Empat langkah mengatasi kenari macet bunyi

Burung kenari memiliki suara kicauan yang mengalun merdu. Burung ini pun bisa meniru aneka suara kicauan lainnya. Tapi kenari juga mudah mengalami macet bunyi. Diperlukan pola rawatan secara tepat agar kondisinya bisa pulih seperti sediakala. Berikut ini empat langkah mengatasi kenari macet bunyi.

mengatasi kenari macet bunyi
Empat langkah mengatasi kenari macet bunyi.

Macet bunyi adalah kondisi di mana burung yang semula rajin bunyi (gacor) tiba-tiba berubah menjadi jarang atau tak mau berbunyi lagi.

Penyebabnya bervariasi, antara lain stres karena sakit atau mabung hingga stres akibat sangkar terjatuh atau diserang predator. Obesitas / kegemukan pun bisa menjadi penyebab kenari macet bunyi.

Lihat jugai: Inilah beberapa alasan mengapa kenari tak mau berkicau

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kenari yang macet bunyi harus mendapat perawatan ekstra, khususnya melalui pemberian pakan bergizi, penambahan suplemen, serta pola rawatan rutin lainnya.

Jika telaten melakukan perawatan ekstra, dalam waktu tidak terlalu lama kenari akan kembali aktif bernyanyi untuk menghibur majikannya.

Berikut ini empat langkah mengatasi kenari macet agar kembali rajin berkicau:

1. Menyendirikan burung di tempat tenang

Jaugkan kenari yang bermasalah ini dari keberadaan burung kicauan lainnya, terutama burung-burung yang memiliki suara keras. Kalau tidak, kenari makin stres sehingga menyulitkan proses pemulihannya.

Selain itu, pemilik juga harus lebih fokus dalam perawatannya, Coba diingat-ingat, apakah kenari mengalami macet bunyi setelah menggunakan sangkar yang baru dibeli. Apabila benar, periksa apakah aroma cat atau politur terasa menyengat.

Dalam beberapa kasus, kenari macet bunyi akibat tidak nyaman terhadap sangkar baru dengan aroma cat yang menyengat. Dalam kasus lain, kenari juga mulai bermasalah ketika tidak nyaman dengan tenggeran yang disediakan.

Oleh karena itu, ketika kenari diisolasi pada tempat yang tenang, Anda sekaligus bisa mengganti sangkar lain yang masih bersih, sambil tetap mengamati perilakunya.

2. Berikan pakan bergizi

Selama berada di tempat tenang, berikan pakan yang lebih bergizi daripada sebelumnya. Hal ini bisa dilakukan melalui pemberian pakan yang bervariasi, seperti aneka sayuran dan buah-buahan disertai pemberian pakan bijian.

Buah apel bisa memancing kenari agar lebih rajin berbunyi. Kandungan gizi dalam buah apel juga bermanfaat untuk memulihkan kondisi dan membantu meningkatkan stamina. Berikan potongan apel merah dengan cara digantung dalam sangkar hariannya.

Beberapa jenis daun dan sayuran hijau pun cukup ampuh memulihkan kondisi kenari yang macet bunyi, antara lain:

  • Dedaunan yang berasal dari tanaman liar seperti mengkudu, krokot atau  daun ginseng. Berikan variasi dedaunan tersebut setiap hari secara bergantian.
  • Jagung dapat menaikkan birahi burung kenari, sehingga bisa kembali rajin bunyi. Pilihlah jagung manis yang masih muda.
  • Sayuran seperti daun sawi, brokoli dan sebagainya bisa diberikan sebagai pakan tambahan yang mampu memberikan nutrisi tambahan bagi dibutuhkan burung.

Yang perlu diingat, biasakan memberi pakan buah dan sayuran yang masih segar serta terbebas dari bahan kimia.

Pakan tambahan lain yang bisa diberikan adalah serangga. Meski jarang dilakukan kenari mania di Indonesia, ada lho beberapa individu kenari yang sangat menyukai pakan serangga.

Beberapa jenis serangga bisa diberikan kepada kenari antara lain laron, rayap, dan telur semut (kroto). Dengan memberikan pakan serangga, maka kenari akan mendapat protein hewani yang membantu mempercepat proses pemulihannya.

Namun jika kenari tidak menyukai serangga, Anda bisa mengganti kebutuhan protein hewani ini melalui telur rebus.

3. Pengaturan perawatan harian

Perawatan harian yang dibutuhkan untuk memulihkan kenari macet bunyi adalah pengembunan, mandi, dan jemur. Lakukan semua ini secara teratur setiap hari. Mandi bisa dilakukan 1-2 kali per hari. Adapun penjemuran dilakukan pada pagi hari, dengan durasi tidak lebih dari 2 jam.

Namun ada juga kicaumania yang justru menghindari mandi untuk kenari macet bunyi, dengan alasan dapat menurunkan birahi.

Karena itu, sebagai bentuk perawatan alternatif, Anda pun bisa mencoba tidak memandikannya untuk sementara waktu, sampai kondisinya kembali pulih. Atau bisa juga dimandikan seminggu sekali.

4. Berikan multivitamin dan suplemen tepat

Untuk membantu mempercepat pemulihan kenari macet bunyi, Anda perlu memberi suplemen seperti TestoBird Booster (TBB) yang diracik khusus untuk burung macet bunyi karena kekurangan testosteron dan kehilangan daya tarung.

Adapun untuk membantu menjaga kondisinya sepanjang hari, dan untuk menjadikannya makin aktif sehingga terpancing untuk kembal berkicau, Anda bisa memberikan multivitamin seperti BirdVit yang dilarutkan dalam air minum.

Itulah empat langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi burung kenari macet bunyi supaya kembali berkicau seperti biasanya.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.