Dua Pandawa, kios burung lengkap di wilayah timur-tengah Kabupaten Tegal

Kios Burung Dua Pandawa sejatinya baru dibuka pertengahan 2015. Meski terbilang baru, kios milik Om Yadi yang bermarkas di Jl Wanabakti RT 03/RW 01 Desa Kesamiran, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal, layak dikedepankan. Bahkan kios ini termasuk paling lengkap di wilayah timur dan tengah Kabupaten Tegal.

Kios Burung Dua Pandawa
Kios Burung Dua Pandawa jadi ampiran para kicaumania di Kabupaten Tegal.

“Selain menyediakan berbagai jenis burung kicauan dan burung masteran, di sini juga tersedia berbagai kebutuhan burung mulai dari pakan, sangkar, sampai suplemen. Semuanya komplet tersedia. Yang lebih penting lagi, kami menjualnya dengan harga grosir,” kata Om Yadi.

Ihwal membuka kios burung ini bermula dari kesulitannya mendapatkan pakan serta kebutuhan burung lainnya. Padahal dia memelihara banyak burung kicauan di rumahnya. Tak hanya itu, Om Yadi juga telah lama beternak lovebird.

“Kalau mau membeli pakan burung maupun berbagai kebutuhan dan perlengkapan burung lainnya, saya harus menempuh perjalanan puluhan kilometer. Dari keprihatinan inilah saya lalu membuka Kios Burung Dua Pandawa, persis di sebelah rumah,” jelasnya.

Om Yadi Kios Burung Dua Pandawa
Om Yadi sedang melayani pembeli.

Dengan demikian, kini dia tak lagi direpotkan kalau membutuhkan pakan dan kebutuhan burung lainnya. Selain itu, keberadaan kios itu juga memudahkan para kicaumania di Kecamatan Tarub dan sekitarnya.

Kios Burung Dua Pandawa
Aneka pakan dan kebutuhan burung kicauan.

Dalam memenuhi barang-barang di kios burungnya, Om Yadi tak mau sembarangan membelinya. Untuk sangkar burung, misalnya, dia hanya menyediakan sangkar burung produksi Om Miftahudin Mip. Sebab, sangkar burung Om Mip praktis (siap pakai), kualitasnya bagus, dan harganya pun relatif lebih murah jika dibandingkan dengan produk lain.

Sangkar burung buatan Om Mip
Sangkar burung buatan Om Mip: Praktis, berkualitas, harga murah.

Stok jangkrik dan ulat kandang diperolehnya dari pihak pertama (pembudidaya), sehingga harganya jauh lebih miring. Yang lebih penting lagi, kedua jenis extra fooding (EF) itu selalu tersedia dalam kondisi yang masih segar.

Kios Burung Dua Pandawa
Jangkrik dijual murah di Kios Burung Dua Pandawa.

Bagaimana dengan kroto? Om Yadi pernah menjadi pembudidaya kroto. Sayangnya usaha ini mengalami kegagalan, lantaran tak terurus ketika dia harus lama di Kuningan untuk urusan keluarga.

“Tapi dalam waktu dekat ini akan saya lanjutkan kembali, agar sobat kicaumania bisa memperoleh kroto dengan harga paling murah dan kondisinya selalu segar. Ya, pelan-pelan sambil jalan,” tuturnya.

Ulat kandang
Ulat kandang selalu tersedia dalam kondisi segar.

Di belakang rumah Om Yadi juga terdapat area khusus penangkaran lovebird. Beberapa hari selalu selalu panen anakan lovebird. Jika sudah remaja, hasil ternak itu langsung dipajang di kiosnya.

Om Yadi juga menyediakan aneka burung masteran seperti jalak suren dan gelatik wingko, serta burung-burung kecil seperti pleci, ciblek, dan sirdum.

Anakan jalak suren
Anakan jalak suren di Kios Burung Dua Pandawa.

“Sebagian besar burung itu saya datangkan dari Jawa Barat, dan sebagaian lagi dari mitra penangkar di Tegal. Kebetulan saya ini asli dari Kuningan,” ungkap Om Yadi yang juga pengelola Gantangan Kespas BC, tak jauh dari rumahnya.

Kios Burung Dua Pandawa
Aneka burung kicauan dan burung master ada di Dua Pandawa.

Jika sobat kicaumania di Kabupaten Tegal (terutama wilayah timur dan tengah) memerlukan burung dan berbagai kebutuhan / perlengkapan burung, silakan mampir saya ke Kios Burung Dua Pandawa.

“Kalau rumahnya jauh, silakan kontak via hape. Kami siap antar barang ke rumah Anda. Apabila ada yang mau bermitra untuk pengembangan kios, saya pun menerimanya dengan tangan terbuka,” tandasnya. (Julis Nur Hussein)

Kios Burung Dua Pandawa
Berbagai jenis pakan unggas juga ada di Dua Pandawa.

Om Yadi / Kios Burung Dua Pandawa

Kontak: 0852 2695 9760

Alamat: Jalan Wanabakti RT 03/RW 01 Desa Kesamiran, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.