Tips dan trik beternak burung parkit agar cepat bertelur

Parkit tidak hanya dikenal sebagai burung masteran saja, tetapi juga dilombakan dalam kontes ketangkasan. Karena peminat cukup banyak, tidak sedikit pula penggemar yang menangkarnya. Banyak kicaumania yang berfikir bahwa beternak parkit membutuhkan proses yang sangat lama. Keluhan yang sering terdengar adalah burung betina sulit bertelur. Sebagai panduan, berikut ini tips dan trik beternak burung parkit agar cepat bertelur.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Tips dan trik berternak burung parkit agar cepat bertelur
Tips dan trik berternak burung parkit agar cepat bertelur.

Banyak kicaumania yang memelihara burung parkit karena tertarik oleh penampilan dan warnanya. Adapun para peternak tertarik menangkarnya karena parkit termasuk burung yang sangat produktif sehingga bisa memberikan penghasilan tambahan. Selain itu, parkit juga memiliki kemampuan meniru suara ocehan burung lainnya, termasuk dapat dilatih meniru suara manusia.

Lihat juga artikel Cara melatih bicara burung parkit

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Di sejumlah pasar burung sering dijumpai burung parkit yang dijual secara berpasangan. Hal ini membuat banyak kicaumania yang tertarik membelinya untuk diternak.

Namun setelah lama dipelihara, burung tak kunjung bertelur. Alhasil, banyak yang kecewa dan beralih menangkar jenis burung lainnya seperti lovebird dan kenari.

Padahal jika dicermati, kondisi itu umumnya disebabkan oleh burung yang belum cukup umur atau pasangan parkit yang dibelinya itu berjenis kelamin sama.

Karena itu, sebelum berternak parkit, Anda mesti tahu bagaimana membedakan burung yang masih muda dan yang sudah cukup umur. Selain itu, pastikan pasangan parkit yang diternak adalah jantan dan betina. Kalau kedua hal itu sudah difahami, maka proses penangkaran akan menjadi lebih mudah.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Memilih burung parkit yang siap diternak dapat dilakukan dengan memperhatikan ciri-ciri yang pada tubuh burung tersebut. Biasanya ciri-ciri ini dapat dikenali dari perubahan warna pada pangkal hidung / cere, dan motif bulu yang berbeda antara parkit muda dan dewasa. Untuk lebih jelasnya, silakan simak kembali tulisan berikut ini:

Membedakan parkit muda dan parkit yang siap ternak

Apabila sepasang parkit sudah memenuhi persyaratan breeding, namun tak juga kunjung bertelur, maka trik yang dapat diterapkan adalah menambahkan 1-2 ekor burung betina ke dalam kandang ternak. Dengan demikian, parkit jantan bisa memilih pasangan yang tepat. Metode ini lazim dilakukan para penangkar parkit yang berpengalaman, untuk mencegah kegagalan dalam proses ternaknya.

Sebagaimana lovebird, parkit merupakan jenis burung yang sangat setia kepada pasangannya. Makanya, jika seekor jantan terlihat sudah mengawini pasangannya, maka pisahkan betina-betina yang lainnya dari kandang tersebut.

Tapi jika memungkinkan, Anda bisa juga menangkar beberapa pasangan parkit dalam satu kandang koloni. Kondisi ini akan membuat ternak parkit makin mudah, sehingga burung parkit akan lebih cepat berproduksi.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.