Murai batu Sniper andalan Om Yocky: Dibeli saat masih anakan bersama induknya

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Di sela-sela kesibukannya sebagai pengurus Organisasi BnR Indonesia (OBI) Cabang Grobogan, Om Yocky Ismoyo masih bisa meluangkan waktu untuk merawat murai batu Sniper kebanggaannya. Jagoannya ini kerap meraih prestasi, bahkan double winner, dalam berbagai ajang latber dan latpres di Purwodadi.

Murai batu Sniper
Murai batu Sniper dan sebagian bukti prestasinya

Sniper memiliki volume maksimal, serta materi lagu cukup lengkap, termasuk tembakan cililin dan kapas tembak. Dengan beberapa keunggulan inilah, Sniper sering berprestasi di lapangan, antara lain Road to Bupati Cup Grobogan, Latpres KMD, Latpres Pasar Burung Purwodadi, dan sebagainya.

Berbeda dari sebagian pemain murai yang cenderung jor-joran menurunkan gaconya setiap pekan nyaris tanpa istirahat, Om Yocky Ismoyo lebih memilih menahan diri, lantaran gaconya terbilang masih muda.

“Sniper baru tiga kali mabung, atau berumur sekitar tiga tahun. Saya memainkannya sebulan sekali, tapi dalam setiap even bisa tampil hingga tiga sesi,” jelas Om Yocky.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Om Yocky Ismoyo
Om Yocky: Organisatoris, pemain, sekaligus penangkar murai batu.

Berdasarkan pengamatannya selama ini, kinerja Sniper di sesi pertama cenderung kurang maksimal atau masih nakal. Namun pada sesi kedua dan ketiga, penampilannya terlihat makin garang namun anteng di atas tangkringan.

“Saya tak mau buru-buru atau memaksa Sniper tampil rutin saban minggu. Soalnya burung masih muda, dan punya masa depan yang cerah. Saya khawatir prospeknya hancur akibat terlalu sering dilombakan,” tambah Om Yocky yang punya bisnis jual-beli mobil dan sesekali ikut tender proyek Pemkab Grobogan.

Murai batu Sniper
Murai batu Sniper hanya dimainkan sebulan sekali.

Murai batu Sniper diperolehnya dari Bang Ali, penjual jangkrik di Purwodadi. Burung ini dibelinya ketika masih anakan, bersama induknya, seharga Rp 25 juta. Induknya ini kemudian dijadikan modal awal bagi Om Yocky untuk beternak murai batu.

Kini Sniper sudah sering moncer di lapangan, sedangkan induknya menjadi salah satu materi unggulan di kandang penangkarannya. Saat ini Om Yocky memiliki lima pasangan induk murai batu, tiga di antaranya sudah berproduksi. Anakan hasil penangkarannya dipasangi ring kode Tepepa BF.

Tepepa BF Purwodadi
Salah satu pasangan induk di kandang Tetepa BF (kiri), serta piyikan yang dihasilkannya.

“Ada cerita tersendiri mengenai ring Tepepa BF. Tepepa itu singkatan dari Team Pembalap Pelajar. Dulu, saat masih duduk di bangku SMA di Jogja, saya pernah bergabung dalam tim tersebut,” tutur Om Yocky.

Breeding murai batu Tepepa BF Purwodadi
Trotolan murai batu hasil breeding Tepepa BF.

Perawatan harian dan setelan lomba murai batu Sniper

Ditanya soal perawatan murai batu Sniper, Om Yocky mengatakan tidak ada yang spesial, atau tidak jauh berbeda dari murai batu yang biasa dilombakan. Sehari-hari, burung diberi 10 ekor jangkrik (5 ekor pada pagi hari, 5 ekor lagi pada sore hari).

“Jenis jangkrik yang saya berikan kepada Sniper adalah jangkrik alam, atau di sini disebut jangkrik jliring. Selain jangkrik, burung juga saya beri kroto secukupnya,” jelas Om Yocky.

Mandi hanya dilakukan dua kali dalam seminggu. Adapun penjemuran dilakukan setiap pagi, minimal 2 jam. Kalau mau dilombakan, perawatan dimulai dua hari sebelumnya (H-2).

Murai batu Sniper
Murai batu Sniper saat dijemur (durasi penjemuran 2 jam).

Pada H-2, porsi jangkrik alam ditingkatkan menjadi 20 ekor (10 / 10), tapi kroto untuk sementara disetop dulu. Hal ini juga berlaku pada H-1.

Nah, pada hari lomba, porsi jangkrik dikembalikan seperti perawatan harian. Namun sebelum digantang, burung diberi pula 3 ekor ulat hongkong.

Sejauh ini memang sudah ada beberapa penawaran terhadap MB Sniper. Tapi nilai maharnya masih jauh dari yang diharapkan, sehingga Om Yocky belum mau melepasnya.

Om Yocky Ismoyo
Om Yocky dalam even Bupati Cup Grobogan.

“Lebih baik saya mainkan dulu saja. Siapa tahu bisa berprestasi dalam even-even besar, karena umurnya memang masih muda. Kalau sudah bisa menjuarai even besar, tentu harganya bakal meroket, he.. he..,” tandas Om Yocky sambil melempar senyuman. (neolithikum)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.