Gandeng B16, Bamsoet Akan Gelar Lomba Burung Berkicau Piala Ketua MPR RI

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Bamsoet bersama Paguyuban Kicaumania

OMKICAU.COM – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo kembali menggandeng komunitas pencinta burung untuk menggelar Lomba Burung Berkicau pada 28 Agustus 2022 mendatang. Acara ini rencananya akan diikuti oleh sekitar 3.000 peserta, dan mempertandingkan 60 kelas perlombaan mulai dari Murai Batu, Cucak Hijau, Kacer, Kenari, Cendet, Anis Merah hingga LB Fighter. Para peserta nantinya akan memperebutkan piala Ketua MPR RI. Kegiatan ini sekaligus mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI kepada para peserta dan pengunjung yang hadir.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

“Melalui event ini, MPR RI bersama para komunitas pecinta burung sekaligus akan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mencintai satwa, hingga terlibat aktif dalam kegiatan penangkaran. Sehingga bisa menjaga burung khas Indonesia dari kepunahan. Selain itu, dengan ikut serta dalam lomba ini, nilai jual burung bisa naik. Terlebih yang memenangkan perlombaan. Sehingga juga bisa mengangkat perekonomian para pecinta burung,” ujar Bamsoet Gedung Black Stone, Jakarta, Sabtu (25/6/2022).

Hal ini ia sampaikan usai menerima Asosiasi Perkumpulan Kicau Mania di Jakarta. Adapun anggota Asosiasi Perkumpulan Kicau Mania yang hadir antara lain Ketua Umum Wisnu M. Daya, Wakil Ketua Umum Giri Prakosa, Bendahara Andi Han dan Penasihat Herry I.P yang juga merupakan Pelatih Bulu Tangkis Indonesia/PBSI. Hadir juga Ketua Tim Penyelenggara (B16) Aris Margono dan Sekretaris dr. Abu.

Bamsoet bersama Pelatih Bulu Tangkis Indonesia/PBSI

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Dalam kesempatan tersebut, Bamsoet menjelaskan Indonesia merupakan negara keempat yang memiliki spesies burung terbesar di dunia setelah Kolombia, Peru dan Brasil, yakni sekitar 1.812 spesies. Namun akibat berkurangnya habitat asli maupun perburuan liar, banyak spesies burung yang terancam punah. Termasuk burung berkicau yang menjadi keunggulan Indonesia, seperti Kucica Hutan, Cucak Rawa, Jalak Suren hingga burung Kacamata atau Pleci.

“Sebagai negara megadiverse atau negara yang memiliki keanekaragaman hayati, Indonesia memiliki tanggung jawab moral agar 1.812 spesies burung, 515 spesies mamalia, dan banyak lagi satwa yang hidup di alam Indonesia, tidak punah akibat ulah manusia. Sehingga para anak cucu kita masih bisa melihat langsung beragam burung khas Indonesia. Pecinta burung juga secara ekonomi melalui penangkaran, ekonomi kerakyatan tumbuh, pertumbuhan ekonominya sekitar Rp 2 triliun per tahun. Mulai dari sisi penangkaran, pakan, sangkar, dan obat-obatan,” paparnya.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Bamsoet saat meeting bersama panitia Lomba Burung Berkicau Piala Ketua MPR RI

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan berdasarkan data Burung Indonesia, jumlah jenis burung di Indonesia tercatat mencapai 1.769 jenis. Dari jumlah tersebut, 531 jenis burung termasuk kategori dilindungi seperti jenis elang, Jalak Bali, Rangkong Gading, Kasuari, Gelatik Jawa, Cucak Rawa dan lain sebagainya.

“Selain itu Indonesia juga memiliki jumlah burung endemik tertinggi di dunia. Di Indonesia tercatat lebih dari 372 jenis burung endemik, yaitu jenis burung yang tidak dapat ditemukan di negara lain di dunia. Ini merupakan sebuah kekayaan besar yang diberikan Allah kepada kita. Karena itu, saya sangat menghargai banyaknya perlombaan dan penangkaran burung yang ada di banyak daerah sekarang ini,” pungkasnya.

Bamsoet bersama EO pelaksana Lomba B16

Ketua EO B16 selaku penyelenggara, Aris Margono menambahkan, pihaknya mengapresiasi dipercaya dan siap menggelar event Lomba Burung Berkicau Piala Ketua MPR RI semeriah mungkin. Apalagi, saat ini kegiatan lapangan sudah mulai dilonggarkan tanpa dibatasi jumlah pengunjung.

“Dari jumlah kelas target burung yang dilombakan ada 3.000 ekor. Namun untuk pengunjung, ditargetkan ada 5.000 orang,” kata Aris Margono.

Selain lomba burung berkicau, lanjut Aris, akan ada beauty contest burung Lovebird dan pameran UMKM. Tidak menutup kemungkinan juga akan ada pameran Murai Batu ekor panjang dan warna warni.

“Yang jelas kita akan maksimalkan moment ini semeriah mungkin. Sebab, sejak masa pandemi, perekonomian perburungan sangat lesu. Semoga event ini menjadi pemicu bangkitnya dunia perburungan kita,” pungkas Aris.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.