Cara membuat tepung kacang untuk burung kicauan

Cara membuat tepung kacang untuk burung kicauan –Hampir semua pakan jadi / pabrikan untuk burung serta unggas lainnya (ayam, itik, puyuh) pasti mengandung salah satu atau beberapa jenis kacang-kacangan. Sebab kacang menjadi salah satu komponen penting untuk meningkatkan kadar protein secara keseluruhan pada pakan tersebut. 

Membuat tepung kacang untuk burung kicauan
Cara mengolah kacang menjadi tepung untuk pakan burung kicauan.

Kita juga bisa membuat sendiri tepung kacang untuk burung kicauan di rumah. Bahan baku yang digunakan sangat beragam, misalnya kacang hijau, kacang kedele, kacang almond, dan sebagainya.

Protein nabati yang terdapat dalam kacang-kacangan lebih ramah ketimbang protein hewani. Artinya, meski burung mengkonsumsi kacang secara berlebihan, tidak akan mengakibatkan over birahi (OB).

Selain kaya protein, kacang-kacangan juga mengandung berbagai jenis mineral dan vitamin penting, antara lain zat besi (Fe), fosfor (P), vitamin B1 dan B2, riboflavin, dan pektin. Kacang-kacangan juga kaya serat kasar.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Ada beberapa jenis kacang-kacangan yang popular dan banyak digunakan kicaumania sebagai pakan burung, antara lain kacang hijau, kacang kedelai, dan kacang almond. Selain digemari burung, ketiga jenis kacang ini juga bisa diolah menjadi tepung kacang untuk burung kicauan.

1. Tepung kacang untuk burung kicauan dari kedelai dan kacang hijau

Membuat tepung kacang untuk burung kicauan
Membuat tepung dari kacang kedelai dan hijau.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan kacang hijau maupun kacang kedelai untuk diolah menjadi tepung. Bukan itu saja, Anda pun bisa membuat tepung dari kedua bahan tersebut.

  • Siapkan kacang hijau atau kacang kedelai. Cuci kacang hingga bersih, untuk memastikan tidak ada kerikil atau kotoran lainnya. Setelah itu, tiriskan.
  • Sangrai kacang dalam wajan yang dipanaskan dalam api kecil selama 20 menit.
  • Usai disangrai, kacang angkat dan dinginkan pada suhu ruangan.
  • Untuk memudahkan proses pengolahannya, Anda bisa menggunakan blender untuk menggiling kacang menjadi tepung yang siap digunakan.

2. Tepung kacang untuk burung kicauan dari kacang almond

Membuat tepung kacang untuk burung kicauan
Membuat tepung dari kacang almond.

Kacang almond (altenatifnya, kacang mete), juga bisa diolah menjadi tepung kacang untuk burung piaraan. Kacang almond maupun mete memiliki bagian daging lebih lunak daripada kacang hijau dan kedelai. Dengan demikian, proses pengolahannya lebih mudah dan tak perlu disangrai.

Berikut ini cara pembuatannya:

  • Kacang almond dan / atau mete langsung digiling menggunakan blender atau mesin giling kopi.
  • Serbuk hasil gilingan kacang disaring, untuk mendapatkan tepung yang lebih halus.
  • Tepung kacang sudah siap digunakan.

3. Tips memberikan tepung kacang untuk burung kicauan

Tepung kacang yang dihasilkan bisa diberikan langsung kepada burung, dengan menggunakan cepuk terpisah atau dicampur bersama pakan voer.

Cara lainnya adalah menggunakan tepung kacang sebagai salah satu bahan dalam pembuatan pakan racikan untuk burung kicauan. Ada beberapa menu pakan racikan yang menggunakan tepung kacang sebagai bahan bakunya. Cek artikelnya dalam tautan di bawah ini::

Itulah beberapa cara membuat tepung kacang untuk burung kicauan. Selamat mencoba!
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.