Om Kenthut SKF, blackthroat Mbah Rois, dan settingan lomba master impor

Cari Artikel Berdasar Kategori

Beberapa jenis burung finch non-kenari seperti blackthroat, edel sanger, serta mozambik sering disebut master impor. Di wilayah Jogja, banyak event organizer (EO) yang membuka kelas master impor. Jangan heran jika kelas master impor dalam even-even besar kerap dimenangi para finchmania dari Jogja.

Om Kenthut SKF
Om Kenthut SKF saat menyeting gaconya di sekitar arena lomba.

Salah seorang spesialis burung master impor asal Jogja adalah Om Supriyadi, atau lebih akrab disapa Om Kenthut SKF. Saat ini dia kerap moncer bersama jagoannya yang bernama Mbah Rois, jenis blackthroat. Burung ini kerap menjuarai even-even di Blok Tengah.

Kali ini Om Kenthut SKF ingin berbagi tips melakukan settingan lomba burung master impor. Diperlukan kejelian dan ketelitian tersendiri. “Kalau perawatan burung master impor relatif mudah. Yang sulit justru settingan lomba, dan ini menjadi tantangan tersendiri,” tuturnya.

Pasalnya, burung master impor mempunyai karakter yang berbeda-beda, bahkan settingan lomba untuk burung yang sama pun kerap berubah-ubah. Misalnya burung tampil bagus dalam even yang satu, tetapi kerjanya menjadi tidak maksimal pada even berikutnya.

Blackthroat Mbah Rois
Blackthroat Mbah Rois, salah satu andalan Om Kenthut SKF.

Bahkan dalam beberapa kasus, seekor master impor sehabis disandingkan dengan burung sejenis dapat berubah performanya. Saat itulah para pemain biasanya akan mencari settingan baru, yang berbeda dari settingan sebelumnya.

Belum lagi kalau burung sedang birahi, pasti akan membuat bingung pemiliknya. Apalagi jika birahi tinggi terjadi saat burung dilombakan, tentu penampilannya akan menurun drastis. Bagaimana solusinya?

Berdasarkan pengalaman sejumlah pemain lainnya, apabila master impor sedang birahi dan itu terjadi di rumah, maka burung bisa dikawinkan dengan burung sejenis. Cara ini bisa mengatasi master impor yang birahi.

Om Kenthut SKF
Om Kenthut saat mengikuti even The Queen Cup I di Jogja Bay (30/4).

Namun, menurut Om Kenthut, metode ini memiliki beberapa kelemahan. Misalnya, butuh waktu cukup lama agar burung bisa kembali ke performa semula. Itu sebabnya, Om Kenthut jarang menerapkan cara tersebut.

“Saya justru tak mengawinkan burung yang sedang birahi. Saya biarkan burung melampiaskan birahinya kepada kandang ataupun tempat makan, sambil diberi gambas dan timun sebagai pereda birahi. Burung hanya saya kawinkan kalau memang mau diternak,” ujarnya.

Tentang setelan lomba blackthroat Mbah Rois, Om Kenthut memulainya tiga hari sebelum lomba (H-3). Saat itu burung harus full jemur, seharian penuh. Selain itu, burung biasa dicas dulu dengan kenari atau mozambik.

Untuk pakan tambahan / extra fooding (EF), Om Kenthut biasanya memberikan sayuran dan telur puyuh rebus dua kali dalam seminggu, dan terkadang diselingi kroto.

Blackthroat Mbah Rois
Sebelum lomba, Mbah Rois dicas dengan kenari atau mozambik.

Sudah banyak kicaumania yang ingin meminang Mbah Rois dengan penawaran tertinggi mencapai Rp 12 juta. “Ya, ada saatnya nanti Mbah Rois harus berpindah tangan. Memang sudah banyak yang berminat meminangnya,” kata Om Kenthut. (Galuh Candra)

Mbah Rois
Mbah Rois moncer di even akbar Piala Jogja Istimewa.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

EH, PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

REKOMENDASI OM KICAU:

  1. Promosikan bisnis penangkaran burung, jual beli burung dan segala bisnis terkait hobi burung Anda secara PREMIUM di omkicau.com untuk menjangkau ribuan kicaumania di seluruh Indonesia. Cek caranya di halaman Promo Kicau. Untuk iklan jual beli burung GRATIS, tulis saja di halaman Iklan & Promo Gratis.
  2. Jika ingin bertanya masalah burung atau hal lain terkait hobi burung atau penggunaan produk Om Kicau, sampaikan melalui halaman Curhat/ Tanya Om Kicau & Tim.
  3. Selalu cek update daftar artikel berisi file MP3 audio untuk didownload di link ini (klik saja).




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.