Bintang-bintang BnR Award 2017: Murai batu MS boyong Toyota Agya, Black Forest juara Ring BOB

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Murai batu MS andalan H Sukarto Salim menjuarai kelas utama dalam even nasional lomba burung berkicau BnR Award 2017 di Taman Bunga Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (10/12). Atas kemenangannya di kelas BnR Award ini, Om Sukarto berhak mendapat hadiah mobil Toyota Agya.

murai batu MS juara kelas utama
BnR Award 2017: Suasana kelas utama murai batu.

BnR Award 2017 berlangsung sangat ramai, diikuti sekitar 4.300 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Panitia menggunakan tiga lapangan untuk menggelar 80 sesi.

BnR Award 2017
Taman Bunga Wiladatika Cibubur dijubeli para kicaumania dari berbagai daerah di Indonesia.
BnR Award 2017
Suasana lomba kondusif. Peserta dan penonton berlaku tertib.

Bintang lapangan dalam gelaran ini adalah murai batu MS. Selain menjuarai Kelas BnR Award (tiket Rp 2,5 juta), murai batu MS juga terbaik di Kelas BOB (tiket Rp 2 juta).

Di kelas bergengsi, murai batu MS mengungguli Singalaha milik H Robi Marble (Marble SF) yang juga tampil cemerlang. Singalaha menempati posisi runner-up, disusul Mahadewa andalan Sien Ronny SF yang sehari-hari dirawat Om Dedy Jaya Ban di Kota Jambi.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com
Murai batu MS
Juara di kelas utama, murai batu MS boyong hadiah mobil Toyota Agya.

Di Kelas BOB, murai batu MS berhasil mengalahkan Kusut milik Sien Ronny SF dan Bravo orbitan Om Yudhi Tent (Zaidy Team). “Alhamdulillah, berkat doa semuanya, murai batu MS masih tampil stabil,” kata Om Sukarto berbinar.

Kemenangan ganda murai batu MS dalam even sebesar BnR Award menjadi klimaks atas prestasinya sepanjang tahun ini. Sebelumnya, murai batu MS juga memenangi kelas utama dalam Piala Panglima TNI kemasan Ronggolawe Nusantara di tempat yang sama, 8 Oktober 2017.

H Sukarto
H Sukarto datang langsung bersama sang istri.

Bahkan kalau mengacu pada even akbar kemasan BnR Indonesia, prestasi murai batu MS kali ini juga seperti mempertahankan gelar. Pasalnya dalam Presiden Cup IV 2016 yang diselenggarakan BnR, MS juga terbaik di kelas utama dan mendapat hadiah mobil pula.

Kegembiraan Om Sukarto kian bertambah. Gaconya yang lain, murai batu Pulus, juga terbaik di Kelas Gurah. Pulus mengungguli murai batu Messi milik dokter Mulyana (The Doctor SF) dan Jarum Neraka andalan Om Ronny Burangrang.

Om Sukarto kali ini memperkuat B16 Team pimpinan H Sadat yang dinobatkan sebagai juara umum bird club. Adapun juara umum single fighter diraih Sien Ronny SF Surabaya.

B16 Team
H Sadat, pimpinan B16 Team, menerima trofi juara umum BC dari Bang Boy.
Sien Ronny SF
H Nendra (tengah) mewakili Sien Ronny SF menerima trofi juara umum single fighter.

Bintang lainnya yang bersinar dalam BnR Award 2017 adalah murai batu Black Forest milik Om Bonni N (Mahesa Ratu SF). Black Forest menjuarai Kelas Ring BOB, mengalahkan Semar Sakti milik Mr Zeful (Punokawan SF Jakarta) dan Speed Joger, gaco lawas Om Gunawan (Tegal).

Murai batu Black Forest
Murai batu Black Forest juara Kelas Ring BOB.

Kesuksesan Black Forest juga menjadi puncak prestasinya selama ini. Sejak dua bulan di tangan Om Bonni, burung ini selalu stabil di jalur juara.

Om Bonni berharap agar prestasi Black Forest terus meningkat dalam even-even berikutnya di tahun depan. Apalagi burung dengan kode ring Mulyono BF (Depok) ini masih berumur muda.

Om Bonni N
Om Bonni N (2 dari kanan) moncer bersama murai batu Black Forest.

Penampilan murai batu Semar Sakti juga sangat menawan. Gaco debutan baru Mr Zeful (Punokawan SF Jakarta) ini baru berumur 1 tahun, namun nyaris nyeri dalam even sebesar BnR Award.

Mr Zepul
Mr Zepul (berdiri, 2 dari kanan) sukses bersama murai batu Semar Sakti.

Selain meraih juara kedua Kelas Ring BOB, MB Semar Sakti juga menjuarai Kelas Ring Gurah. Gaco ini mengalahkan Eling Prigel milik Om Dayat Bhaday (Ciledug) dan Raja Hutan orbitan Om Triyanto (B16 Team). “Semar Sakti memulai prestasinya saat masih berumur enam bulan,” ujar Mr Zeful.

Murai batu Semar Sakti
Murai batu Semar Sakti nyaris nyeri.

Selain itu, masih ada beberapa jawara murai batu yang moncer dikelas yang berbada, seperti Raja orbitan Om Yatno (Sagu SF) moncer bersama murai batu Raja. Gaco ini terbaik di Kelas Kenriko, unggul atas Batosa milik H Aris (AA AA BC) dan Lapindo milik Ir Firman Maqi (Family SF).

murai batu Raja
Om Yatno (kiri) sukses bersama murai batu Raja.
Royal BC
Murai batu Meteor andalan Royal BC juara Kelas Ring BnR Indonesia
Om Mulyono
Om Mulyono orbitkan murai batu RM (juara 2 Kelas Ekor Hitam).

Di luar murai batu, persaingan juga berlangsung panas. Cucak ijo New Rimba Sakti milik Sien Ronny SF sukses mencetak hattrick. Sien Ronny SF juga moncer bersama kacer Rollet yang meraih double winner.

B16 Team mendominasi kelas kenari, khususnya standar besar. Tiga kelas disapubersih kenari Hero milik Aik Fahd. Dua kelas yorkshire dimenangi kenari Nicky Sae orbitan Om Wawan Britama (Rea Reo SF).

Yang menarik, persaingan kelas lovebird relatif berimbang. Tak ada burung yang tampil dominan. Lima sesi lovebird dewasa, tiga sesi bebas aksi, dan empat sesi baby dijuarai burung yang berbeda.

Secara keseluruhan, even yang menggunakan juri-juri pilihan JBI (Juri BnR Indonesia) ini berlangsung mulus dan kondusif (peserta tertib). Meski diselingi hujan, tetapi tak mengurangi kemeriahan lomba. Di akhir acara, panitia membagikan aneka dooprize, antara lain 2 unit sepeda motor. (d’one)

Bang Boy
Bang Boy serahkan penghargaan kepada Panglima Radjawali Indonesia, Om Sofyan Juandi (2 dari kiri),.
Om Megosiswanto
Om Megosiswanto tampilkan cucak ijo Green Star (juara 2 BnR Vit).

Hasil Lomba BnR Award 2017 bisa dilihat kembali dalam tautan berikut ini:

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.