Lovebird The Sigit: Burung seharga 1,5 juta menjelma jadi jawara

Lovebird The Sigit baru lima bulan dibeli Om Hafid, pimpinan Samen BC Blora, dengan harga hanya Rp 1,5 juta. Tapi siapa sangka, burung ini cepat menjelma menjadi jawara. Hanya dalam waktu tiga bulan (Juni-Agustus 2017), lovebird The Sigit sudah mengoleksi sekitar 40-an trofi kemenangan.

Om Hafid sehari-hari bekerja sebagai pengajar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Blora. Jauh sebelum menjadi guru, dia menekuni hobi burung kicauan, termasuk memiliki breeding lovebird dengan ring Samen-Bla BF yang ditekuninya hingga sekarang.

lovebird The Sigit
Om Hafid, pemilk lovebird The Sigit, bersama putrinya.

Sejumlah lovebird hasil ternaknya laris-manis di pasaran. Yang terbaru, produknya dibeli kicaumania Samarinda seharga Rp 30 juta. “Alhamdulillah, lovebird Radit sudah terbang ke Samarinda,” ujar Om Hafid.

Lovebird Radit merupakan salah satu hasil ternaknya. Burung ini diorbitkan Om Johan dan Om Reza, duet punggawa Wani Sakti SF Purwodadi yang kerap membawa gaco-gaco hasil breeding Samen-Bla BF ke arena lomba.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Selain beternak lovebird, Om Hafid juga merangkul para kicaumania di sekitar kampungnya, dengan mendirikan Samen Bird Club (BC) pada tahun 2010.

Saat ini, Om Hafid memiliki gaco andal bernama lovebird The Sigit. Burung ini bukan hasil ternaknya, melainkan dibeli dari kawan dekatnya di Kota Blora.

Dua bulan setelah dibeli, lovebird The Sigit mulai kerap menjuarai lomba. Karena sering dibawa Om Johan dan Om Reza yang mukim di Purwodadi, burung ini pun sering tampil di sana.

lovebird The Sigit
Lovebird The Sigit: Dibeli seharga Rp 1,5 juta, kini langganan juara.

Prestasi mengesankan yang pernah diraih lovebird The Sigit adalah double winner dalam Latber Merdeka Bal’s BC di Kunduran, Blora (20/8). Dalam Latpres Sor Mahoni Purwodadi, burung ini juga meraih double winner, serta menjadi lovebird terbaik di Kelas BOB.

lovebird The Sigit
Sebagian koleksi trofi dan piagam kemenangan lovebird The Sigit.
Lovebird The Sigit
Trofi double winner LB The Sigit dalam even Bal’s BC.

Hanya dalam tempo tiga bulan, yakni sejak Juni sampai Agustus, lovebird The Sigit sudah mengoleksi sekitar 40 trofi kemenangan.

Ya, The Sigit termasuk lovebird bertipe fighter. Saat berlaga, The Sigit rajin bunyi, dengan gaya semi dorong ekor masuk di tangkringan.” Kalau makannya lahap, bisa dipastikan The Sigit bakal kerja maksimal,” tambahnya.

Lovebird The Sigit
Om Reza (kiri ) dan Om Johan, pengorbit Lovebird The Sigit.

Perawatan lovebird The Sigit

Karena termasuk lovebird fighter, perawatan The Sigit relatif simpel, sehingga perawatan harian dan perawatan lomba nyaris sama. Berikut ini tips perawatan lovebird Yhe Sigit:

  • Setelah subuh, burung langsung dikeluarkan dari rumah untuk diembunkan.
  • Makanannya berupa produk kemasan (merek bebas) yang banyak tersedia di pasaran, dan diberikan semaunya burung.
  • Air minum diganti saat sore hari.
  • Jadwal mandi tak tentu, karena kesibukan Om Hafid sebagai guru. Tapi The Sigit lebih sering dimandikan pada malam hari.
  • Penjemuran juga tidak rutin, karena hanya dilakukan saat libur kerja (Minggu dan hari libur nasional).
  • Sepanjang hari, burung hanya dianginkan di belakang rumah tanpa dikerodong.
  • Malam hari, burung diistirahatkan dalam kondisi sangkar full kerodong.
lovebird The Sigit
Om Reza (kiri) saat menerima trofi juara BOB yang diraih lovebird The Sigit dalam Latpres Sor Mahoni Purwodadi.

Sebenarnya sudah ada beberapa penawaran terhadap lovebird The Sigit. Namun angkanya masih  di bawah Rp 10 juta. “Kalau ada yang berani menebus seperti lovebird Radit, tentu saya lepaskan,” ujar Om Om Hafid. (neolithikum)
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.