Manfaat penjemuran burung di pagi hari

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Sebagai penggemar burung kicauan, Anda pasti sering memandikan dan menjemur burung. Mungkin ada sebagian kicaumania yang melakukan ini karena memperoleh tips dari rekannya yang lebih berpengalaman, atau memperoleh informasi dari buku atau media online. Ketika ditanya, apa sih sebenarnya manfaat penjemuran burung di pagi hari, sebagian kicaumania menjawab untuk mengeringkan bulu-bulu burung yang basah sehabis mandi. Ada juga yang menjawab agar suaranya lebih kencang dan lebih rajin bunyi. Nah, siapa di antara pembaca yang memiliki jawaban yang sama ?

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Pagi hari adalah waktu yang tepat menjemur burung
Pagi hari waktu yang tepat menjemur burung

Memang, penjemuran di pagi haru secara tidak langsung bisa membuat burung lebih rajin berkicau. Sebab penjemuran akan mempengaruhi birahi burung. Tetapi, selain jawaban di atas, sebenarnya banyak sekali manfaat penjemuran, apalagi jika dilakukan pada waktu yang tepat (sebelum pukul 10.00).

Selain pemilihan waktu, durasi penjemuran juga mesti diperhatikan. Durasi penjemuran berbeda-beda menurut jenis burungnya. Untuk beberapa burung yang biasa dilombakan, Anda bisa melihat durasi penjemuran yang ideal dengan memencet Halaman Burung pada menu bar di bagian atas website omkicau.com, kemudian pilih jenis burung. Setelah halaman terbuka, silakan cari bagian Perawatan Harian.

Penjemuran yang terlalu pendek kurang memberikan efek nyata untuk mempertahankan atau meningkatkan kegacoran burung. Sebaliknya, penjemuran yang berlebihan juga bisa berakibat kurang baik, misalnya burung menjadi mudah stres, bahkan dalam beberapa kasus sampai menimbulkan kematian akibat kepanasan.  Selain itu, penjemuran yang terlalu lama bisa menimbulkan heat stress dan heat stroke yang akan membuat burung macet bunyi dalam waktu lama.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burung senang berjemur pada pagi hari
Di alam liar pun, burung senang berjemur pada pagi hari.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Saya tidak akan menjelaskan mengenai tips menjemur burung, karena sudah pernah dijelaskan secara detail di sini.

Artikel kali ini hanya membahas beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh dari penjemuran burung pada pagi hari. Berikut ini beberapa manfaat penjemuran burung di pagi hari :

  • Sinar matahari pada pagi hari mengandung infra merah yang bermanfaat untuk pembentukan hormon testosteon bagi burung jantan, serta hormon estrogen dan progesteron pada burung betina. Ketiga hormon ini memegang kendali penting terhadap rangsangan birahi (juga organ reproduksi) yang membuat burung menjadi lebih rajin berkicau.
  • Sinar matahari pagi juga banyak mengandung ultraviolet yang bisa mengekstrak pro-vitamin D yang ada di dalam tubuh burung menjadi vitamin D3 yang sangat bermanfaat dan berpengaruh terhadap struktur tulang, daya tahan, dan beberapa organ penting lainnya.
  • Sinar matahari pagi bisa mengoptimalkan metabolisme dalam tubuh burung, sehingga proses penyerapan sari makanan dan pendistribusian sari makanan pun menjadi lebih tepat dan lebih efisien.
  • Sinar matahari pagi bisa membunuh hampir 85% virus penyebab penyakit pada burung.
  • Sinar matahari pagi hari juga bisa membunuh bibit jamur maupun jamur yang bersarang di lantai sangkar, jeruji, ataupun ornamen sangkar lainnya.
  • Sinar matahari pagi sangat bermanfaat dalam melepaskan kutu-kutu yang menempel pada permukaan kulit dan bulu-bulu burung
  • Sinar matahari pagi merupakan kebutuhan dasar biologis bagi burung. Jadi, penjemuran juga memiliki dampak yang besar terhadap perkembangan psikologis burung. Semua burung pasti akan merasa senang jika dijemur setiap hari, terlebih pada pagi hari sewaktu matahari baru terbit.

Itulah beberapa manfaat penjemuran burung di pagi hari.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

4 Comments

  1. maaf om sdkit nanya’ ane pnya’ cndet trotol klo d dket.a da org psti salto n d krdong jga salto mslh.a salto.a tuh gk kyak cndet bysa.a kpla.a yg d jtuhin solusi.a gmna om ??
    tmbhn bnjolan d ats dahi brung tu knpa n obat.a gmna?
    Thx

Komentar ditutup.