Tampil perdana, murai batu Hell Boy nyeri di KM Jatim Cup 4: Lovebird Betet quattrick

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Kemenangan Duta Piala Raja dalam even akbar KM Jatim Cup 4 tidak terlepas dari penampilan ciamik dua gaco hebatnya: murai batu Hell Boy dan lovebird Betet. Hell Boy berhasil meraih double winner, bahkan Betet mencetak kemenangan quattrick.

KM Jatim Cup 4
KM Jatim Cup 4: Penjurian di kelas kacer.

Gelaran KM Jatim Cup 4 kemasan Kicau Mania Region Jatim berlangsung meriah di Gantangan Dewa 99, kawasan Medaeng, Kecamatan Waru, Sidoarjo, Minggu (22/7). Lomba diikuti 1.123 ekor burung.

Beberapa tokoh senior KM Pusat juga hadir di sini, antara lain Om Yogi Prayogi dan Om Giri Prakosa. Sejumlah KM Regional di luar Jatim juga mengirimkan perwakilannya.

hasil lomba burung
Om Yogi (kanan) selfie bareng Om Bimo: KM Jatim Cup jadi ajang reuni members Kicau Mania.

“Gelaran ini benar-benar istimewa. Ini membuktikan organisasi KM Jatim masih solid dan mendapat tempat tersendiri di hati para kicaumania, khususnya di wilayah Jawa Timur. Alhamdulillah, gelaran keempat KM Jatim tetap diserbu para kicaumania dari berbagai wilayah Jatim,” ungkap Om Yogi saat ngopi bareng omkicau.com.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Kelas utama KM Jatim (tiket Rp 200.000) melombakan murai batu dan cucak ijo. Kelas utama murai batu tak hanya berlangsung ketat, tetapi juga diwarnai kejutan dengan tampilnya debutan baru Hell Boy milik Abah Hudan (911 SF) yang membela panji-panji Duta Piala Raja.

Dengan gaya hormat juri sambil mengeluarkan tonjolan lagu burung-burung kecil, murai batu Hell Boy tampil lebih dominan ketimbang lawan-lawannya. Gelar juara 1 pun diraihnya, disusul Siliwangi milik Om Benny (KWB IKH 26) dan Senopati andalan Shinta (Shintaro).

Pada sesi berikutnya, Kelas Kicaumania, murai batu Hell Boy kembali tampil top form. Kelas ini juga dimenanginya, Senopati dan Pondasi besutan Abah Eko (Duta Cendet Soerabaia).

Kelas Surabaya dimenangi murai batu Senopati, unggul atas Copet milik Om Sujadmiko (Duta Pelet Biru Cup 3) dan Terkesima kepunyaan Om Benny Murai (Duta PMBS). Kelas Silaturahim dijuarai MB Sabuk Inten milik Abah Eko.

murai batu Hell Boy
911 SF sukses bersama debutan batu: murai batu Hell Boy.

Juara 1-3 pada setiap sesi regular kemudian dipertemukan lagi di Kelas BOB untuk menentukan siapa yang terbaik. Di kelas bergengsi ini, murai batu Hell Boy tampil kurang maksimal. Predikat murai batu terbaik akhirnya diraih Siliwangi. Peringkat kedua dan ketiga ditempati Senopati dan Copet.

KM Jatim Cup 4
KM Jatim Cup 4: Para juara di Kelas BOB Murai Batu.

Persaingan di kelas cucak ijo juga berlangsung ketat. Bahkan empat sesi yang dimainkan (termasuk Kelas BOB) dimenangi burung yang berbeda.

Om Alif (Duta Piala Raja) moncer bersama cucak ijo Jaran Goyang. Gaco ini terbaik di Kelas KM Jatim, unggul atas Cabe Pedas milik Om Sucipto (Bulsid BC) dan Ballveer besutan Om Yanu / Dino (Wage).

Kelas Kicaumania dijuarai cucak ijo Ronggeng orbitan H Husein (Duta Piala Raja). Kelas Surabaya dan Silaturahmi masing-masing dimenangi cucak ijo Balmond andalan H Rizky MJK (Duta Piala Radja) dan Sincan jagoan H Samuri (Duta Pelet Biru Cup 3).

