Menumbuhkan mental burung kenari usai mabung

Menumbuhkan mental burung kenari usai mabung –Banyak kicaumania yang mengeluhkan burung kenari piaraannya mengalami penurunan performa pascamabung. Padahal, setelah menyelesaikan masa mabung, sebagian besar jenis burung kicauan biasanya justru mengalami peningkatan performa, khususnya sekitar 1-2 bulan setelah bulu-bulu barunya tumbuh sempurna.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

menumbuhkan mental burung kenari
Tips menumbuhkan mental burung kenari usai mabung.

Meski merupakan proses alamiah, mabung menjadi masa yang cukup menyakitkan bagi burung kicauan. Pada saat itu, burung akan menggunakan seluruh energinya untuk proses peluruhan bulu-bulu lama dan pertumbuhan bulu-bulu baru.

Untuk mendukung proses tersebut, burung harus mendapat asupan pakan berprotein tinggi, juga multivitamin untuk menjaga kondisinya agar tidak bertambah drop. Perawatan tepat juga dapat membuat proses mabung bakal berjalan secara sempurna.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Setelah mabung, tidak berarti burung bisa kembali tampil seperti biasanya. Burung membutuhkan beberapa waktu untuk proses pemulihan dan mengumpulkan energi yang telah digunakannya.

Sayangnya, masih banyak kicaumania yang belum menyadari hal tersebut, dan memaksa momongannya tampil ke arena lomba. Akibatnya, banyak yang kecewa lantaran penampilan burung tampil kurang memuaskan.

Pada dasarnya, beberapa pekan setelah menyelesaikan masa mabung, kenari maupun jenis burung kicauan lainnya akan berada pada kondisi top form. Pada saat itu penampilannya menjadi sangat maksimal, karena burung kenari dalam kondisi sangat fit.

Di alam liar, kondisi sangat fit ini biasanya digunakan kenari untuk mendapatkan pasangan dan berkembang biak. Dalam piaraan manusia, kenari dalam kondisi seperti itu hanya bisa muncul jika mendapatkan perawatan yang tepat sebelum dan sesudah mabung.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Baca lagi: Usai mabung, burung gacor atau melempem? 

Kondisi yang sama juga bisa terjadi pada burung kenari yang telah mendapatkan perawatan maksimal sebelum dan sesudah mabung. Karena itu, begitu menyelesaikan masa mabungnya, kenari tak perlu buru-buru dilombakan. Beri dia kesempatan beristirahat pascamabung, supaya kondisinya benar-benar fit, sehingga nantinya dapat tampil lebih maksimal.

Tips menumbuhkan mental burung kenari usai mabung

Proses pemulihan kondisi usai mabung tersebut juga bisa menumbuhkan mental burung kenari seperti sebelumnya. Rangkaian tips berikut ini bisa Anda coba untuk membantu menumbuhkan mental burung kenari usai mabung:

  • Rutin melakukan pengembunan.
  • Setelah matahari terbit, segera mandikan kenari dengan menggunakan cepuk mandi yang dimasukkan ke dalam sangkarnya, atau bisa juga memanfaatkan cepuk air minum ukuran besar.
  • Usai mandi, kenari diangin-anginkan sebentar, kemudian dijemur selama kurang lebih 1 jam.
  • Berikan pakan sayur-sayuran segar setiap hari.
  • Berikan telur rebus setiap 2 hari sekali.
  • Tambahkan BirdMineral dan BirdVit setiap 2-3 hari sekali, secara berselang-seling.
  • Jika diperlukan, kenari bisa diumbar dalam kandang umbaran seminggu sekali.

Dengan menerapkan cara-cara di atas, mental kenari mudah dibangkitkan kembali seperti sediakala, dan beberapa pekan kemudian burung siap dilombakan dengan penampilannya yang lebih maksimal.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.