Kacer Bajing Ireng andalan Om Zoel Bakung: Makin berumur, prestasinya makin subur

Empat tahun lalu, kacer Bajing Ireng pernah menorehkan prestasi terbaiknya, dengan menjuarai gelaran bergengsi BnR Award di Taman Bunga Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur. Tak tanggung-tanggung, gaco andalan Om Zoel Bakung (Jambi) ini sukses menjuarai kelas bergengsi (BOB).

Kacer Bajing Ireng
Kacer Bajing Ireng: Makin berumur, prestasinya makin subur.

Ketika satu-persatu kacer hebat seumurannya mundur dari lapangan, Bajing Ireng masih aktif main serta berprestasi. Dalam lomba burung berkicau Launching OPPI DPW Jambi di Lapangan TGB Talang Bakung, Kota Jambi, Minggu (15/10), kacer Bajing Ireng bahkan meraih double winner.

Ya, Bajing Ireng menjuarai Kelas OPPI Jambi  yang full gantangan dan Kelas Texas yang juga ramai. Bulan lalu, dalam even KLWJ Cup I (24/9), kacer Bajing Ireng juga dinobatkan sebagai kacer terbaik.

Zoel Bakung
Om Zoel Bakung (kiri) dan Iwan Jahe saat mengawal kacer Bajing Ireng.

Dari Om Zoel Bakung, kita bisa belajar bagaimana mempertahankan prestasi burung jawara. Sebab lebih mudah mengorbitkan burung menjadi juara, daripada menjaga prestasinya setelah jadi langganan juara.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Di sinilah diperlukan kesabaran serta pemahaman terhadap karakter, kebiasaan, serta kemauan burung. Hal ini pula yang dilakukan Om Zoel Bakung ketika kacer Bajeng Ireng sempat mengalami penurunan performa beberapa waktu lalu.

Perubahan pola perawatan kacer Bajing Ireng

Saat itu, dia melakukan dua poin dalam perawatan jagoannya. Pertama, meningkatkan porsi EF jangkrik dari 5/5 menjadi 10/10. Kedua, dia mengurangi frekuensi pengumbaran gaconya dari dua kali seminggu (Selasa dan Kamis) menjadi sekali seminggu (setiap Senin).

Kacer Bajing Ireng
Kacer Bajing Ireng di kandang umbaran.

“Sekarang Bajing Ireng hanya saya umbar hari Senin saja, mulai jam delapan pagi hingga sebelas, untuk relaksasi setelah mengikuti lomba pada hari Minggu,” jelas Om Zoel Bakung.

Lihat juga artikel berikut ini:

Meski makin berumur, prestasi kacer Bajing Ireng justru makin subur. Aksinya tidak kalah dari burung-burung jawara yang umurnya lebih muda.

Iwan Jahe
Om Iwan Jahe saat mengawal Bajing Ireng menjadi kacer terbaik di KLWJ Cup I.

“Senang sekali melihat Bajing Ireng bisa meraih double winner di Launching OPPI, serta menjadi best of the best dalam even KLWJ Cup I. Sebab kelas kacer full peserta dan bagus-bagus,” ujar Om Zoel.

Apabila tidak ada aral-melintang, Om Zoel Bakung bakal membawa jagoannya ini dalam even regional di Kota Padang, Sumatera Barat, Minggu 19 November 2017. (Kelana Lana)
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.