Rawatan simpel MB Sasuke milik Om Gun Jambi

Kicaumania Jambi memiliki reputasi tersendiri dalam berbagai lomba burung berkicau tingkat nasional. Salah satu faktor pendukungnya adalah banyak even latber dan lomba yang digelar, dan sering diikuti para pemain papan atas yang berbaur dengan pemain arus bawah. Ya, burung pun makin terlatih berada dalam suasana kompetitif. Salah satunya adalah murai batu Sasuke milik Om Gunawan Jambi, yang moncer dalam even Tungkal Cup, Jambi, Minggu (23/6) lalu.

Om Gunawan Jambi
Om Gunawan (kanan) bersama perawat dan murai batu Sasuke.

Om Gun, panggilan akrab Gunawan, adalah seorang polisi yang bertugas di Polresta Jambi. Hari-hari dilakoninya untuk menjadi pengayom, serta menjaga ketenteraman dan ketertiban dalam masyarakat.

Ketika ada waktu senggang, Om Gun biasanya meluangkan waktu untuk menyalurkan hobinya, yaitu merawat burung-burung piaraannya di rumah. Beberapa burung yang dikoleksinya antara lain murai batu dan lovebird.

Kalau hari libur, dan sedang tidak dinas, dia sering mengajak putranya dan burung andalannya, murai batu Sasuke, untuk mengikuti lomba. Terakhir, Om Gun hadir dalam even Tungkal Cup di Jambi, Minggu (23/6) lalu. Hasilnya, Sasuke tampil sebagai runner-up di Kelas Bintang.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

“Ya, sekadar refreshing saja, sambil kumpul-kumpul sama sesama kicaumania yang ada di Jambi dan sekitarnya. Soal menang atau kalah itu biasa,” ujar Om Gun merendah.

Om Gunawan
Om Gun bersama MB Sasuke, LB Abal-abal, dan hadiah yang terimanya di Tungkal Cup.

Padahal, berdasarkan catatan Om Kelana Lana yang melaporkannya untuk omkicau.com, murai batu Sasuke termasuk burung jawara. Performa suaranya bagus, volume tembus, dan kerjanya selalu prima sejak awal hingga akhir lomba.

Sasuke sudah beberapa kali menjuarai lomba, antara lain juara 1 di Sakti Cup Jambi, beberapa waktu yang lalu. Yang menarik adalah perawatan Sasuke cukup simpel.

Biasanya, untuk perawatan harian, seekor murai batu rata-rata diberi jangkrik 4 ekor pagi dan 2 ekor sore hari (bahkan ada yang porsinya lebih dari itu). Sedangkan menjelang lomba, porsinya dinaikkan menjadi 5-4 atau 5-5. bahkan ada juga yang memberikan jangkrik hingga 30 ekor per hari menjelang lomba.

Tetapi tidak demikian dengan Sasuke. Mungkin karena burung ini dari sononya sudah memiliki birahi optimal, fighter sejati, Om Gun sehari-hari hanya memberikan seekor jangkrik pada pagi hari, ditambah kroto secukupnya. Sore hari hanya diberi voer.

Hanya dengan rawatan simpel seperti itulah, Sasuke selalu moncer di berbagai even. ”Sekitar dua jam sebelum lomba, biasanya saya gelontor dengan tiga ekor jangkrik. Kalau turun lagi di sesi berikutnya, ya diberi lagi jangkrik,” kata Om Gun.

Setiap hari, karena sering ditinggal dinas, Sasuke dimasukkan dalam kandang umbaran setelah mandi pagi hingga sore. Baru pada sore hari, burung dipindah ke sangkar harian dan di simpan di dalam rumah.

Metode perawatan sederhana seperti ini tentu tidak selalu bisa diterapkan kepada murai batu. Tetapi bagi Anda yang memiliki murai batu yang mudah over birahi (OB), dan sering tidak mau tampil di lapangan, tips ini boleh dicoba.

Om Gunawan Jambi
Gunawan Jr selalu mengawal ayahnya di setiap even.

Selain murai batu Sasuke, Om Gun juga memiliki lovebird jawara bernama Abal-abal. Pada even  Tungkal Cup, Abal-abal juga mampu finish di urutan kedua alias menjadi runner-up. Padahal LB yang satu ini baru saja dipindahkan dari kandang penangkaran.

Om Gun juga memiliki satu hobi lagi, yaitu menembak. Sebagai anggota Persatuan Olahraga Menembak Indonesia (Perbakin), dia beberapa kali mengikuti kejuaraan menembak. Tak mau kalah dari Sasuke dan Abal-abal, Om Gun juga beberapa kali tampil sebagai juara menembak.

Sukses terus, Om Gun !!!

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

  1. mantabbb om …..berati pecinta burung di jagad raya ini tidak mengenal profesi baik itu tingkat atas maupun bawah mereka semua senang dgn kicauan burung2 yg dpt menghilangkan stres setelah seharian bekerja…

Komentar ditutup.