Mengatasi lovebird yang sering naik turun tangkringan / ngelantai

Mengatasi lovebird yang sering naik turun tangkringan –Lovebird yang mampu tampil maksimal di lapangan menjadi dambaan para pemain. Problem yang kerap muncul di lapangan adalah lovebird tak betah di tangkringan / tangkringan. Dia sering naik turun tangkringan alias ngelantai. Berikut ini beberapa cara mengatasi lovebird yang sering naik turun tangkringan.

Ragam solusi atasi lovebird yang kerap naik turun tangkringan
Cara mengatasi lovebird yang sering naik turun tangkringan.

Dalam beberapa tahun terakhir ini. lovebird mulai masuk kasta tertinggi dalam berbagai lomba burung di Indonesia, sejajar dengan murai batu. Jumlah penggemarnya pun terus bertambah.

Bagi kalangan pemain, melombakan lovebird menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, lovebird bukan burung teritorial / fighter sebagaimana murai batu atau kacer, melainkan burung sosial yang relatif rukun kalau berdampingan dengan burung sejenis.

Istilah lovebird fighter sejatinya bersifat semu. Untuk membuatnya seolah-olah fighter, sehingga mau bunyi / ngekek dan bersaing di lapangan, diperlukan tips dan trik terkait dengan perawatan sehari-hari maupun setelan jelang lomba.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Bahkan kita kerap menyaksikan di lapangan, banyak lovebird yang sering naik turun tangkringan. Tidak sedikit pula di antara mereka yang hanya mau bermain di dasar sangkar alias ngelantai / nebok saat dilombakan.

Dibutuhkan beberapa penanganan khusus untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Nah, sebagai panduan, berikut ini beberapa cara mengatasi lovebird yang sering naik turun tangkringan alias ngelantai.

1. Lakukan terapi mandi

Memandikan lovebird menjadi salah satu solusi cukup jitu untuk mengatasi perilaku burung yang sering naik turun tangkringan. Ada beberapa cara memandikan lovebird untuk meredam / mengurangi kebiasaan tersebut, yaitu:

  • Memandikan lovebird dengan cara dipegang, lalu diusap-usap dengan air pada tubuhnya secara perlahan.
  • Memandikan lovebird seperti mandi air hujan, yakni menggunakan selang air / air kran dengan semprotan yang halus / lembut.
  • Memandikan lovebird setiap sore / malam hari, dengan cara menyemprot bagian dadanya hingga sedikit basah. Setelah itu sangkarnya dikerodong penuh.

2. Ganti tangkringannya

Solusi lain yang biasa dilakukan para pemain adalah mengganti tangkringannya. Tangkringan baru harus memiliki diameter sesuai dengan cengkeraman kaki lovebird, serta bertekstur kasar / tidak licin. Dengan demikian, burung akan merasa lebih nyaman dan tidak mudah gelisah ketika berada di tangkringan, terutama saat berlomba.

3. Berikan aksesoris di dasar sangkar

Kebiasaan lovebird yang sering naik turun tangkringan saat dilombakan bisa dicegah dengan menambah asesoris di dasar sangkar. Aksesoris itu bisa membuat lovebird enggan turun ke lantai, namun tak membuatnya stres / ketakutan.

Ada beberapa aksesoris yang bisa digunakan, mulai dari bola-bola plastik beraneka warna sampai menyebar rumput di dasar sangkar. Detailnya bisa disimak pada artikel berikut ini:

Empat jenis ranjau yang umum digunakan agar burung nancep di tangkringan

Itulah tips dan triks dalam mengatasi lovebird yang sering naik turun tangkringan alias ngelantai. Selamat mencoba!
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:


BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.