Om Joan memaksimalkan lovebird Skyblue dengan cara isolasi di ruang gelap

Om Daniel Joan, kicaumania asal Semarang (Sedulur SF), punya tips menarik dalam memaksimalkan penampilan lovebird di lapangan, khususnya lovebird Skyblue. Selain Skyblue, dia juga memiliki gaco lain yang kerap moncer di lapangan, yakni Kenthos dan Shofie. Ketiga lovebird ini berkelamin betina.

lovebird Skyblue
Lovebird Skyblue andalan Om Daniel Joan (Sedulur SF Semarang).

Kicaumania yang kerap disapa Om Joan ini merasa terselamatkan oleh hobi burung kicauan. Saat masih menganggur, hobi lomba burung dan ternak lovebird mampu menyelamatkan perekonomian keluarganya.

“Saya main lovebird sejak 2009, tiga tahun kemudian mulai terjun lomba. Selain itu, saya juga ternak lovebird dengan ring SSF 703703 SMG,” jelas Om Joan.

Salah satu gaco andalannya saat ini adalah lovebird Skyblue. Burung ini dibelinya dari Om Iwan YMZ, rekannya yang juga dari Semarang, pada pertengahan 2015. Saat itu umurnya baru 2,5 bulan, dalam kondisi kurang terawat.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Ketika dibeli, lovebird Skyblue belum mau ngekek, hanya sesekali ngeriwik. Padahal, Skyblue berasal dari trah ngekek panjang. Induk betinanya memiliki durasi ngekek hingga 90 detik, sedangkan induk jantan sekitar 50 detik.

Om Joan lalu menanyakan keseharian Skyblue kepada pemilik lama. Om Iwan menjawab, “Selama ini dia saya simpan di kamar belakang rumah, tanpa lampu (kondisi gelap). Yang terpenting makan dan minumnya cukup”.

Lovebird Skyblue
Lovebird Skyblue terbiasa di ruangan gelap.

Saat itu makanan Skyblue hanya berupa jagung manis (1 bonggol utuh).  Om Joan lalu memantaunya sekitar 10 menit, tapi belum mau bunyi juga.

Dengan penuh kasih-sayang, Om Joan mengajak bicara burung ini. “Nduk, nek kowe gelem melu aku, munio sithik (Nduk, kalau kamu mau ikut aku, bunyilah sedikit)”.

Entah kenapa, Skyblue langsung bunyi ngetik-ngetik, pertanda bisa ngekek. Burung pun langsung dia beli seharga 500 ribu, meski waktu itu harga lovebird sedang anjlok. Harga pasaran lovebird biru saat itu Rp 200.000 – Rp 250.000.

Tiba di rumah, Skyblue langsung ditreks dengan lovebird lainnya dan langsung bunyi ngekek panjang. Sejak itulah, Om Joan yakin kalau Skyblue bakal menjadi burung juara.

Benar saja! Kemenangan demi kemenangan terus diraih Skyblue dalam berbagai lomba di Semarang dan sekitarnya, termasuk beberapa kali meraih double winner. Bahkan burung ini beberapa kali pula dipinjam kawan-kawannya saat berlomba di luar kota.

Prestasi yang membanggakan Om Joan adalah ketika Skyblue meraih juara 3 kelas utama dalam even di Kendal. Saat itu, juara pertamanya adalah lovebird Arnold.

Om Daniel Joan
Om Daniel Joan bersama koleksi trofi dan piagam lomba burung.

“Skyblue juga pernah masuk 10 besar dalam even Three Star PBI Semarang. Saat itu semua lawanya adalah lovebird konslet. Burung ini juga masuk 10 besar dalam even akbar Valentine Cup di Jogja,” kata Om Joan pernah bekerja di pabrik pengolahan ikan bandeng.

Lovebird Skyblue memiliki beberapa kelebihan, yakni aktif ngekek dengan durasi 25 – 45 detik. Dalam kondisi top fom, burung ini pernah tercatat ngekek hingga 13 selama 15 menit, dengan jeda hanya 3-4 detik saja.

Tips perawatan lovebird Skyblue

Berikut tips perawatan lovebird Skyblue yang diterapkan Om Joan

a. Perawatan harian (Senin – Rabu)

  • Pakan millet oplosan yang banyak tersedia di pasaran.
  • EF berupa jagung manis, diberikan dua hari sekali (Selasa, Kamis, Sabtu).
  • Air minum bersih diganti setiap hari.
  • Setiap hari burung mandi malam (pukul 18.00), kemudian digantang di dekat lampu hingga kering (30 menit).
  • Sepanjang hari, burung dalam kondisi dikerodong (24 jam), kecuali saat mandi malam saja.
  • Burung selalu ditempatkan dalam ruangan gelap dan sejuk.

b. Perawatan H-3 (Kamis)

  • Sebagian besar pola perawatan masih sama seperti harian.
  • Burung diberi vitamin, 5 tetes di tempat minumnya.
Tips perawatan lovebird
Tips perawatan lovebird Skyblue.

c. Perawatan H-2 dan H-1 (Jumat – Sabtu)

  • Perawatan sama seperti harian.
  • Pagi hari, burung dijemur selama 3 menit.

d. Perawatan Hari-H (Minggu)

  • Perawatan sama seperti harian.
  • Kotoran di sangkar wajib dibersihkan.
  • Selama menunggu sesi naik gantang, burung ditempatkan di dalam mobil (AC hidup).
  • Jika naik motor, burung biasanya dititipkan di minimarket (setelah sebelumnya beli sesuatu).

Sudah ada beberapa pemain yang ingin meminang Skyblue. Bahkan ada pemain yang ingin menukar dengan sepeda motor Mega Pro buatan 2013. Namun Om Joan menolaknya secara halus. “Kalau ada penawaran yang lebih cocok, tentu akan saya pertimbangkan,” jelasnya.

Sebagai breeder, Om Joan memiliki 12 pasangan induk lovebird. Induk betina berdurasi ngekek mulai dari 20, 25 sampai 55 detik. Induk jantan berdurasi ngekek mulai dari 15, 20 sampai 45 detik. Semua  induk bertipe fighter.

“Saya memang lebih menyukai lovebird fighter. Sebagai pemain, saya menganggap lovebird konslet itu kurang ada seninya,” ucap Om Joan.

Om Daniel Joan
Kandang ternak lovebird milik Om Daniel Joan (ring SSF 703703 SMG).

Harga anakan lovebird trah fighter ini dibanderol mulai dari Rp 750 ribu sampai Rp 1 juta. Umurnya 3 bulan, dengan durasi ngekek 10-15 detik atau lebih. Setiap bulan, Om Joan bisa menjual sebanyak 3-5 ekor anakan lovebird. (neolithikum)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.