Perawatan spesial kacer Predator andalan Putra Kurma SF

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Perawatan kacer Predator andalan Putra Kurma SF Sragen terbilang spesial. Om Kurniawan, pimpinan Putra Kurma SF, bahkan menyebutnya dengan istilah “perawatan berat”, karena memang jauh berbeda dari perawatan kacer-kacer lomba pada umumnya.

perawatan kacer predator
Kacer Predator andalan Putra Kurma SF Sragen,

“Perawatan kacer Predator memang cukup berat. Hal ini diterapkan agar mentalnya kuat ketika berlaga dalam even-even besar, yang mana pesaingnya merupakan kacer-kacer hebat di tingkat nasional,” jelas Om Kurniawan.

perawatan kacer predator
Om Kurniawan, pemilik kacer Predatro.

Menurut Om Yudi Menyan, salah seorang perawat andalan sekaligus kiermaster Putra Kurma SF, kacer Predator ditake-over dari Om Agus Jenggot, kicaumania asal Kayen (Pati) dan juri Radjawali Indonesia.

“Saya ketemu Om Agus saat menurunkan kacer Predator di Gantangan Jaten, Karanganyar, tahun 2012. Lalu ketemu lagi dalam lomba burung di Gondang, Sragen. Saya lihat kacer Predator punya prospek yang bagus,” ungkap Om Yudi.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

perawatan kacer predator
Om Yudi Menyan, kiermaster andalan Putra Kurma SF.

Akhirnya, dia melaporkan hal ini kepada Om Kurniawan dan menyarankan untuk membeli Predator. Om Kurniawan pun tertarik, sehingga terjadilah deal dengan Om Agus Jenggot.

Benar saja. Lima tahun di tangan Om Kurniawan, kacer Predator sering menjuarai even-even di kawasan Solo Raya, terlebih di wilayah Sragen. Burung ini juga pernah moncer dalam even Bupati Cup Grobogan (juara 1, 2, 2).

Adapun lomba tingkat nasional yang pernah dimenangi kacer Predator antara lain Bali Koalisi (juara 1, 1, 1), Plaza Cup Semarang (1, 2),  Piala Raja (2), Jatim Raya Cup (2), Soeharto Cup (2), dan Arema Cup (3).

perawatan kacer predator
Sebagian koleksi trofi kacer Predator.

Predator memiliki ciri khas sayap ngentrok-ngentrok seperti cucak ijo. Materi lagunya didominasi suara cucak jenggot dan lovebird, yang dibawakan secara ngerol sejak awal digantang hingga akhir penjurian. Bunyinya pun stabil, dengan volume tembus.

Perawatan kacer Predator

Seperti dijelaskan di bagian awal tulisan ini, perawatan kacer Predator cukup berat. Setelah mandi dan dijemur, burung langsung dimasukkan ke dalam kandang umbaran sejak pagi hingga sore hari.

perawatan kacer predator
Om Yudi Menyan usai mengantar kacer Predator menjuarai lomba.

Pakan utamanya voer, sedangkan pakan tambahan / extra fooding (EF) berupa jangkrik, masing-masing 7 ekor pada pagi dan sore hari. “Karena kacer Predator memang tak mau ulat hongkong, saya tak pernah memberikannya sama sekali. Kroto hanya seminggu sekali,” kata Om Yudi.

Tiga hari menjelang lomba (H-3), jangkrik dan voer sama sekali tidak diberikan, sehingga seharian penuh burung ini hanya diberi full kroto.

Pada H-2, jangkrik kembali diberikan, tapi dengan porsi luar biasa, yakni 30-50 ekor, yang diberikan pada pagi, siang, dan sore hari. H-2 merupakan hari terakhir mandi, karena mulai H-1 hingga Hari-H, Predator sudah tidak dimandikan sama sekali.

Pada H-1, Predator kembali full jangkrik dengan porsi sama seperti H-2. Kemudian pada Hari-H, Predator diberi pakan secara prasmanan, terdiri atas 1 cepuk jangkrik dan 1 cepuk kroto segar.

perawatan kacer predator
Om Kurniawan (kanan) bersama Om Yudi Menyan

Meski perawatan kacer Predator terbilang berat, namun sepadan dengan prestasinya selama ini. Banyak kacer mania yang ingin meminang Predator, dengan penawaran tertinggi mencapai Rp 100 juta. Namun Om Kurniawan menolaknya secara halus, karena masih menjadi andalan Putra Kurma SF.

perawatan kacer predator
Putra Kurma SF saat berlaga di Danlanal Cup Semarang

Putra Kurma SF Sragen termasuk salah satu single fighter yang disegani di Blok Tengah. Bahkan sejumlah gaco orbitannya kerap menjuarai even nasional, misalnya cucak ijo Rimba Sakti yang sudah diboyong H Fitri BKS (Samarinda) dan cucak ijo New Rimba Sakti yang dibeli Om Sien Ronny SF (Surabaya).

Tak hanya itu, Om Kurniawan juga memiliki murai batu Sulaiman yang menjadi ikon untuk penangkaran murai batunya. (neolithikum)
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.