Mulyono BF Depok: Trah murai batu Garuda sangat diminati

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Mulyono BF Depok dikenal sebagai penangkar murai batu berkualitas. Produknya acapkali moncer di lapangan, baik di tangan pembelinya maupun di tangan Om Mulyono sendiri. Salah satunya adalah murai batu Joko Kendil milik Pendopo 707 (Sawangan Depok).

Beberapa waktu lalu, murai batu Joko Kendil menjuarai even akbar Murai Batu BnR Bird Champion di Taman Bunga Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur (6/5).

Mulyono BF
Om Mulyono (tengah) saat mengantar murai batu Joko Kendil Juara di Cibubur.

Murai batu Joko Kendil masih muda usia, baru berumur 1,5 tahun. Jagoan hasil breeding Mulyono BF ini sudah dibeli Pendopo 707 (Sawangan Depok). Meski demikian, perawatannya tetap dipercayakan kepada Om Mulyono.

“Meski sudah milik orang lain, saya bangga bisa mengantarkan Joko Kendil menjuarai even nasional. Sebelumnya, burung ini sudah beberapa kali moncer dalam even-even lokal. Kebanggaan penangkar adalah kalau burung hasil ternaknya bisa menjuarai lomba,” kata Om Mulyono kepada omkicau.com.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mulyono BF memiliki 25 petak kandang indukan. Sebagian besar induk jantan merupakan eks jawara lomba, misalnya murai batu Garuda, Gatot Kaca, dan Pangeran.

Joko Kendil merupakan anakan MB Garuda yang dikenal sebagai pejantan unggulan. Indukan ini sudah menghasilkan beberapa anakan yang sukses di lapangan, termasuk murai batu Black Forest yang juga tak kalah hebatnya.

murai batu trah Garuda
Murai batu Black Forest juga berasal dari trah Garuda.

Selain menjadi penangkar murai batu unggulan, Om Mulyono juga membina para peternak di sekitar Depok. Bahkan beberapa pasangan induk Mulyono BF dititipkan kepada peternak binaannya, dengan sistem bagi hasil.

Beberapa indukan favorit dititipkannya kepada H Sudarto, yang sudah dijadikannya sebagai orangtua angkat dan bermukim di kawasan Pekapuran, Depok. “Khusus induk favorit saya titipkan kepada Pak Darto,” ungkapnya.

cara ternak burung murai batu
Sebagian indukan favorit Mulyono BF dititipkan kepada H Sudarto.

Tak hanya itu, Om Mulyono juga menjadi pengepul (jual-beli) murai batu. Tak heran jika di rumahnya dipenuhi ratusan ekor murai batu, mulai dari trotolan, burung muda, burung siap lomba, dan murai batu siap ternak.

Keberhasilannya dalam berbisnis murai batu ini tak terlepas dari kejeliannya melihat burung-burung berkualitas. Sebagian dijadikan materi indukan dan sebagian lagi dimatangkan dalam lomba sebelum dijual ke pelanggannya.

Om Mulyono: Peternak sekaligus pengepul murai batu berkualitas.

Lihat juga Profil penangkaran murai batu Mulyono BF Depok

Om Mulyono “berani” belanja murai dengan harga tinggi, baik untuk lomba maupun dijadikan calon induk di kandang penangkarannya. Belum lama ini, dia membeli beberapa gaco hebat seperti murai batu Rajo Kito, Nuklir, Bukan Basa Basi, dan Jimat.

Murai batu Basa Basi andalan Om Mego Siwanto dibelinya seharga Rp 150 juta. Adapun murai batu Jimat dibelinya dari Om Nandar (Lampung) seharga Rp 80 juta. “Murai batu Jimat sudah berjodoh dengan betina trah Garuda. Semoga cepat berproduksi,” kata Om Mulyono.

Harga trotolan murai batu produksi Mulyono BF bervariasi, mulai dari Rp 3,5 juta hingga Rp 7 juta / ekor, tergantung materi indukannya. Bahkan anakan murai batu Garuda dan Rajo Kito dibanderol Rp 10 juta. Meski lebih mahal dari trah lainnya, peminat tetap berjubel, bahkan harus antre. (d’one)

breeding murai batu
Trotolan murai batu dari kandang favorit Mulyono BF Depok.

Breeding murai batu Mulyono BF

Kontak: WA 0812-9829-6606 | 0857-1180-6053

Alamat: Jalan Raya Pekapuran, Kp Babakan Gg Dongkal RT 01 / RW 03, Kelurahan Sukatani, Tapos Pekapuran, Depok.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.