Jalan-jalan ke penangkaran burung Yayasan BnR

Anda pernah berwisata ke Gunung Salak Endah di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor? Ternyata, tidak jauh dari sana, terdapat sebuah penangkaran burung yang cukup lengkap. Ya, penangkaran itu milik Yayasan BnR yang juga menerbitkan tabloid burung. Yuk kita jalan-jalan ke sana.

Lokasi penangkaran ini berada di Jalan Raya Ciapus, sebelum masuk ke daerah wisata Curug Nangka atau Gunung Salak Endah. Dari Terminal Baranangsiang langsung ke Ramayana, lalu ke arah Empang dan ambillah jalan ke arah Ciomas, Ciapus, hingga menuju kawasan wisata Gunung Salak Endah.

Penangkaran Burung BnR kini menjadi mitra bagi Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam setiap pelatihan / praktik kerja atau studi banding. Di Bogor juga ada penangkaran lain yang kerap dijadikan sarana pelatihan dan studi banding, yaitu Mega Bird and Orchid Farm (MBOF), yang berlokasi di Ciluar Bogor.

Tidak sulit untuk menemukan lokasi Penangkaran Burung BnR, karena di bagian depan ada pintu gerbang besar dengan beberapa patung burung elang yang seakan menyambut setiap tamu yang datang.

Gerbang Yayasan BnR

PINTU GERBANG KAWASAN PENANGKARAN BURUNG BnR
(Foto: didisadili.blogspot.com)

MB dan cucakrowo paling dicari

Burung-burung yang ditangkar di tempat ini cukup beragam, antara lain cucakrowo, kacer, murai batu, dan lovebird. Namun yang paling popular dan banyak dicari adalah murai batu, menyusul kemudian cucakrowo.

Kandang Penangkaran Murai Batu

KANDANG PENANGKARAN MURAI BATU
(Foto: didisadili.blogspot.com)

Indukan murai batu mulai ditangkar pada umur 1,5 tahun. Karena Bogor berhawa dingin (habitat MB cenderung panas), maka ruang penangkaran murai batu pun dilengkapi fasilitas khusus agar kondisinya bisa menyerupai habitat asli MB di hutan-hutan Sumatera.

Ruang Penjodohan dan Penangkaran Murai Batu

RUANG PENJODOHAN DAN PENANGKARAN (Foto: didisadili.blogspot.com)

Adapun cucakrowo mulai dikembangbiakan setelah berumur dua tahun. Setiap bulan burung ini akan bertelur. Dari bentuk telurnya saja bisa diprediksi apakan telur ini berisi embrio jantan atau betina. Biasanya telur yang berbentuk lonjong diprediksi akan menghasilkan anakan jantan. Jika bentuknya hampir bulat, kemungkinan besar betina.

Harga indukan cucakrowo ini cukup mahal, sekitar Rp 20 juta/pasang. Bakalan yang berusia 6 bulan saja harganya sekitar Rp 6 juta.

Ring BnR

RING BnR (Foto: didisadili.blogspot.com)

Kandang penangkaran lovebird juga menarik perhatian para pengunjung. Beberapa SMK di Bogor dan sekitarnya kerap melakukan studi wisata ke tempat ini. Apakah Om dan Tante juga ingin mampir ke Penangkaran Burung BnR? Yuk, mari….

Salam sukses kicaumania, salam sukses dari Om Kicau. (*)

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

14 pemikiran pada “Jalan-jalan ke penangkaran burung Yayasan BnR

    • Untuk informasi lengkap, coba Om kontak agen produk Om Kicau di Bandung:
      Bintang Matahari Bird Farm (Bp. Dindin Haryana/ Ibu Dewi Rahmawati), Jl. Sawah Baru No. 61 Babakan Baru, RT 02 RW 08 Kelurahan Sukapada, Bandung, Telp. 0818639117;

  1. wahhh…
    kula kinten om Duto yang liputan kesini…
    ketegelen kalau ngak mampir… meski belum pernah nengok, tapi lokasinya ngak jauh nih dari kontrakan di bogor… hehehe…

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s