Sempat ngedrop dan vakum, murai batu RBS kini bersinar lagi…

Tak selamanya burung jawara akan terus hebat. Ada kalanya burung ngedrop, sehingga harus vakum dari berbagai lomba. Hal ini juga pernah dialami murai batu RBS (Raja Bintang Selatan) andalan Om Hendy, salah seorang kicaumania senior di wilayah Jambi.

murai batu RBS
Murai batu RBS kini kembali ke performa terbaiknya.

Reputasi murai baru RBS dalam berbagai kejuaraan di Provinsi Jambi tak perlu diragukan lagi. Ketika masih di tangan Om Aan Lie, burung ini bahkan kerap menjuarai lomba di provinsi lain. Bahkan murai batu RBS pernah mencetak hattrick dalam gelaran BnR 36 Kingstone Town Cup di Baturaja, Sumatera Selatan.

Pernah pula moncer dalam kontes BnR 36 di Jakarta, Grand Opening Beringin Berkicau di Kota Jambi, Wali Kota Cup di Lubuklinggau, dan Piala Bank Babel Sumsel di Palembang.

Karena rekam jejak prestasinya yang sudah teruji, Om Hendy pun tak ragu-ragu melakukan take-over terhadap murai batu RBS milik sahabatnya itu. Namun apa mau dikata, dalam perjalanannya, RBS sempat ngedrop beberapa bulan. Burung pun tak bisa lagi dilombakan.

PENGIN TANYA OM KICAU? BISA DM...

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Agar mendapat perawatan maksimal, Om Hendy yang juga pemilik showroom mobil bekas di Jambi ini menitipkan RBS kepada mekanik andalannya, Om Man. Hasilnya tak sia-sia. Sekarang RBS menuju ke performa terbaiknya.

murai batu RBS
Om Man (kanan) mekani andal murai batu RBS.

Hal ini terbukti dari beberapa uji coba yang telah dijalani murai batu RBS. Awalnya hanya juara 2 dan 3 dalam latihan rutin di Lapangan Atlantis, lalu double winner di Lapangan Cak Helos, dan nyeri juara 1 lagi dalam Latpres Happy-happy Raja Kuota di Lapangan Ceria, Selincah, Kota Jambi, Mingu (11/3).

Begitu naik gantangan, RBS langsung nembak isian kasar dan tajam. Dengan gaya ngeplay dan sangat fighter, burung ini rajin menggelontorkan tonjolan ciliin, kapas tembak, lovebird, kenari, siri-siri kecil, dan serindit.

Tim juri kesengsem melihat aksi murai batu RBS

murai batu jawara
Murai batu RBS double winner di Latres Happy-happy Raja Kuota.

Beberapa peserta yang melihat aksinya memberi komentar positif. “Burungnya pedas nian, pastinya juara tuh,” ujar peserta lainnya.

Prediksi mereka benar. Tim juri pun kesengsem melihat aksi gaya dan suara murai batu RBS. Bendera merah tanda koncer A pun satu-persatu menancap di bawah posisi gantangannya.

Tak hanya menjadi juara 1 di kelas utama Voer Ronggolawe. RBS juga terbaik di Kelas Bio Champion. Selain moncer bersama murai batu RBS, Om Hendy juga meraih juara 1 melalui kenari Bandit.

Om Hendy
Om Hendy punya beberapa jagoan di kelas murai batu dan kenari.

Kemenangan RBS membuat Om Hendy makin pede untuk memainkannya dalam Launching Oriq Jaya di Kota Jambi, Minggu (18/3) mendatang.

Saat ini Om Hendy memiliki dua gaco hebat di kelas murai batu, yakni RBS dan Baron. “Namun Baron sekarang dalam proses dorong bulu. Kemungkinan baru dapat dimainkan April mendatang,” tandas Om Hendy. (Kelana Lana)
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:


BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.