Sepasang burung nuri kepala hitam itu akhirnya beranak…

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Akhirnya, sepasang burung nuri kepala hitam di kadang penangkaran ala kadarnya di rumah saya, punya keturunan. Si betina bertelur 2 butir dan menetas semuanya. Telur pertama menetas 5 hari lalu, telur kedua 4 hari lalu. Benar-benar masih imut. Tetapi, waduh, si indukan jadi galak-galak yang ditunjukkan sejak si betina bertelur.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Ya, itulah cerita lanjutan dari artikel yang pernah saya tulis berjudul “Sepasang nuri itu semakin ceriwis dan mesra saja“.

Saat itu foto yang saya sertakan antara lain adalah di bawah ini:

Sepasang nuri kepala hitam
Sepasang nuri kepala hitam

Si betina memang menjadi sangat galak. Setiap saya mendekatkan lensa kamera untuk memngambil video atau foto, selalu saja si induk betina menghalang-halangi lensa kamera karena merasa asing dengan benda itu dan tentu juga curiga jangan-jangan membahayakan anak-anaknya. Video dan foto bisa terambil setelah burung digoda-goda dengan tangan dan melupakan sejenak gerak kamera.

Karena indukan menjadi galak itu pula, sampai-sampai yang merawat burung saya di rumah menjadi takut untuk masuk kandang. Sebab si burung langsung nglabrak. Kalau ditepis khawatir burung sakit, kalau dibiarkan tentu saja tubuh robek-robek dicakar dan dipatuki si nuri kepala hitam.

Bertelur dan mengeram di tanah

Meski saya sudah menyediakan glodok (kotak kayu) untuk pasangan nuri ini, tetapi keduanya enggan menempatinya. Sejak saya pasang golodok itu sampai sekarang, saya belum pernah melihat entah si jantan atau betina berada di dalamnya. Oleh karena itu saya pernah khawatir apakah mungkin mereka bakal beranak-pinak kalau masuk glodok saja tidak mau.

Ketika saya memikirkan untuk kemungkinan mengganti glodok, eh saya diberitahu anak kandang bahwa nuri sudah bertelur. Dalam dua hari, bertelur dua butir. Dan saya sudah memutuskan untuk mengganti glodok karena saya tidak yakin si betina mau mengerami telur-telur yang berada di dasar kandang.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Dua anak nuri Irian kepala hitam berada di sarang di dasar kandang
Dua anak nuri Irian kepala hitam berada di sarang di dasar kandang

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Anak burung nuri irian kepala hitam
Anak burung nuri irian kepala hitam

Tunggu punya tunggu, si betina kok terlihat sangat rajin mengerami telur. Dan akhirnya saya putuskan membiarkan saja sambil berdoa semoga telur menetas. Eh betul, ternyata beberapa hari lalu kedua telur menetas dan cerita ini pun saya tulis.

Lihat videonya di bawah ini:

Atau bisa dilihat pada tautan youtube ini: http://youtu.be/Dr-C5aw88aI

Kedua burung ini sehari-hari saya beri makan jagung manis, pepaya dan beberapa jenis buah lain. Selama sekitar 10 hari  sebelum menelur dulu, pada pepaya atau buah selalu saya taburi BirdMineral dan disusul dengan pemberian BirdMature serbuk selama 5 hari yang juga saya tabur di buah. Alhamdulillah…. burung menjadi sehat, kawin, bertelur dan menetas. Padahal itu adalah dua telur pertama kedua pasangan itu dan selama ini banyak telur-telur pertama burung muda tidak menetas karena biasanya tidak bisa dibuahi dengan sempurna oleh pejantan.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

30 Comments

  1. Maaf saya mw tanya nih, udh bbrapa wkt ni punya butung nuri alhamdulillah jinak dan gampang bgt diajak interaksi… mah agk bingung sma jns klamisnua, kalo dr ciri yg dsebutin sih 1 jntan 1 btina, sbelumnya pisah kandang dan say coba satiin tp ga sampe 1 hati msh takut brantem maklum nlm tau pdkt mreka ni ky apa, hari nidicoba lg 1 kandng samp bsk kadang akurr kdg ky brantem nih, mw tanya dlu spadanb burung nurinya langsung akur atau kadg ky brantem? Butuh infonya bgt nih.. makasih bgt

  2. saya pernah punya nuri kpl htm 2 ekor, karena keteledoran jadi mati. sekarang sy pingn punya lagi. untuk membedakan jantan dan betina gimana ya om? trims banyak om.

  3. om2 ada yang mau jual betinanya ndak?, saya ada jantannya udah lama jomblo minta pasangan. klu udah ada tolong diinfo ya. tks.

  4. saya ada sepasang, sudah jinak, tapi dari ternate. posisi saya di gorontalo. bingung mau bawanya ke jawa. sebenarnya ngelatih biar jinak dan pinter ngomong gampang koq. sueerrr…….ada makanan dan minuman yg dia suka. hmmm….kasih tau nggaaa yaaah…..

  5. ada info yg punya nuri jantan ngga, saya ada betina yg sedang produktif bertelur kasian ngga ada pejantan umur sdh kurang lebih 15 th

    • saya punya, kayaknya jenis kelamin jantan (soalnya udah nanya ke pakar burung di k**k*s), ada fotonya, kalau minat bisa minta ke herja_0202@yahoo.com. saya posisi di jakarta utara dekat itc cempaka mas dan AHM motor.

  6. Menurut orang2, Kalo yg jantan badannya agak langsing sedangkan yg betina badannya agak bulat…. menurut om, gimana nih????

  7. om, saya punya nuri cow, tapi paruhnya warna agak kemerahan,
    nah saya yakin itu kelamin jantan, tapi masih ragu,
    saya bisa cari burung nuri kepala hitam di mana ya ??
    pengen cari nuri betina, kemarin jln2 di depok gak dapet e

  8. Ajib neh om duto….selamat y om atas netas ny 2telur nuri irian kepala hitam ny…semoga bs tumbuh sehat sampai dewasa nt…
    (Y)

Komentar ditutup.