Usai mabung, burung gacor atau melempem ?

Om Kicau pernah menurunkan artikel tentang burung-burung jawara yang habis mabung justru menunjukkan peningkatan performa suaranya, juga aksi atau gayanya. Artikel terbaru mengenai hal ini adalah kacer Rincong. Menurut pemiliknya, M Khadafi dari Aceh Bintang SF Lampung, gaconya memang terlihat makin garang di lapangan, volumenya tambah dahsyat, ngerol panjang dengan speed rapat, dan tanpa spasi.

Tetapi, benarkah setiap burung habis mabung akan bertambah gacor, atau justru melempem? Kedua fakta tersebut sama-sama pernah dialami para kicaumania, termasuk mereka yang sering ikut lomba. Apa yang membuat burung bisa makin gacor, atau justru melempem, sehabis mabung?

Mabung merupakan siklus alami tahunan yang menjadi keniscayaan pada semua jenis burung. Bagi burung yang berada di alam liar, mereka untuk menyepi di tempat tenang dan aman selama masa mabung. Sebab, selama mabung, mereka tak punya kemampuan dan energi yang cukup untuk beraktivitas secara bebas seperti masa normalnya.

Pada masa mabung, burung sangat rentan diserang oleh binatang predator alaminya, baik oleh burung berukuran besar, atau binatang mamalia dan reptil seperti ular. Karena itulah, dengan nalurinya, burung di alam liar yang sedang mabung biasanya memilih bersembunyi di tempat yang menurutnya relatif aman.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burung yang sedang mabung
Burung kacer yang sedang mabung.

Bagaimana dengan burung piaraan di rumah ketika sedang mabung? Kondisi fisiologisnya sama seperti burung di alam liar ketika mabung. Yang membedakannya adalah tingkat keamanannya dari serangan predator, karena burung berada dalam sangkar atau kandang.

Perbedaan lainnya, burung piaraan tidak memiliki pilihan untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya, terutama protein dan energi metabolisme (kalori), yang sangat berperan dalam menjaga agar kondisinya tidak terlalu drop. Kondisi burung mabung pasti drop, tetapi nutrisi yang minimalis akan membuatnya makin ngedrop.

Di alam liar, burung mempunyai pilihan atau preferensi tertentu terhadap jenis pakan yang dibutuhkan untuk melancarkan proses mabungnya. Tetapi ketika berada dalam sangkar / kandang, dia tak punya pilihan, kecuali pasrah bongkokan atas pemberian pakan dari pemilik atau perawatnya. Jadi, kata kuncinya adalah perawatan maksimal selama masa mabung !

Ironisnya, masih banyak sobat kicaumania yang kerap menyepelekan burung yang sedang mabung. Dengan mata kepala sendiri, Om Kicau pernah melihat burung ciblek mabung tetap digantang bersama dengan burung lain seperti pleci dan trucukan. Tak sedikit pula yang memberikan suplemen yang peruntukannya bukan untuk konsumsi burung mabung.

Berdasarkan pantauan Om Kicau, masih banyak pula kicaumania yang tetap memberikan perawatan harian kepada burung: perawatan yang diberikannya sehari-hari ketika burung belum mabung. Bahkan, ada juga yang tetap berusaha memancing burung agar berbunyi, atau dilatih dengan burung sejenis.

Padahal, semua itu bisa membuat mabungnya tidak sempurna. Efeknya, masa mabung bisa molor beberapa pekan, bahkan beberapa bulan. Kalaupun masa mabungnya sudah selesai, burung malah menjadi malas bunyi atau malah macet bunyi, stres, dan makin mudah sakit.

Dulu, sebelum murai batu Natalia mati, Om Kicau pernah membahas perbedaan lama mabung yang dialami murai blacktail ini dengan Happy Birthday (silakan cek artikelnya di sini). Kebetulan keduanya memasuki masa ganti bulu hampir bareng, awal tahun 2013. Jika Happy Birthday hanya butuh waktu 1,5 untuk menyelesaikan masa mabungnya, Natalia butuh waktu enam bulan lebih. Dan, ketika masa mabungnya selesai, burung ini malah terkena penyakit pernafasan sampai kemudian mati.

Pada saat mabung, burung (apalagi burung lomba) sebaiknya diberi “cuti” dan dibiarkan beristirahat total sampai masa mabung kelar, kemudian masuk ke tahap prakondisi selama 1 bulan, setelah itu siap untuj ditandingkan kembali.

