Tips Aa Aa BF: Kesuksesan murai batu di lapangan dimulai dari perawatan anakan

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Sebagaimana pernah diulas di omkicau.com, produk murai batu hasil breeding Aa Aa Bird Farm milik H Aris Margono terbilang laris-manis. Hal ini antara lain karena proses seleksi calon induk jantan maupun betina yang dilakukannya sangat ketat. Bahkan sebagian induk jantan yang digunakannya merupakan burung jawara yang pernah menjadi mainannya di lapangan.

Kandang penangkaran murai batu Aa Aa BF berada di Bojonegoro, Jawa Timur. Piyikan murai batu ini akan dirawat induknya selama seminggu sejak menetas, dilanjutkan dengan proses pembesaran sampai saatnya dibawa ke Jakarta untuk dipasarkan.

“Setelah berumur dua bulan atau sudah bisa belajar makan sendiri, trotolan murai batu dikirim ke Jakarta untuk dipasarkan. Biasanya dalam hitungan hari, trotolan murai batu sudah ludes diboyong para pemain di sini,” tutur Om Aris.

Lihat juga Profil penangkaran murai batu Aa Aa BF.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Nah, kali ini Om Aris ingin menjelaskan perawatan anakan murai batu yang nantinya ingin didesain sebagai burung lomba. Pasalnya, kesuksesan murai batu di lapangan dimulai dari perawatan anakan. Karena itu harus dilakukan dengan telaten dan konsisten sejak Anda membeli trotolan murai batu dari penangkar / breeder murai batu.

H Aris Margono
H Aris Margono sedang menyeleksi anakan murai batu.

Perlu diketahui, Aa Aa BF biasanya menjual trotolan murai batu pada umur 2-3 bulan. Jadi, perawatan sejak dini sudah dimulai ketika anakan murai batu masih di kandang penangkaran Aa Aa BF yang berada di Bojonegoro.

Setelah Anda membelinya, maka tugas Anda untuk melanjutkan perawatannya secara konsisten untuk tujuan lomba, dimulai pada umur 2 atau 3 bulan (tergantung umur murai batu yang dibeli).

Dalam hal ini, burung sudah ditempatkan dalam sangkar soliter, terpisah dari murai batu lainnya meski seumuran. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengasah mental fighternya.

Jika murai batu remaja masih dicampur dengan burung seusianya, maka karakter fighternya tidak akan terlihat ketika burung sudah dewasa.

Note: Beberapa gambar dalam artikel ini memperlihatkan ada 2-3 ekor anakan murai dalam satu sangkar, karena memang masih berada di kandang penangkaran Aa Aa BF, atau berumur kurang dari 2-3 bulan.

Begitu Anda membelinya, maka trotolan murai batu sudah bisa dilatih mandi dan dijemur, karena hal ini juga telah dilakukan di kandang Aa Aa BF. Mandinya bisa menggunakan karamba, bisa juga menyediakan cepuk berisi air bersih ke dalam sangkarnya.

Melatih anakan murai mandi di karamba
Kru Aa Aa BF sedang melatih trotolan murai batu mandi di karamba.

Usai mandi, burung dijemur meski hanya sebentar. Durasi penjemuran yang dianjurkan sekitar 30 – 60 menit, tergantung kondisi burung. “Biasanya kalau burung sudah mangap dan melompat-lompat, ya segera saya angkat,” jelas salah seorang mekanik murai batu di Aa Aa BF.

Setelah dijemur, burung diangin-anginkan sejenak sebelum dikerodong untul diistirahatkan. Nah, ketika dikerodong inilah, murai batu remaja bisa ditempel dengan burung masteran. Murai batu ditempatkan di tengah, dikelilingi burung-burung masteran.

Breeding murai batu Aa Aa BF
Durasi penjemuran untuk trotolan / murai batu remaja cukup 30-60 menit saja.

Untuk materi isiannya, Anda bisa menggunakan burung masteran seperti kenari, serindit, dan “kolibri” (burung-madu). Untuk suara tonjolan dan tembakannya, Anda bisa menggunakan burung cililin, cucak jenggot, rio-rio, cucak cungkok, lovebird, dan lain-lain sesuai dengan keinginan Anda.

Kalau kondisi tidak memungkinkan, Anda juga bisa melakukan pemasteran menggunakan audio mp3. Tapi pilihlah audio yang suaranya jernih dan jelas. Selain itu, pemasteran dilakukan secara bertahap, dengan memperdengarkan satu audio saja untuk diperdengarkan terus-menerus selama 1-2 minggu. Setelah itu baru diganti dengan suara burung lainnya.

Pemasteran trotolan murai batu
Pemasteran trotolan murai batu. Murai dikerodong dan dikelilingi burung-burung masteran.

Adapun pakan utamanya berupa voer, sedangkan pakan tambahan atau extra fooding (EF) terdiri atas jangkrik, kroto segar, dan ulat kandang. Pada masa remaja, pemberian jangkrik bisa sebanyak mungkin. Sebab murai batu remaja sangat membutuhkan protein hewani untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

Kalau murai batu yang disiapkan berasal dari trah unggulan, seperti yang dihasilkan Aa Aa BF selama ini, tentu jerih payah Anda dalam merawat murai batu sejak trotolan akan memberi hasil maksimal ketika burung sudah dewasa.

Mental murai batu di lapangan dan gaya bertarungnya tatkala bertemu lawan-lawannya sangat dipengaruhi faktor perawatan dan / atau kualitas indukan (pewarisan gen). Karena itu, pilihlah murai batu dari penangkar-penangkar berkualitas, dan rawatlah secara rutin dan konsisten.

Kalau sobat kicaumania ingin merasakan trotolan murai batu produksi Aa Aa BF, silakan datang langsung ke  basecamp Aa Aa BF di Jakarta, atau kontak dulu Om Aris Margono. Harga trotolan bervariasi, mulai dari Rp 4,5 juta hingga Rp 7 juta. (d’one)

Breeding murai batu Aa Aa BF
Anakan murai batu siap dipasarkan.

Aa Aa Bird Farm

(penangkaran murai batu trah unggulan)

Alamat lengkap dan nomor kontak, klik di sini.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.