Video perawatan harian dan setelan lomba lovebird Sri Ratu

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Solo kini menjadi salah satu penyuplai lovebird-lovebird juara, terutama ke beberapa pemain di Ibu Kota. Beberapa pengorbit lovebird jawara asal Solo yang sedang menjadi buah bibir adalah Itok LB Shop, Andi GBU, Benny Luwes, dan Eko Jangkrik (CKM Sukoharjo).

Eko Jangkrik dan lovebird Sri Ratu
Om Eko Jangkrik dan lovebird Sri Ratu.

Kali ini Om Kicau ingin menampilkan Eko Jangkrik, pengorbit lovebird Sri Ratu yang meroket prestasinya di Blok Tengah, bahkan beberapa kali masuk daftar juara dalam even besar di Jakarta. Ada dua video terkait perawatan harian dan setelan lomba lovebird Sri Ratu.

Sri Ratu merupakan jagoan paling gress yang diorbitkan Om Eko. Sebelumnya, dia juga mengorbitkan sejumlah lovebird yang biasa meraih juara 1 di kawasan Solo Raya.

Prestasi terakhir Sri Ratu adalah menjadi juara 1 dan 2 dalam even IKPBS Special Open,Sabtu tanggal 28 Juni 2014, yang dipenuhi peserta.

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

Khusus untuk sobat pembaca omkicau.com, Om Eko rela berbagi tips perawatan harian dan setelan lomba lovebird Sri Ratu. Agar pemahaman makin mudah, Om Kicau sengaja merekamnya dalam dua video.

Perawatan harian lovebird Sri Ratu

(Download video di sini)

Perawatan harian lovebird Sri Ratu sebenarnya bisa dikatakan standar. Boleh jadi, sebagian lovebird lovers juga menerapkan cara yang sama.

Di rumah, Sri Ratu dimandikan setiap hari, dengan jadwal rutin setiap pagi pukul 07.00. Mandinya dengan cara disemprot.

Sebelum disemprot, tentu tebok dilepas dan dibersihkan dulu. Jadi saat disemprot tinggal “rangka” sangkar saja.

Setelah itu, burung disemprot. Selesai mandi semprot, sangkar dikeringkan dengan bantuan kanebo. Selanjutnya,tebok dipasang lagi, kemudian burung dijemur sekitar dua jam.

“Saya biasa menjemur Sri Ratu tidak berdekatan dengan lovebird lain, tetapi kalau burung lain boleh,” kata Om Eko.

Pakan harian lovebird Sri Ratu hanya berupa milet putih. Kalau mau dilombakan, sejak Kamis hingga Sabtu diberi menu tambahan beripa kangkung, jagung, dan multivitamin.

Selain itu, pakannya juga diganti dari pakan harian menjadi pakan lomba. Pakan lomba terdiri atas campuran beberapa bijian, yang diberikan mulai Jumat, dengan tetap melihat kondisi burung.

Setelan lovebird Sri Ratu jelang lomba

Lihat dulu video berikut ini:

(Download video di sini)

Video di atas diambil beberapa menit sebelum lovebird Sri Ratu digantang dalam even IKPPB Special Open di Solo, 28 Juni lalu, di mana gaco ini menjadi juara 1 dan 2.

Dalam video itu dapat dilihat, Sri Ratu tidak membutuhkan mandi menjelang digantang. Jadi burung cukup dijemur selama 15 menit agar tubuhnya lebih hangat. Ini menjadi prasyarat agar tubuhnya fit dan bisa bersuara lebih rajin dan kencang.

Setelah dijemur selama 15 menit, burung dianginkan sejenak sekitar 5 menit. Setelah itu sangkarnya langsung dikerodong, sambil menunggu pengumuman panitia agar peserta segera menggantang burungnya.

Sayangnya, seperti terekam dalam video, lomba yang awalnya didesain tanpa teriak, pada praktiknya tidak bisa konsisten hingga akhir.

Bahkan saat Sri Ratu dan musuh-musuhnya berlomba, yang justru dominan adalah suara teriakan pemilik dan joki burung. Jadi, aksi Sri Ratu bisa terlihat, tapi suaranya nyaris tertutup teriakan penonton.

Lovebird Sri Ratu
Aksi lovebird Sri Ratu dalam even IKPBS Special Open Solo, 28 Juni 2014.

Tapi tidak apa-apa, yang penting gambaran mengenai setelan sederhana lovebird Sri Ratu menjelang lomba sudah bisa Anda simak dengan baik.

Gaco lain koleksi Om Eko

Sebelum nama Sri Ratu mengorbit, Om Eko sudah pernah memiliki sejumlah gaco yang tak kalah oke tampilannya. Nama-namanya antara lain Apollo, Monster, Dewa-Dewi, Marcopolo, dan sebagainya. Semuanya langganan juara di kawasan Solo Raya.

Lovebird Apollo
Lovebird Apollo
Lovebird Monster
Lovebird Monster

Sampai sekarang burung-burung masih ada di rumah Om Eko. “Ya,sudah pensiun dari lomba, karena saya jadikan indukan trah juara di kandang penangkaran,“ jelasnya.

Tidak mengherankan, apabila sebagian besar produk lovebird dengan ring kode CKM juga moncer di lapangan, karena semua induknya pernah jadi juara lomba. Anakan dari kandang Om Eko juga sudah tersebar ke barbagai daerah.

Lovebird Marcopolo
Lovebird Marcopolo
Lovebird Dewa-Dewi
Lovebird Dewa-Dewi

Itulah sekilas mengenai Om Eko Jangkrik dan burung-burung koleksinya. Dia bukan hanya penangkar lovebird, tetapi juga pengorbit lovebird jawara, alias jago mengenali karakter dan mencari setelan lomba untuk lovebird. (Waca)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.