TJ BF Surabaya: Hanya jual anakan lovebird saat butuh uang saja…

Selalu ada keunikan dalam setiap kehidupan manusia, tak terkecuali di kalangan peternak / breeder lovebird. Misalnya penangkaran lovebird TJ BF Surabaya milik Om Yohanes Eka Tjahjono. Lelaki yang akrab disapa Om Eka, atau Om Yoyok, ini hanya menjual anakan lovebird saat butuh uang saja. Kalau tidak butuh uang? Ya, nggak perlu menjual anakan lovebird hasil ternaknya.

cara ternak burung lovebird
Om Eka, pemilik TJ BF Surabaya.

Om Eka memang ingin “memuliakan” sebuah hobi, sehingga tak perlu selalu diukur secara ekonomi dan bisnis. Dia hanya menjual hasil breedingnya, jika penghasilan dari pekerjaannya tak mencukupi biaya operasional pengelolaan TJ BF Surabaya.

Namun, Om Eka tidak mau membuat dikotomi antara peternak murni hobi dan peternak komersial. “Semua sah-sah saja, ini hanya soal pilihan. Tidak ada yang salah jika setiap penangkar lovebird ingin memperoleh keuntungan dari usaha yang dikelolanya,” kelas Om Eka.

Om Eka tertarik dengan lovebird pada tahun 2008. Apapun warnanya, lovebird memiliki penampilan bulu yang cantik dan eksotik. Sejak itulah dia membeli empat pasangan lovebird, namun semuanya masih anakan.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Selama menunggu burung menjadi dewasa, dia mulai sering bergaul dengan para kicaumania, serta belajar beternak lovebird dari buku maupun internet.

Beberapa bulan kemudian, keempat pasangan lovebird bertelur dan beranak-pinak. Kandang ternak TJ BF Surabaya berlokasi di Jalan Keputran, Kejambon I/35 A, Surabaya.

TJ BF Surabaya
Kandang ternak lovebird TJ BF Surabaya.

Jenis ovebird yang diternaknya adalah tipe kekean (singing) serta beauty (warna eksotik), khususnya opaline (warna non-klep). Selain itu, TJ BF Surabaya juga beternak burung cockatiel alias falk (parkit australia) dan gelatik holland.

Melalui omkicau.com, dia memberikan beberapa catatan yang bisa dijadikan bekal bagi para breeder pemula dan calon penangkar:

Pertama, sebelum memulai beternak, bekali diri Anda dengan pengetahuan mengenai ilmu beternak secara benar. Contoh, beternak harus mempertahankan galur murni. Jangan asal melakukan crossing (persilangan) yang nggak karuan. Dengan cara tersebut, kita dapat memperoleh hasil yang diminati pasar, baik lokal maupun internasional.

TJ BF Surabaya
Sebagian indukan TJ BF Surabaya merupakan lovebird eks jawara.

Kedua, buang jauh-jauh fikiran bahwa beternak burung sangat gampang. Beternak itu tidak semudah yang dibayangkan. Mulai dari penentuan jenis kelamin (kecuali pakai tes DNA), proses penjodohan, risiko burung jantan mati dihajar betinanya, dan sebagainya.

“Sudah mau berjodoh, belum tentu segera terjadi proses kawin. Sudah terjadi proses kawin, belum tentu cepat bertelur. Sudah bertelur, belum tentu menetas. Sudah menetas, belum tentu anakan itu selamat sampai besar,” jelasnya.

Anakan lovebird
Anakan lovebird masih dalam perawatan induknya.

Belum lagi urusan burung sakit sampai mengalami kematian akibat infeksi bakteri dan virus. Kendala lainnya adalah risiko burung terlepas dari kandang, atau bahkan kandang dibobol maling.

Ketiga, kunci beternak adalah kesabaran, ketelatenan, dan kemauan merawat burung dengan cinta kasih. Kalau ketiga hal di atas bisa dijalankan, niscaya kita bisa mendapat balasan yang berlebih.

breeding lovebird TJ BF Surabaya

breeding lovebird TJ BF Surabaya
Ring TJ BF Surabaya

Tips beternak lovebird ala Om Eka:

  • Lovebird yang akan dijodohkan harus matang kelamin (idealnya berumur lebih dari 1 tahun).
  • Untuk penjodohan, burung jantan dan betina ditempatkan di kandang koloni atau kandang sekat. Keduanya dikondisikan agar birahi, biasanya dibantu dengan Vitalur. Setelah terlihat mesra, burung disatukan dalam kandang pok yang sudah disediakan gelodok untuk bertelur.
kandang gelodok
Sepasang induk livebird di dalam kandang gelodok.

Kandang ternak lovebird

  • Pakan lovebird dewasa atau indukan berupa milet putih, jagung muda, kangkung, dan tulang sotong (sumber kalsium). Air minumnya setiap hari dicampur probiotik alami EM41.
  • Pakan anakan lovebird yang sedang loloh berupa canary seed, jagung muda, voer 511 (biasa untuk ayam), sedangkan air minumnya dicampur Vita Chick.
  • Jika burung sakit, konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapat pengobatan. Om Eka biasanya mendatangi klinik hewan di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Surabaya untuk penanganan yang lebih akurat, dan tidak ngawur.
penangkaran lovebird
Resep dokter hewan untuk TJ BF Surabaya.
  • Pemasteran menggunakan burung hidup (kenari) dan audio mp3 (nada lovebird, kenari, dan belalang).
breeder lovebird
Ruang pemasteran anakan lovebird.
ternak lovebird
Penjemuran anakan lovebird agar kondisinya selalu fit.
breeding lovebird
Beberapa lovebird hasil ternak TJ BF Surabaya.
beternak burung cockatiel
Om Eka juga beternak cockatiel.

Kalau butuh uang tambahan untuk operasional kandang, biasanya Om Eka bakal woro-woro melalui Facebook. Itulah profil singkat penangkaran lovebird TJ BF Surabaya milik Om Eka, yang sehari-hari bekerja di sebuah tempat servis printer. (neolithikum)

TJ BF Surabaya

Kontak: Telp / WA 0818-0642-5318

Alamat: Jalan Keputran, Kejambon I/35 A, Surabaya.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

1 Comment

Komentar ditutup.