Om Iskandar Atjeh: Jangan terkecoh, murai batu malaysia mirip dengan murai batu aceh!

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Sejak dulu murai batu asal Aceh, atau sering disebut murai batu aceh, sudah sangat popular di kalangan kicaumania Indonesia. Tingginya permintaan membuat banyak oknum pedagang kerap mengklaim stok yang dijualnya sebagai murai batu aceh.

“Padahal yang banyak beredar di pasaran saat ini adalah murai batu malaysia, tetapi diklaim sebagai murai batu aceh,” tutur Om Iskandar Atjeh, kicaumania asal Aceh yang mukim di kawasan Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul.

Dalam percakapan dengan omkicau.com di kediamannya, belum lama ini, Om Iskandar Atjeh memberi tips mengenai cara membedakan murai batu aceh dan murai batu malaysia. “Pertama, lihat posturnya. Sebab postur tubuh murai batu acerh tetap lebih besar daripada murai batu malaysia,” ujarnya.

Murai batu aceh
Pokemon, salah satu murai batu aceh milik Om Iskandar.

Kedua, cermati pula struktur bulu, terutama bulu ekornya. Pasalnya, bulu ekor pada murai batu aceh itu lebih besar daripada murai batu asal Malaysia. Artinya, daun-daun pada bulu ekor murai batu asal Aceh lebih lebar ketimbang murai batu malaysia.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Karena itu, penggemar murai jangan sampai terkecoh. Teliti sebelum membeli. Selain itu, kalau mau beli murai batu aceh hasil tangkapan hutan, pilihlah yang masih liar dulu. Soalnya murai batu yang masih liar biasanya memiliki fisik atau stamina yang kuat.

Om Iskandar dan murai batu Pokemon
Om Iskandar bersama murai batu Pokemon.

“Setelah itu, baru dijinakkan dan dilatih makan voer, kemudian sangkarnya digantung pada tempat yang nyaman. Perawatan selanjutnya sama seperti murai batu pada umumnya. Jika mau beli yang sudah jadi, atau sudah gacor, itu sih mudah. Kita tinggal pantau ketika burung beraksi di lapangan, baik dalam even latber, latpres, maupun lomba,” tambah Om Iskandar.

Murai batu DJ
Murai batu DJ sudah delapan tahun di tangan Om Iskandar Atjeh, dan sudah kerap menuai prestasi di berbagai even.

Di rumahnya, Om Iskandar memiliki beberapa murai batu aceh yang sudah berprestasi. Misalnya DJ dan Pokemon. Murai batu DJ sudah delapan tahun dirawat Om Iskandar, sedangkan Pokemon sudah sekitar lima tahun di tangannya.

Om Iskandar sudah menggemari murai batu aceh sejak tahun 2005. Kalau menilik asal-usul daerah atau habitatnya, sedikitnya ada tujuh jenis murai batu aceh, yakni:

Secara umum, murai batu asal Aceh juga bisa dibedakan antara daratan dan pesisir / kepulauan. Murai batu ekor hitam biasanya mukim di kawasan pesisir / kepulauan, seperti pernah diungkap omkicau.com dalam artikel:

Ragam urai batu ekor hitam di Sumatera

Ketika Aceh dilanda konflik bertahun-tahun, pamor murai batu aceh cenderung menurun lantaran tidak banyak pedagang besar yang berani masuk Aceh untuk mengambil burung dari para pengepul. Ada, tapi tak banyak.

Om Iskandar Atjeh dan murai batu DJ
Om Iskandar Atjeh sedang memberi pakan murai batu DJ.

Pasokan murai batu asal Sumatera ke Jawa lebih didominasi murai batu asal Medan dan Lampung. Tapi setelah konflik Aceh relatif rampung, murai batu aceh menjadi buruan para pemain maupun penangkar / breeder di berbagai daerah di Indonesia.

Om Iskandar pun acapkali mendapat pesanan dari para pemain dan penggemar murai batu aceh. Karena itu, dia secara rutin mendatangkan murai-murai tersebut dari Aceh. Semua proses dilakukannya secara legal, termasuk harus melewati prosedur administrasi seperti izin penangkaran, izin siap edar, sampai ke tahap pemeriksaan oleh dokter hewan dan karantina.

Murai batu Pokemon
Murai batu Pokemon saat mandi di karamba.

Saat ini Om Iskandar Atjeh sedang merampungkan pembangunan kandang-kandang penangkaran murai batu aceh, plus lovebird, di kediamannya. Harga termurah untuk trotolan murai batu aceh sekitar Rp 6 juta. Info lebih lanjut bisa ditanyakan langsung via akun fesbuknya: Iskandar Atjeh.  (Galuh Candra)

Murai batu aceh

Murai batu aceh
Beberapa murai batu aceh koleksi Om Iskandar.
Om Iskandar Atjeh
Selain murai batu, Om Iskandar juga sedang menyiapkan breeding lovebird.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.