Cara aman rontokkan bulu bandel burung mabung

Banyak kicaumania yang pusing jika saat burungnya tidak segera tuntas ambrol bulunya di saat mabung. Berikut ini adalah tips yang pernah ditulis Om Gobest, salah satu member KM. Di salah satu trid di kicaumania.or.id dituliskan sebagai berikut:

Maaf Om semuanya.. sekedar mau sharing aja tentang trik membuat burung yang susah mabung agar bisa mabung secara total/ambrol dan sehat pula. Mengingat seringkali banyak kita jumpai kendala susah mabung ataupun mabung namun tidak total. Dan sebagaimana kita tahu, bila seekor burung ga bisa mabung secara total, umumnya nanti pasca mabung, kebanyakan susah pula mencapai performa terbaiknya.

Adapun cara yang saya gunakan ini, sudah saya praktekkan sejak hampir 2 tahun yang lalu. Lalu setelah banyak terbukti pada burung-burung yang di rumah, baru saya beranikan diri untuk menawarkan solusi ini bila ada kawan yang mempunyai kendala yang sama. Bagaimana caranya?

Tips aman merontokkan bulu bandel burung mabung

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Caranya mudah koq. Cukup campurkan SUSU BUBUK (putih) merk apa saja secukupnya ke dalam voor/kroto pada burung yang akan diambrolkan, selama 2-3 hari atau sampai bener-bener bisa kita pastikan bahwa burung tersebut sudah mulai rutin ambrolnya (biasanya maksimal 5-7hr sudah ambrol). Bila sudah dominan ambrolnya, hentikan asupan SUSUnya.

Hal ini baru bisa saya rekomendasikan (karena sudah dicoba) untuk burung yang punya kendala pada rusak bulu/nyerit-susah ambrol- ciak/patuk bulu. Jujur, saya belum pernah nyoba untuk burung yang bulunya kondisi UTUH.

Adapun burung yang sudah saya jadikan obyeknya adalah murai batu, kacer, tledekan dan anis merah. Dan biasanya tumbuhnya bulu pasca MABUNG TOTAL ini akan lebih awet masanya karena bulu tampak “Lebih Muda” bila dibandingkan dengan bulu pada burung yang mabung alami (dalam sangkar). Bahkan pada burung tertentu, warna bulunya akan lebih mengkilat seperti pada MB & kacer.

Tambahan:
# Untuk burung jenis lovebird bisa dioleskan pada jagung bonggol.
# Burung pada masa ini, sebaiknya selalu dalam keadaan berkerodong.

Wokey… selamat mencoba.. Mohon maaf bila salah & mohon koreksinya.

Demikian sobat, tips dari Om Gombest. Nah bagaimana mempercepat tumbuh bulu?

Cara mempercepat dan meperbagus tumbuh bulu

Dalam kaitan ini saya menyarankan kepada sejumlah teman untuk menggunakan BirdMolt Pre untuk burung yang sedang mabung.

BirdMolt Pre (BMP) terdiri dari multi vitamin dan multi mineral cair yang dilengkapi dengan suplemen lain yang lengkap dan seimbang disertai bahan aktif yang diracik khusus untuk mendorong tumbuhnya bulu baru, mencegah bulu baru pecah-pecah, kusam dan tumbuh tidak rata.

Cara pakai / pemberian: Oles/campur 3-4 tetes ke kroto atau buah atau ekstra fooding (makanan tambahan lain). Khusus untuk burung lovebird, oles-oleskan pada separuh atau seperempat tongkol jagung muda yang disayat-sayat memanjang sehingga cairan bisa masuk dan termakan burung. Untuk burung kenari bisa dioleskan ke telur puyuh rebus atau oles ke buah.

Dengan demikian, selama kita menggunakan BirdMolt Pre untuk menangani burung mabung, maka kita cukup memberikan porsi pakan seperti sediakala tanpa khawatir burung kekurangan “energi masa mabung”. Sebab, seperti saya tulis di artikel ini, energi yang diperlukan burung ketika mabung bukanlah energi yang hanya akan mengumpul menjadi lemak tetapi energi untuk pertumbuhan bulu seperti asam amino yang mengandung sulfur seperti metionin dan sistin.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

2 Comments

  1. Saya pernah nerapin metode ini ke cendet cuman saya make energen yg kacang ijo, karna cari susu bubuk kebetulan d warung gak ada. Alhasil make energen kacang ijo karna itu mengandung susu jg saya pikir, alhasil mabung total cpt ambrolnya tuntas. Skrg udah top lg bulu n performance cendetnya.

Komentar ditutup.