Lovebird ring Athar BF rata-rata punya durasi ngekek 1 menit-up

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Sebelum membangun Athar BF (Bird Farm) tahun 2013, Om Murif Haerudin hobi mengikuti lomba burung kicauan, khususnya lovebird. Saking asyiknya mengikuti lomba, lovebird-lovebird orbitannya bertambah menjadi enam ekor, meski hanya dua ekor yang kerap dilombakan.

Om Murif
Om Murif, pemilik breeding lovebird Athar BF Jakarta.

Om Murif lalu memutuskan untuk beternak, dengan bermodal empat lovebird tersisa yang berjenis kelamin betina. “Tapi yang dua ekor saya jual, untuk modal beli lovebird jantan. Akhirnya saya punya dua pasangan induk sebagai modal awal beternak,” ujarnya kepada omkicau.com.

Belum genap setahun, Athar BF sudah mampu mencetak anakan lovebird materi lomba. Sampai saat ini, Om Murif memiliki 12 pasangan induk lovebird di penangkarannya. Banyak pembeli merasa puas terhadap lovebird ring Athar BF karena sering terpantau ngekek dengan durasi 1 menit-up.

breeding lovebird Athar BF
Sakti, salah satu indukan Athar BF Jakarta.

Athar BF sangat selektif dalam memilih pasangan induk. Selain dari trah berkualitas, pasangan induk diusahakan memiliki karakter berbeda. Misalnya, induk jantan harus aktif, dengan durasi setidaknya separo dari durasi ngekek pasangannya.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Namun, bisa juga sebaliknya. Durasi ngekek lovebird betina minimal separo dari burung jantan yang menjadi pasangannya. Syarat lain adalah faktor usia, di mana induk jantan dan betina harus berumur lebih dari 1 tahun dan dalam kondisi bugar.

Karena induk betina yang digunakan merupakan eks jawara lomba, perilakunya di kandang breeding acapkali terlihat galak. Bahkan beberapa lovebird jantan terluka, bahkan sampai mati, akibat dihajar burung betina.

Karena itu, berdasarkan pengalaman selama ini, Om Murif menggunakan trik tertentu dalam proses penjodohan. Caranya, lovebird betina dimasukkan dulu di kandang ternak, namun belum disediakan gelodok. Selama tiga burung, sangkar lovebird jantan didekatkan dengan kandang ternak.

cara ternak burung lovebird
Kandang ternak lovebird Athar BF.

Ketika mau digabungkan, tubuh betina disemprot tipis. Selanjutnya si jantan dimasukkan ke kandang ternak, dan kedua burung kembali disemprot air.

“Setiap kali betina mau menyerang jantan, saya semprot tubuhnya tipis-tipis. Kalau masih gagal, bisa dipisah dulu. Keesokan harinya, proses penjodohan diulangi lagi dari awal, sampai akhirnya lovebird jantan dan betina mau berjodoh,” jelasnya.

hasil breeding Athar BF

hasil breeding Athar BF
Penjemuran lovebird paud hasil ternak Athar BF Jakarta.

Terkadang trik ini bisa langsung berhasil. Tapi pernah pula baru berjodoh setelah tiga bulan lamanya. Apabila lovebird jantan sudah mapan, biasanya proses penjodohan lebih mudah, karena jantan lebih pintar merayu betinanya.

Proses penjodohan ini menjadi bagian yang harus dilewati, lantaran Athar BF menggunakan kandang battery. Meski lebih ribet ketimbang kandang koloni, kita bisa melakukan penjodohan dua lovebird sesuai dengan kriteria yang dikehendaki.

“Selain itu, penggunaan kandang battery memudahkan kita dalam mengontrol. Termasuk mencegah penularan penyakit dari burung sakit ke burung sehat. Kita juga gampang mengontrol asupan pakan, karena kebutuhan nutrisi antara induk yang barusan berjodoh, sudah bertelur, serta sedang meloloh anaknya itu berbeda-beda,” tambah Om Murif.

penangkaran lovebird
Kandang battery punya banyak keuntungan ketimbang kandang koloni.

Untuk memaster lovebird bahan, Om Murif menggunakan burung parkit dan belalang krek. Pasalnya, suara yang dihasilkannya kasar dan speed tidak terlalu rapat, sehingga nafas lovebird menjadi lebih bagus.

Lovebird ring Athar BF kerap dibeli rekan-rekannya sesama pemain. Om Murif juga memanfaatkan media sosial, khususnya Facebook, untuk promosi foto-foto piagam hasil juara lovebird ring Athar BF kiriman para pembelinya.

Athar BF

ternak burung lovebird
Testimoni para pemilik lovebird ring Athar BF.
Athar BF Jakarta
Testimoni pelanggan Athar BF yang meraih hadiah sepeda motor baru.

Harga anakan lovebird dibanderol mulai dari Rp 750.000 hingga Rp 1 juta. Omzet per bulan rata-rata Rp 5 juta – Rp 7 juta. “Skalanya masih kecil, Om. Masih skala rumahan. Tetapi tetap harus disyukuri,” ujar Om Murif.

hasil breeding Athar BF
Salah satu lovebird hasil breeding Athar BF.

Pesan Om Murif untuk peternak pemula:

  • Sebelum beternak, sebaiknya rajin membaca referensi-referensi dari media yang terpercaya, salah satunya omkicau.com.
  • Hasil breeding perlu dicoba langsung di lapangan.
  • Jangan tergesa-gesa bikin target tinggi, mengalir saja apa adanya.
  • Sesuaikan modal dan pengalaman. Banyak peternak bermodal besar yang merugi karena tak punya pengalaman beternak lovebird.
  • Hindari ekspetasi terlalu tinggi dalam breeding lovebird. Lebih baik tetap menganggap ternak lovebird sebagai hobi. Dengan demikian, jika ada kendala, tidak gampang stres. (neolithikum)

hasil breeding Athar BF

hasil breeding Athar BF

hasil breeding Athar BF
Om Murif (4 dari kanan) bersama rekan-rekan kantor.

Breeding lovebird Athar Bird Farm

Kontak: 0812-9393-2308 / Pin BB d2556fab

Medsos: FB Athar BirdFarm Jakarta / IG @Athar_BF

Alamat: Jalan Tridharma II No 24, RT 2/RW 8, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.