Cara merawat burung pleci: 5 Cara benar

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Cara merawat burung pleci: 5 Cara benar – Pleci termasuk jenis burung yang cerdas dan pandai meniru suara kicauan burung lainnya. Karena itu, pemasteran menjadi hal penting yang mesti dilakukan agar kicauan pleci makin bervariasi. Tapi terkadang ada plecimania yang mengeluhkan burung rawatannya cenderung bersuara monoton dan jarang mengeluarkan suara isian. Berikut lima cara merawat burung pleci agar rajin mengeluarkan suara isiannya.  

Cara merawat burung pleci
Tips perawatan burung pleci agar rajin mengeluarkan suara isiannya.

Pemasteran memang menjadi hal penting yang harus dilakukan agar pleci makin rajin berbunyi. Namun, plecimania juga perlu memahami bagaimana karakter suara gaco imut rawatannya. Dengan demikian, proses pemasteran bisa disesuaikan dengan karakter dan gaya berkicau pleci tersebut.

Seperti diketahui, sedikitnya ada tiga tipe karakter suara pleci, yaitu ngalas, ngerol, serta kombinasi ngalas-ngerol. Apabila sudah yakin dengan karakter suara plecinya, maka tahap pemasteran bisa dilakukan dengan menggunakan suara burung yang sesuai.

———

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Cek juga nanti ya:

  1. Tips perawatan pleci lomba untuk pemula
  2. Pakan racikan untuk pleci dan burung-madu, lengkap dengan video pembuatannya
  3. Tips perawatan pleci auriventer untuk pemula

——-

Pleci dengan karakter ngerol, misalnya, dapat dimaster dengan burung-burung yang bertipe ngerol lainnya seperti blackthroat, kenari, burung-madu (“kolibri”), dan sebagainya. Pleci bertipe ngalas bisa dimaster dengan suara kacer, tledekan, cucak jenggot, dan lain-lain.

Namun, tidak sedikit pula pleci yang sudah dimaster tidak mau mengeluarkan suara isiannya atau tidak full tatkala berbunyi. Kalau Anda mengalami hal tersebut, berikut ini lima tips perawatan pleci agar mau mengeluarkan suara isiannya:

1. Cara merawat burung pleci: Pemasteran lebih rutin, dengan lagu-lagu yang berbeda

Agar burung pleci makin rajin berbunyi dengan suara-suara isian yang bervariasi, pemasteran sebaiknya dilakukan lebih rutin. Suara masteran sebaiknya terdiri atas beberapa jenis suara burung yang berbeda, dengan jeda waktu yang disesuaikan. Misalnya suara masteran terdiri atas tiga suara burung berbeda dengan jeda 30 – 60 detik, yang diputarkan setiap pagi, siang, dan sore hari.

2. Cara merawat burung pleci: Menggantung pleci di antara pleci-pleci lainnya

Menggantung sangkar pleci di antara pleci-pleci lainnya juga dapat memancing atau merangsang pleci untuk rajin berkicau, terutama dengan mengeluarkan suara-suara isiannya. Apalagi pleci merupakan burung koloni, sehingga masing-masing akan rajin berkicau jika melihat temannya juga berkicau.

3. Cara merawat burung pleci: Melatih pleci di kandang umbaran

Kandang umbaran (polier) umumnya digunakan untuk mengolah nafas agar burung lebih kuat berkicau. Anda juga bisa memanfaatkan kandang umbaran untuk menjemur pleci, sekaligus memancingnya supaya rajin mengeluarkan suara-suara isiannya secara lantang.

Dalam hal ini, pengumbaran biasanya dilakukan dalam kandang umbaran khusus pleci yang terbuat dari kawat ram. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan kembali proses pemasteran saat burung berada di kandang umbaran.

4. Cara merawat burung pleci: Pengembunan rutin

Pengembunan rutin bisa membuat pleci selalu berada dalam kondisi lebih segar, sekaligus membuatnya terpancing untuk lebih rajin berbunyi. Hal tersebut juga merangsang pleci mengeluarkan suara-suara isiannya secara lantang.

5. Cara merawat burung pleci: Berikan pakan ulat

Anda bisa memberikan pakan tambahan / extra fooding (EF) berupa ulat hongkong maupun ulat kandang. Takaran yang tepat bisa menjadikan pleci lebih rajin berbunyi dan terpancing mengeluarkan suara-suara isiannya yang lebih bervariasi.

Ulat hongkong yang diberikan sebaiknya berwarna putih alias sedang berganti kulit, karena ulat tersebut memiliki lapisan kulit yang lunak sehingga mudah dicerna. 

Demikian tips mengenai lima cara perawatan burung pleci agar rajin bersuara isian dan lebih bervariasi. 


Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.