Suara tembakan burung-madu sepah-raja untuk masteran dan memancing bunyi

Burung-madu sepah-raja atau kerap disebut “kolibri” merah menjadi perhatian banyak kicaumania dalam beberapa bulan terakhir ini. Pasalnya, burung ini memiliki suara tembakan nyerecet tajam, sehingga kerap dijadikan masteran untuk burung kicauan lainnya. Kali ini omkicau.com menyediakan tiga suara tembakan burung-madu sepah-raja untuk masteran dan memancing bunyi.

Burung-madu sepah-raja (Crimson sunbird)
Burung-madu sepah-raja / crimson sunbird (Aethopyga siparaja).

Dalam bahasa Inggris, burung-madu sepah-raja dikenal dengan nama Crimson sunbird atau Yellow-backed sunbird, dan bernama latin Aethopyga siparaja.

Dalam literatur perburungan internasional, burung-madu sepah-raja disebut crimson sunbird atau terkadang juga ditulis yellow-backed sunbird. Ingat lho, kelompok sunbird berbeda dari hummingbird alias kolibri yang selama ini sering disalahkaprahi sebagian kicaumania di Indonesia.

Burung-madu sepah-raja termasuk anggota keluarga Nectariniidae. Beberapa daerah memiliki nama lokal mengenai burung tersebut, misalnya srigantil (Jawa), madu merah (Sunda), siparaya (Melayu), sipa-raja(Sumatera), kios rae (Sulawesi), dan Saluilaru (Nias).

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Postur tubuhnya kecil, dengan panjang sekitar 11-13 cm. Burung jantan memiliki warna merah lebih terang, dengan penampilan mirip burung-madu ekor-merah, kecuali bagian dahinya yang terdapat warna ungu, ekor lebih pendek, dan perut berwarna lebih pucat. Adapun burung betina memiliki warna hijau-zaitun gelap.

Burung-madu sepah-raja jantan (kiri) dan betina
Burung-madu sepah-raja jantan (kiri) dan betina.

Burung-madu sepah-raja tak hanya dijumpai di Indonesia, tetapi terdapat pula di India, Myanmar, wilayah selatan Tiongkok, Vietnam, Semenanjung Malaysia, dan Filipina. Secara global terdapat 15 subspesies / ras burung-madu sepah-raja, lima di antaranya terdapat di wilayah Indonesia, yaitu:

  1. Aethopyga siparaja siparaja: wilayah persebaran mulai Semenanjung Malaysia (selatan Narathiwat), Kepulauan Anamba (sebelah timur Semenanjung Malaysia), Sumatera (kecuali Aceh) dan pulau sekitarnya, serta Kalimantan (kecuali Kepulauan Natuna).
  2. Aethopyga siparaja natunae : hanya dijumpai di Kepulauan Natuna.
  3. Aethopyga siparaja heliogona: hanya dijumpai di Pulau Jawa.
  4. Aethopyga siparaja flavostriata: hanya dijumpai di Sulawesi Utara.
  5. Aethopyga siparaja beccarii: wilayah persebaran di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, serta Kabaena, Muna, dan Butung.

Burung-madu sepah-raja merupakan jenis burung penetap. Mereka hidup mulai dari dataran rendah hingga daerah dengan ketinggian 900 – 1.300 meter dari permukaan laut. Biasanya ditemukan sendiri atau bersama pasangannya, sering terlihat mengunjungi pohon dadap maupun pohon berbunga lainnya untuk mencari makanan berupa nektar bunga dan aneka serangga.

Selama musim kawin, burung-madu sepah-raja akan mencari makanan tambahan berupa serangga-serangga kecil untuk memenuhi kebutuhan proteinnya dan untuk memberi makan anak-anaknya.

Perlu diingatkan lagi, seluruh spesies burung-madu di Indonesia merupakan burung yang dilindungi sesuai dengan PP Nomor 7 / Tahun 1999. Perlindungan terhadap spesies ini diberikan karena burung-madu memiliki peran penting bagi kelangsungan ekosistem, khususnya berjasa dalam penyerbukan dan penyebaran tumbuh-tumbuhan di kawasan hutan dan perkebunan.

Karena itu, disarankan tidak perlu memelihara burung yang dilindungi, termasuk burung-madu sepah-raja, kecuali bagi yang ingin menangkarnya. Itupun harus mengantungi izin dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di provinsi masing-masing. 

Penangkaran burung-madu, siapa berani mulai?

Apabila untuk keperluan masteran atau memancing bunyi, omkicau.com sudah menyediakan tiga audio berikut ini. Audio ini juga bisa dimanfaatkan untuk memancing lovebird agar mau ngekek.

  • Suara kicauan burung-madu sepah-raja variasi 1 | DOWNLOAD
  • Suara kicauan burung-madu sepah-raja variasi 2 | DOWNLOAD
  • Suara kicauan burung-madu sepah-raja variasi 3 | DOWNLOAD

 

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.