Lagi, kriteria cendet yang bagus seperti apa?

Cendet Drakula suka nakal
Cendet Drakula suka nakal

Apa yang membuat seekor cendet sering juara, sementara yang lain jarang atau bahkan tak pernah mencicipi menjadi juara? Cendet juara tentu saja memiliki sejumlah syarat yang secara umum di atas rata-rata yang lain. Syaratnya, cendet tersebut gampang nampil dalam berbagai kondisi. Dalam kondisi panas, berangin, dan kadang juga hujan, cendet tetap tampil. Apakah musuh sedikit atau banyak, apakah posisi di tengah-tengah gantangan atau di pinggir tak mempengaruhi kinerjanya.

Si cendet juga selalu mau tampil maksimal atau dengan sepenuh hati, tidak pernah nanggung, kecuali dalam keadaan sakit atau tidak dalam kondisi fit yang jelas terlihat. Atau dalam situasi mabung yang belum pulih secara utuh. Tentu saja wajar jika burung kurang nampil.

“Lagu yang dimainkan relatif banyak, lengkap, dan bisa dinyanyikan dengan utuh. Variasi lagu yang dimiliki sungguh-sungguh bisa menjadi senjata pamungkas, menjadi nilai lebih yang tidak dimiliki oleh yang lain.” Nah itu dia….

Trend lagu versus selera

Membedakan cendet yang bagus dengan yang kurang bagus sesungguhnya tidak terlalu sulit. “Cara membedakannya tidak berbeda antara dulu dan sekarang. Trend bisa dikatakan tidak berubah secara extrim, hanya bergeser secara perlahan saja,” kata Naryo, pemoles cendet berpengalaman, antara lain menangani cendet Mr John, Mr Ong, Mr Smith, dan kini dipercaya oleh Yudi CPM menangani Liar.

Kriteria supaya cendet tetap tidak ketinggalan zaman antara lain memiliki irama lagu yang bagus, volume di atas rata-rata, speed rapat, juga dibarengi dengan power yang mumpuni. “Kalau kriteria dasar seperti di atas sudah punya, bisa dibilang tinggal bagaimana kita memolesnya agar mau nampil maksimal di segala kondisi dan cuaca.”

Meski demikian, di lomba pun biasanya tergantung selera para juri dalam menilai cendet yang bagus. Misalnya ada yang memilih burung dengan kerjanya tanjap ngerol disertai tembakan. Ada juga yang senang nggerojok terus. Tapi yang jelas, cendet memang harus memiliki lagu yang kasar-kasar. Oleh karena itu pula kebanyakan dalam memilihkan master pun menggunakan burung yang bunyinya kasar-kasar. Ini dimiliki terutama burung yang kecil-kecil seperti burung gereja tarung, kolibri, belalang, dan lainnya.

Paruh membuka lebar

Heru Mulya dan Burung Cendet Bombastik
Heru Mulya dan Bombastik

Burung yang memiliki power besar, antara lain tampak dari cara si burung mengeluarkan suara. Bila si burung membuka paruh atau mulutnya lebar, pertanda si burung kalau tampil benar-benar ngotot, sehingga volume yang keluar pun dahsyat dan tembus dibandingkan dengan yang lain. Sebab, irama lagu isian yang dikeluarkan menjadi jelas, kristal, dan cukup menonjol.

Burung semacam ini misalnya Bombastik milik Heru Mulya dari Juana, Pati. Keunggulan Bombastik misalnya, bisa dilihat dari deretan prestasinya. Menurut Heru, sudah Iebih dari 50 kali Bombastik meraih juara, termasuk di FKBI Solo (20/3).

Dengan senjata lagu isian lovebird, walet, yang dinyanyikan dengan speed yang rapat, serta dengan variasi roll dan tembak dengan tetap tenang di atas pangkringan, membuat Bombastik tampak mempesona.

Hal yang sama juga terjadi pada cendet Dracula milik H. Astono Jogja. Di Jogja dan sekitarnya, Dracula saat ini bisa dikatakan menjadi jagoan terbaik dan paling ditakuti.

Menurut H. Astono, sebelum ketemu stelannya, Dracula burung yang relatif nakal. ”Saya lihat ini burung sesungguhnya bagus, tetapi over fighter sehingga jadi nakal. Maka dulu Dracula sering-sering saya lombakan, pokoknya mau ada latber atau lomba selalu saya tarungkan. Bahkan juga sempat saya masuki burung emprit biar mau tarung secara fisik, sehingga bisa mengurangi nafsu fighternya,” kata H. Astono.

