Lagi-lagi kacer mbagong

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Banyak teman yang bertanya mengenai mengapa kacer mereka mbagong (nguda laut) atau berbunyi ciirrr…cirrr…sembari menekuk kepala dan memekarkan bulu.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Pertanyaan itu pernah disampaikan teman kita juga di blog ini:

“Mas,mau tanya lagi dong.. saya baru dapat kacer Jawa Barat , Suara tebel abis,bikin  kuping pengeng. Sering saya umbar. Pagi2 pas saya keluar kan berbarengan dgn AK , kacer langsung ngebagong. Aapakah kacer saya takut pada Anis Kembang? AK-nya memang sudah ngeplong dan ngerol..bagaimana cara menghilangkan ngebagong kacer tersebut?

Jawab saya waktu itu adalah:

Bisa jadi kacer Om mbagong karena ketemu AK. Hanya saja barangkali bukan itu penyebab mutlaknya. Sebab pada dasarnya kacer mbagong atau tidak, itu sangat kondisional.

Sebelum saya tunjukkan mengenai tempat saya pernah membicarakan soal kacer mbagong, saya ingin mengomentari mengenai umbaran untuk kacer…. Selama ini saya masih punya keyakinan berdasar pengalaman bahwa umbaran itu tidak bagus untuk burung lomba. Hanya saja, bila memamg sudah menjadi kebiasaan burung Anda,dan terbukti bagus, silakan dilanjutkan.

Kacer Brandon
Kacer Brandon meraih double winner dalam kontes P23B Ngebong Boyolali.

Soal kacer mbagong, memang rata2 kacer so pasti mbagong. Hanya saja munculnya karakter itu antara satu kacer dengan yang lainnjya berbeda-beda. Hal itu juga dipengaruhi oleh kondisi fisik dan mental kacer pada saat itu.

Rata-rata kacer yang jawara pun pernah mbagong. Jadi, harus ada semacam catatan pada kacer kita, dalam kondisi apa dan penyebab apa kacer itu biasanya mbagong dan dalam kondisi seperti yang tidak mbagong jika ketemua kacer lain. Dengan mengetahui itu, kita bisa menekan semaksimal mungkin agar kacer tidak mbagong kalau ditarungkan.

Dalam persoalan mbagong dan tidak mbagong ini, bahkan saya berani mengatakan bahwa “tidak ada kacer yang tidak pernah mbagong”.

Saya sangat setuju dengan tulisan rekan LinduAji di forum kicaumania. Dia menulis seperti ini:

1. Kebanyakan kacer PASTI bagong dan itu tidak dapat dipungkiri karena itu bawaan dari alamnya. Saya berani jamin dah burung-burung kacer yang bagus-bagus di lapangan lomba sepintas memang tidak bagong tapi coba dilihat sehari-harinya mesti dia akan sempat bagong cuman yang terpenting adalah perawatan dan penguncian di lapangan yang harus ekstra ketat.

2. Burung Kacer bagong ada berbagai penyebabnya:
a. Segi bawaan: ada burung memang dari segi bawaan dia sudah sering bagong jadi dari segi ini burung sudah tidak harapan untuk dibuat lomba atau untuk dipoles lagi karena akan menuai hasil yang tidak bagus. Sarannya jual saja ke pasar.
b. Segi perawatan: dari segi ini apakah kita sudah benar dalam hal perawatannya, misalnya mandi, jemur plus ekstra foodingnya. Kebanyakan kacer bagong karena dari segi perawatannya memang sudah salah. Kacer itu burung yang suka panas maka pemberian pakan seperti kroto itu sedikit saja atau kalau tidak sekali selang waktu dua hari; itu bertujuan meredam hawa birahi yang berlebihan karena sifat dari burung kacer adalah fighter, sehingga diharapkan dalam pemberian kroto selang dua hari ini agar burung tetap fit di lapangan alias tidak gembos di tengah jalan. Saran saya, burung kacer itu lebih baiknya difooding jangkrik saja sekitar 10 sampai 20 sehari karena di dalam tubuh jangkrik itu bersifat dingin dan lebih berpotensi untuk menjerihkan suara plus power.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kacer Bodrek
Kacer Bodrek, gaco lawas milik H Mahfud yang terus berprestasi.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Dapat dibuktikan burung (dalam hal ini kacer) yang kebanyakan ekstra kroto sama jangkrik itu dapat kita lihat jelas sekali perbedaannya. Burung kroto pasti terlalu birahi dan kebanyakan bagong kalo burung jangkrik mesti powernya dahsyat dan burung diam di plangkringan alias anteng tapi kerja dan tidak gembos.

