis merah bertambah rajin berbunyi.

Selain pakan serangga seperti jangkrik, kroto dan cacing tanah, anis merah juga perlu diberi pakan tambahan berupa buah-buahan. Jenis buah yang kerap diberikan kepada anis merah adalah pisang dan pepaya.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Sebenarnya masih ada tiga jenis buah-buahan yang dipercaya bisa membantu membuat anis merah makin rajin bersuara ngeplong. Ketiga jenis buah-buahan tersebut adalah salak, sawo, dan kantil. Yuk, kita kupas satu-persatu.

1. Buah salak

Buah salak

Buah salak / snake fruit yang memiliki kulit mirip sisik ular sering dimanfaatkan sebagai pakan tambahan untuk burung anis merah. Pemberian buah salak secara rutin mampu meningkatkan stamina dan birahi anis merah, yang akan membuatnya makin rajin berkicau dengan suaranya yang lantang.

Biasanya yang diberikan untuk burung adalah buah salak yang sudah sangat matang / gembur karena memiliki rasa yang sangat manis. Pemberiannya pun dilakukan dengan cara menggantung buah salak yang telah dikupas kulitnya di dalam sangkar.

2. Buah sawo

Buah sawo

Sawo juga cukup disukai anis merah, karena rasanya yang manis dan lezat. Selain mengenyangkan, rasa manis dari buah sawo diyakini mampu mendongkrak stamina burung. Bahkan jika diberikan rutin, disertai pemberian pakan tambahan lainnya, buah sawo dapat mempercepat proses ngeplong pada burung anis merah.

3. Buah kantil

Buah kantil / cempaka

Buah kantil atau cempaka kini banyak dicari pemilik anis merah di Indonesia. Buah yang terdapat pada tanaman cempaka ini diyakini mampu membuat anis merah makin rajin berkicau dengan suaranya yang lantang.

Pilihlah buah kantil yang sudah matang atau sudah berwarna kemerahan. Untuk mendapatkan buah kantil ini tidak terlalu sulit, karena jenis tanaman ini banyak tumbuh liar di pinggiran jalan. Bahkan tak jarang ada juga kicaumania yang menawarkan buah kantil di berbagai forum kicaumania.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

2 Comments

  1. Ane beli anis merah 5juta ya om di tkp gacor banget eh sampe dirumah dia gak mau bunyi cuma cek cek cek gitu doang. . itu kenapa yah gan.. sangat menyedihkan 🙁

Komentar ditutup.