Video kacer Baccarat: Tampil manis berkat rawatan minimalis

Kacer Baccarat merupakan salah satu gaco andalan W2D’Champ. Burung ini sarat prestasi. Namanya makin bersinar di Blok Timur. Gaya main full ngobra sejak awal hingga akhir, dengan tonjolan suara burung jalak rio yang disambung dengan burung-madu (“kolibri”).

Kacer Baccarat
Kacer Baccarat dengan gaya main full ngobra.

Hebatnya lagi, meski aksinya di lapangan selalu ciamik, kacer Baccarat juga dirawat secara minimalis. “Baccarat tidak terlalu rewel. Perawatan harian dan lombanya juga simpel,” tutur Om Bayu, perawat W2D’Champ.

Berikut ini video aksi kacer Baccarat saat berada di atas gantangan:

Perawatan harian kacer Baccarat

Dalam kesehariannya, kacer Baccarat tak pernah dikerodong. Sangkarnya bulat, dengan diameter 60 cm, dan menggunakan dua tangkringan / tenggeran.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM
Om Bayu W2D'Champ
Om Bayu (2 dari kanan) bersama rekan-rekan W2D’Champ.

Setiap pagi, pukul 05.00, burung menjalan pengembunan. Sekitar pukul 06.30, dipindah ke kandang umbaran selama 1,5 jam.

Pukul 08.00, kacer Baccarat kembali dimasukkan ke sangkar harian, serta digantang di dalam rumah (tanpa dikerodong).

Pakan tambahan / extra fooding (EF) berupa jangkrik, dengan porsi 3 ekor pada pagi hari dan 3 ekor lagi pada sore hari. Jadwal mandinya dua hari sekali, dan selalu dilakukan pada malam hari.

perawatan kacer
Perawatan minimalis kacer Baccarat.

Kalau di rumah, gaco ini sebenarnya sering mbedesi alias mbagong. Tapi kalau sudah berada di arena lomba, bertemu dengan lawan-lawannya, Baccarat tampil kesetanan dan kerap meraih gelar juara.

Perawatan jelang dan saat lomba

Mulai H-2 (Jumat), burung sudah tidak dimasukkan ke kandang umbaran. Burung cukup dijemur satu jam.

Hari Sabtu (H-1), kacar Baccarat mulai diisolasi dari burung-burung lainnya. Sangkarnya dikerodong penuh, agar burung tak mudah terpancing untuk terus berkicau. Porsi jangkrik pada H-2 hingga H-1 sama seperti harian, yakni 3 / 3.

Pada Hari H, sebelum berangkat lomba, kacer Baccarat dimandikan dulu. Selepas mandi, sangkarnya diganti dengan sangkar lomba, berukuran lebih kecil: diameter 47 cm.

Selama menunggu sesi gantang, Baccarat dalam kondisi full krodong dan dijauhkan dari burung lain. Kerodong dibuka menjelang dua sesi sebelum main, untuk mengambil wadah pakan dan air minum, serta membersihkan alas sangkar.

cara merawat burung kacer
Aksi kacer Baccarat di atas gantangan.

Dengan settingan seperti inilah, kacer Baccarat kerap moncer dalam even-even kemasan BnR, PBI, Radjawali Indonesia, dan event organizer (EO) lainnya di Blok Timur. (Endar)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.