Masalah mandi cukup sehari sekali karena kalau burung kebanyak mandi seperti kacer akan mengundang birahi bagongnya karena si burung akan sering “didis” (merawat bulunya) sewaktu kita jemur.

Kacer Pringgondani
Kacer Pringgondani

Penjemuran untuk kacer itu relatif tergantung burungnya. Kalau burung bakalan mau kita jemur lama sih tidak apa-apa karena bertujuaan untuk pembentukan badan dan melatih nafas agar tidak mudah terserang penyakit. Kalau burung jadi, maksimal penjemuran sekitar tiga jam itu sudah sangat cukup, dengan alasan burung jadi itu tidak perlu lama-lama dijemur karena nanti kalau pas di lapangan akan cepat habis tenaganya alias gembos tengah jalan. Makanya kita banyak-banyak kerodong dia agar banyak istirahat. Supaya nantinya fit di lapangan.

Nah begitulah tulisan Om Lindu Aji.

Sekadar tambahan referensi, untuk kacer yang kebanyakan bagong, Anda bisa melakukan terapi mandi pasir. Apa dan bagaimana mandi pasir, bisa dilihat dalam tulisan: Mandi pasir untuk burung, fungsi dan kegunaannya.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

9 Comments

  1. mas,sy mau nanya seekor kacer yg pernah berprestasi,tp skr hanya bisa diadu 10-15 menit lalu bagong,sy sudah menuruti cara memeliharanya sesuai dgn pemilik yg lama tp hasilnya sama.ciri2 burung ini daya tempurnya sgt tinggi,dgn extrafooding yg sgt rendah yaitu jangkrik 1 ekor tanpa kroto.1.gimana mas caranya utk meredam daya tempurnya yg tinggi menjadi agak slow dan bisa tempur dgn durasi lomba yg ukurannya 30 menit.mas sy sangat berharap bisa memberikan solusi,krn hampir smua cara sdh sy lakukan.trimakasih sebelumnya.

  2. mas,saya mau nanya?saya punya seekor kacer dgn materi yg sgt cukup.kacerku ini dy tempurnya sgt dasyat sehingga membuatnya menjadi bagong setelah berlaga di lapangan 10-15 menit,yg menjadi masalah dulunya dia burung juara.sy sdh mengikuti smua perawatan yg dilakukan perawat asal dan apa yg di tuliskan mas di atas.gimana membuat kacer ini supaya tdk ganas waktu bunyi dikontes,sy sudah mengurangi extrafootding dgn satu jangkrik tanpa kroto.

  3. OM sy punya kacer materi suara banyak. dulu saya adu dengan punya temen tdk bagong, tp setelah saya adu untuk yang kedua malah bagong. kacer sy udah tua, en tiap hari sy kasih jangkrik 5 untk pagi hri n 2 untuk sore hri. kroto seminggu 2 kali. biar saat di adu tidak bagong gmn crnya om. . .? n klo dah bagong cara nyembuhinnya biar g bagong saat di adu lg gmn om…? terima kasih. . .

  4. mas duto saya tanya kacer saya klu pas kontes kok bulunya pada berdiri semua seperti ketakutan gitu. saya mohon pencerahannya mas.

Komentar ditutup.