Cucak ijo Sax Masex yang pada sesi regular meraih juara 3 dan 4, tampil meyakinkan pada Kelas BOB. Gaco andalan H Azis (Duta Pelet Biru Cup 3) ini sukses meraih juara satu, disusul Jarang Goyang serta Balmond.

KM Jatim Cup 4
KM Jatim Cup 4: Para juara di Kelas BOB Cucak Ijo.

Panitia KM Jatim Cup 4 juga membuka dua kelas hwamei alias wambi. Hal ini untuk mengakomodasi para penggemar burung yang pernah menjadi primadona di era 1990-an itu. Ada dua kelas hwamei yang dilombakan, semuanya dimenangi Hiroshima milik Om Eko Blitar (Duta Piala Raja).

hwamei Hiroshima
Om Eko Blitar bersama hwamei Hiroshima (double winner).

Bintang yang paling bersinar dalam kontes KM Jatim Cup 4 tak lain adalah lovebird Betet andalan Om Budi Bogem (Duta Piala Raja). Burung langganan juara ini menjadi satu-satunya peserta yang mampu mencetak kemenangan quattrick, alias empat kali juara 1.

KM Jatim Cup 4
Suasana penilaian lomba do kelas lovebird.

Dari tujuh sesi regular yang dimainkan, lovebird Betet sukses menjuarai tiga kelas. Empat sesi lainnya dimenangi lovebird Poppy Konser milik Konslet SF dan Radja milik Michele (Duta Piala Raja). Kedua  burung itu sama-sama menjuarai dua sesi.

Lovebird Betet milik Om Budi Bogem
Lovebird Betet sukses mencetak quattrick.

Di Kelas BOB, ketiga burung (Betet, Poppy Konser, dan Radja) kembali bersaing ketat. Hasilnya, Betet tampil sebagai juara pertama. Posisi kedua dan ketiga ditempati Poppy Konser dan Radja.

KM Jatim Cup 4
KM Jatim Cup 4: Para juara di Kelas BOB Lovebird.
Java BC
Java BC moncer bersama lovebird Mental Judi (juara 1-1-2 Kelas Kidz).

Secara umum, gelaran KM Jatim Cup 4 berjalan meriah dan tertib dengan pengelolaan Dewa 99 yang tak perlu diragukan lagi kredibilitasnya dalam hal penjurian. Gelar juara umum diraih Duta Piala Raja setelah memboyong 19 trofi juara pertama dari 37 sesi yang dimainkan.

Duta Piala Raja
Duta Piala Raja yang dikomandani Om Ipung SSBC tampil sebagai juara umum.

“Terima kasih kepada para peserta dan komunitas yang telah berpartisipasi dalam lomba ini. Mohon maaf apabila selama lomba berlangsung, ada sesuatu hal yang kurang berkenan. Semoga gelaran KM Jatim berikutnya bisa lebih baik dan meriah,” pungkas Om Anggit, ketua pelaksana KM Jatim Cup 4. (Endar)

KM Jatim Cup 4
Panitia Kicaumania Jatim Classic Cup 4.

Daftar juara KM Jatim Cup 4 bisa dilihat di sini.

KM Jatim Cup 4
MC Om Hafid Ziedan memandu jalannya lomba sehingga berjalan meriah namun tertib.
Duta Kapten Sazime
Duta Kapten Sazime mejeng bersama tokoh senior KM.
KM Region Jatim
Sejumlah tokoh senior KM, antara lain Om Yogi Prayogi dan Om Giri Prakosa (berikat kepala), bangga melihat eksistensi KM Region Jatim.
Om Yudi Lasignora
Om Yudi Lasignora, salah satu member senior KM Region Jatim.
lomba burung di Sidoarjo
Kicaumaniawati Jatim membagikan dooprize.
KM Jatim classic Cup 4
Tropi eksklusif KM Jatim classic Cup 4.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.