Kini, Dracula memang sudah mapan, sehingga lawan pun harus berhitung setiap kali bertempur. Bisa dikatakan, asal si burung nampil maksimal, juara pun akan diraih. Ya, Dracula, mewakili tipe cendet yang memiliki warna lagu yang sedang ngetrend-ngetrendnya saat ini. (Agrobis Burung)

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 34 comments

  1. Aga Gegog

    Biasax cendet dlam keadaan topform mau bunyi meskipun d tmpat ramai, mungkn kejiwaannya terganggu om..heee… Coba aj agak lama dgantang d tmpat rame, kalo mash tetap g bunyi2 ya memang burungx perlu dlatih dg ketapel..Kwakwakwakwak…

  2. yoko

    slm knal om..
    Mau nanya tlg djwb ya..
    Sya pnya pentet bgus om,suaranya kenceng,isianya lumayan bnyak n rapat..yg jd msalah knpa ya pentet sya tiap sya dketin lgsung trun tangkringan n syapnya ngleper2? Dah gtu kalo lht sy ga mau bnyi. Tp kalo lhat org laen lgsung deh bnyi knceng bgt n ga trun tangkringan.tlg djawab om.thx

  3. Yopie

    Pentet saya Bulu Ekor-nya Tidak Ada Alias Bondol, Karena Memang Dapat-Nya Sudah Bondol Dari Empunya Sebelum-Nya. Yang Mau Saya Tanyakan, Kalau Keadaan Bondol Bagus-Nya Perawatan Moulting Atau Di Rawat Secara Normal Mandi – Jemur EF Rutin..? Mohon Jawaban-Nya, Di Tunggu.

  4. Antok

    Salam kenal om, mau tanya ,saya punya pentet sudah lumayan suaranya gacor,dan suaranya keras tapi kok tiba tiba suaranya sekarang kecil apa penyebabnya ya? dulu pentet saya setip hari saya krodong pasti bunyi sekarang jarang saya krodong bunyinya jarang-jarang gimana ya agar burung pentet nggak di krodong tetap rajin berbunyi.sekalian tanya pentet yang bagus itu gimana? yang kurus,langsing /sedang atau yang gemuk bodinya. Itu aja terimakasih.

  5. ujib

    lam knl…. saya punya pentet lokal, masih muda isian love bird, gereja tarung, ciblek, prenjak, sirtu dll, klo pas bunyi seneng bgt dgrnya, tp bunyinya msh jrg, plg pagi dan siang hari ja, biar cpet gacor resepnya stelannya duong om…. mksh

  6. Agus

    Burung yg giras supaya jinak biasanya sering dimandikan tiap pagi dlm karamba,Sambil disemprot2 sampe lepek…..abis mandi di ksh jangkrik lewat lidi/tangan.

    1. Om Kicau

      Kebanyakan karena kedinginan di malam hari, kemudian ogah makan dan kehilangan tenaga, lantas… tentu saja mati Om. Panaskan dengan sangkar berlampu dan pastikan air minumnya diberi multivitamin dan mineral agar sehat.

  7. welly cla-10

    Cendet monster yg sering merajai diarena blok tengah bukanlah cendet madura/dr tapal kuda jatim,,tp asli dr jeblok,ngangkruk,pandansimping,klaten.
    Sebenarnya karakter hewan itu sama dgn manusia tergantung dr trah/katuranggan.jd utk hobiis cendet mania tdk perlu kawatir punya cendet lokal.saya sendiri yg merawat monster dr kecil dr meloloh sampai memaster..diusia dini dg nama Salsa sdh sering merebut juara lokal.dikemudian hari krn bosan aku kshkan teman..cendet tersebut lahir dibln april 2004..salut utk Bang Mamad yg bs merawat sampai selama ini msh stabil..
    Semoga MONSTER ttp berjaya…
    Selamat

  8. bambang

    saya punya cendet jawa tengah tapi isiannya yg paling nonjol tembakan lb sama air mancur dan cililin dan volume tembus ,kira2 klo dibawa latber pas ketemu cendet jatim or madura mau fight gak ya dan cara mengurani salto gmn ya ?mohon bantuannya

  9. Har

    Kebanyakan burung cendet suka membawakan suara burung kutilang , apakah itu ciri2 burung cendet yg jelek ? Mohon penjelasannya om duto , trimakasih sebelumnya

  10. ferri

    seperti burung kicauan yg lainnya saya kira kalo mau punya cendet juara, syarat fisik yg utama ya musti tidak kegemukan, jd saran saya jangkrik gak usah di berikan terlalu byk cukup 2 pagi 1 sore atau 1.1 ,cendet juga jangan terlalu sering di mandiin cukup 2x seminggu, beli cendet cewek unt menurunkan kalo pas ob,seminggu 2x dilatih terbang tempat bisa di kmr atau yg lain.

  11. EdyJuan

    Kalo Gitu, kriteria cendet yang bagus seperti apa? jwbnnya ya spt yg disebutkan diatas tadi nama burung serta pemiliknya. kalo bisa rawatan burung2 diatas juga dikupas Om Duto. tp mau ngga ya yg punya burung?????? ngarep.com. Thanks Om

    1. WELY 58

      Cendet yg bgs adlh cendet yg mempunyai mental bertanding,nancep saat diadu,mampu membawakan lagu isian dgn baik pergantian lagu dibwkan dgn enak/licin,diselingi dgn tembakan&volume tembus…

    1. Rofi Fauzan

      lam kenal om, saya punya pentet dah lumayan gacor. trus isiannya jg banyak. apa lg kalo di tempel ma koci, waaah rame bgt. tp saya kesel, girasnya minta ampwun. supaa ga giras gmana sih om? makasih sblmnya

Komentar ditutup.