Dalam grafik performa burung di bawah ini tampak jelas penampilan burung akan menjadi benar-benar prima pada periode puncak (top form) setelah menjalani masa mabungnya dengan sempurna.

Grafik performa burung dalam siklus mabung tahunan
Grafik performa burung dalam siklus mabung tahunan

(info lebih jelas mengenai grafik performa burung bisa dilihat lagi di sini )

Penampilan puncak juga dialami kacer Rincong yang secara berturut-turut mampu menjuarai beberapa lomba yang diikutinya setelah masa mabungnya rampung. Itu karena Om Khadafi mengistirahatkan gaconya secara total, memberikan pakan dengan kadar protein tinggi, dan aktif melakukan pemasteran.Seperti dijelaskan Om Irvan Sadewa, pakar pemasteran burung, masa mabung adalah waktu terbaik untuk melakukan pemasteran.

Perubahan penampilan atau performa burung setelah mabung juga terjadi pada beberapa burung jawara berikut ini :

Kacer Rincong - M Khadafi Lampung
Kacer Rincong: Usai mabung makin garang.

—-

Berdasarkan beberapa fakta di atas, terbukti bahwa perawatan maksimal selama burung mabung berpeluang membuatnya memiliki penampilan yang jauh lebih baik daripada sebelum mabung.

Masa mabung bisa diibaratkan “turun mesin” pada kendaraan bermotor. Begitu mesin selesai diperbaiki secara total, maka kendaraan pun menjadi lebih mantap saat dikendarai. Begitu pun burung, jika dirawat dengan baik selama masa mabung, penampilannya pun bisa makin ngedan. Sebaliknya, burung mabung yang tidak dirawat dengan maksimal, baik melalui asupan nutrisi kaya protein, lingkungan yang nyaman, aman, dan tenang, maka burung justru akan melempem setelah masa mabungnya selesai.

Burung habis mabung juga bisa diprediksi kualitas suaranya berdasarkan penampilan bulu-bulunya. Apabila terlihat mengkilap, segar, dan tersusun rapi, potensi untuk mencapai top form makin besar. Sebaliknya, jika bulu baru terlihat kusam dan acak-acakan, hal ini menandakan burung masih mengalami stres yang dideritanya selama masa mabung.

Seperti diketahui, penampilan bulu bagi seekor burung (terutama burung jantan) menjadi salah satu tengara mengenai kegacorannya. Jika bulu-bulunya mengkilap dan rapi, burung menjadi lebih pede ketika hendak merayu burung betina yang mau dipacarinya. Malah burung betina pun memiliki preferensi terhadap jantan yang diinginkannya, dan itu selalu mengarah pada penampilan bulu dan mutu kicauannya.

Karena itulah, perawatan burung selama masa mabung harus diperhatikan lebih serius lagi. Berikan lingkungan yang tenang, sunyi, dan aman. Berikan pakan berkualitas, dengan kadar protein dan energi metabolisme yang tinggi. Berikan suplemen penambah vitamin dan mineral khusus untuk mabung, misalnya BirdMolt-Pre (pada awal ngurak) dan BirdMolt-Post (ketika tumbuh bulu jarum), agar kondisi burung tetap fit, bulu lama bisa rontok sempurna, dan bulu baru tumbuh lebih segar, mengkilap, dan rapi.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

10 Comments

  1. sore om mau nanya nih kacer ku lagi mabung udah tak kasih bird molt pre sekarang dah ada bulu ekor yang tumbuh apa masih boleh aku kasih bird molt pre nya soalnya kalo aku liat sayap nya blom tuntas om…
    mohon saran nya maklum newbi

  2. om…saya pnya kenari blm selesai mabung.tapi sdh gacor lagi.walaupun blm pnjng bnyinya kaya sblm mabung.apakah itu normal om?
    terima ksh atas info dan sarannya om.
    semoga tetap sukses

  3. Adakah obat untuk mengatasi burung mabung tidak sempurna?
    Karena saya punya murai dah mabung 4 bulan ekor panjangnya tidak sama panjang dan bulu di leher bagian belakang dan di bagian dada nampak tidak rapih, 1 bulan ke belakang burun masih mau bunyi sesekali tapi sekarang sama sekali tidak. Mohon bantuannya bagaimana perawatan yang baik karena masih pemula. Terima kasih.

Komentar ditutup.