Mengatasi induk lovebird yang tak kunjung kawin

Beternak lovebird menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan, baik lovebird suara maupun lovebird warna. Tapi beternak lovebird tidak semudah yang dibayangkan banyak orang. Banyak problem yang muncul, antara lain induk yang yang tidak kawin- kawin. Sebagai panduan, berikut ini cara mengatasi induk lovebird yang tak kunjung kawin.

mengatasi induk lovebird yang tak kunjung kawin
Beberapa cara mengatasi induk lovebird yang tak kunjung kawin.

Sebenarnya lovebird termasuk salah satu komoditas burung yang relatif mudah dikembangbiakkan. Bahkan kita bisa memanfaatkan kandang koloni / aviary, dengan menempatkan beberapa ekor burung jantan dan betina, dilengkapi dengan sejumlah gelodok.

Sepanjang lovebird-lovebird tersebut sudah memasuki usia produksi / siap kawin (minimal umur 7-8 bulan), mereka akan mencari pasangan sesuai dengan selera masing-masing. Begitu menemukan jodohnya, pasangan lovebird akan menempati gelodok yang dipilihnya sendiri.

Persoalan menjadi lain ketika lovebird jantan dan betina dijodohkan melalui bantuan manusia (pemilik / perawat) dan ditempatkan dalam kandang battery. Kandang kotak khusus breeding ini biasanya hanya diisi sepasang induk.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Dibutuhkan perjuangan lebih keras untuk menjodohkan lovebird secara sengaja, misalnya ingin mendapatkan anakan lovebird jantan A yang pernah menjuarai lomba dan lovebird betina B yang juga pernah menjuarai lomba.

Pada kasus lain, beberapa peternak acapkali sengaja menjodohkan lovebird jantan warna A dan lovebird betina warna B untuk memperoleh mutasi warna yang berbeda dari kedua induknya. Mau tidak mau, kita harus menjodohkannya di kandang battery.

Pasangan induk yang tampaknya sudah berjodoh di kandang battery belum tentu bisa menghasilkan, dalam arti induk betina bertelur, namun tak pernah menetas.

Bahkan kasus seperti ini juga bisa dijumpai pada kandang koloni, di mana burung jantan dan betina berjodoh secara alami. Meski sudah berjodoh, dan sama-sama kerap berada di dalam gelodok, ternyata telur yang dierami tak pernah menetas.

Apa artinya? Ada dua kemungkinan yang terjadi, yakni:

  • Lovebird jantan sudah mengawini betinanya, namun seluruh telur yang dihasilkannya bersifat infertil (gabuk / tak ada discus germinalis alias bakal calon embrio).
  • Lovebird jantan dan betina tak kunjung kawin, meski sudah berjodoh.

Jika induk lovebird tak kunjung kawin, ada beberapa faktor penyebab, antara lain:

  • Pasangan tersebut belum benar-benar berjodoh. Meski terlihat selalu berdekatan, sebenarnya lovebird jantan dan betina belum akur sepenuhnya. Biasanya, salah satunya bersifat terlalu agresif (bisa burung jantan, namun bisa juga burung betina).
  • Burung jantan jarang atau tak pernah memberi / melolohkan pakan  kepada betinanya. Seperti diketahui, proses kawin lovebird biasanya dimulai setelah burung jantan meloloh betinanya. Setelah ritual tersebut, perkawinan bisa terjadi beberapa kali dalam sehari.
  • Lovebird betina rajin merapikan sarang, tapi selalu dirusak oleh burung jantan.
  • Pasangan lovebird, atau bisa juga salah satu calon induk, belum mencapai umur dewasa kelamin sehingga tidak mau mengawini atau dikawini.
  • Salah satu calon induk tak memungkinkan kawin, misalnya sakit, kurang birahi, atau memiliki cacat tubuh.
  • Pasangan lovebird tersebut memiliki jenis kelamin yang sama, sehingga tak pernah bertelur (jantan vs jantan), atau telur tak pernah menetas (betina vs betina). Perlu diketahui, pasangan lovebird sesama jenis kadang terlihat sangat akur, saling meloloh, bahkan berperilaku seperti pasangan normal.

Cara mengatasi induk lovebird yang tak kunjung kawin

Setelah menemukan akar permasalahannya, Anda bisa melakukan berbagai tindakan agar induk lovebird mau kawin atau dikawini. Perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan calon induk sudah cukup umur. Meski lovebird umur 7-8 bulan sudah bisa kawin, pilihkan calon induk dengan umur minimal 9 bulan, agar seluruh organ reproduksinya sudah berkembang sempurna.
  • Berikan pakan secara bervariasi dan bergizi seperti milet, kuaci, canary seed, gabah merah, dan sebagainya.
  • Berikan pakan tambahan / extra fooding (EF) untuk merangsang birahi induk, misalnya kangkung, jagung muda, dan potongan buah apel yang diberikan 2 – 3 kali seminggu.
  • Berikan suplemen khusus burung penangkaran, misalnya BirdMature yang bisa membantu proses penjodohan dan meningkatkan birahi burung induksehingga bisa lebih cepat kawin dan bertelur. BirdMature merupakan kombinasi multivitamin dan multimineral, dilengkapi suplemen lain yang mampu meningkatkan kesuburan / fertilitas calon induk.
  • Jika menggunakan kandang battery, sebaiknya gelodok jangan dimasukkan dulu ke kandang sebelum pasangan lovebird benar-benar berjodoh, Gelodok baru dimasukkan ke kandang setelah lovebird jantan dan betina saling meloloh, sehingga akan merangsang pasangan loveburd untuk segera kawin dan bertelur di tempat yang sudah disediakan.
  • Bersihkan kandang secara rutin setiap hari. Kandang yang kotor bakal menjadi tempat berkembangnya parasit dan agen penyakit lain, sehingga mengganggu pasangan induk.
  • Merangsang induk lovebird agar cepat kawin dan bertelur juga bisa dilakukan dengan meletakkan kandang ternaknya berdekatan dengan kandang lain yang berisi induk lovebird lainnya yang sudah kawin dan bertelur.

Itulah beberapa cara mengatasi induk lovebird yang tak kunjung kawin. Selamat mempraktikkan!
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Be the first to comment

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.