Deteksi gangguan pernafasan pada burung

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

AIR SAC MITES
( Tungau kantung udara )

Tungau kantung udara sering menyerang pada burung jenis finch, parkit, dan cockatiel / palek. Meski demikian, hampir semua jenis burung juga bisa terserang penyakit ini.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kalau tidak diobati, burung akan mengalami kematian, karena tungau terus berkembang biak dalam kantung udara, sehingga menyumbat aliran udara yang masuk dan keluar di organ pernafasan yang lainnya. Akibatnya, burung mati karena lemas (pertukaran udara mandek total).

Dalam beberapa hal, Om Kicau menduga inilah penyebab kematian Natalia, yang bertahan selama 1 bulan akibat infeksi tungau kantung udara. Sebab, untuk beberapa penyakit pernafasan lainnya, ada tiga kemungkinan yang terjadi. Pertama, burung bisa sembuh, entah berapa waktu lamanya. Kedua, burung mati dalam waktu 1 – 2 minggu. Ketiga, burung tetap sakit namun bisa bertahan lebih dari 1 bulan sebagai penyakit kronis (proses kematiannya lambat).

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Gejala klinis:

Gejala klinis burung yang terserang tungau kantung udara bisa dibedakan dalam dua kategori, yaitu gejala ringan dan gejala berat. Jika masih pada tahap awal, gejala yang muncul cenderung ringan. Sebaliknya, jika tungau ini sudah lama merongrong kantung udara, maka gejalanya menjadi berat.

a. Gejala ringan :

  • Burung makin malas bunyi, dan lama-lama macet bunyi
  • Bulu terlihat kusam dan acak-acakan.
  • Burung sering menggaruk-garuk tubuhnya, atau mencabuti bulunya.
  • Burung mulai kurang aktif alias lesu.

b. Gejala berat :

  • Burung sering bersin dan batuk
  • Hidung basah
  • Sesak nafas, paruh sering terbuka
  • Nafas serak atau ngorok
  • Ekor sering naik-turun
  • Burung makin bertambah lesu
  • Bobot badan menurun

Dalam beberapa kasus, tungau kantung udara bisa dilihat dengan mata telanjang, atau ada juga yang sama sekali tak bisa dilihat karena ukurannya sangat kecil.

Penularan penyakit

Tungau kantung udara bisa ditularkan melalui kontak antara burung yang terinfeksi dan burung sehat. Hal ini terutama saat burung terinfeksi batuk dan bersin, dan mengeluarkan semacam cairan yang kemudian akan menginfeksi burung sehat. Air minum yang tercemar, misalnya habis diminum burung terinfeksi, juga bisa menjadi sumber utama penularan penyakit ini.

Pengobatan:

Sebelum memberi obat, pastikan apakah burung benar-benar mengalami penyakit ini. Sebab ada beberapa persamaan gejala klinis dari penyakit pernafasan lainnya.

Beberapa petunjuk yang dapat Anda gunakan adalah burung mengalami gangguan pernafasan yang berbarengan dengan kondisi bulu yang acak-acakan, sering menggaruk, mematuki, atau mencabuti bulunya sendiri, serta bagian ekor sering naik-turun seperti menahan gatal. Macet bunyi, lesu, dan burung menjadi kurus juga bisa menjadi alat bantu lain dalam mendeteksi penyakit ini.

Seperti dijelaskan di atas, jika tak diobati, burung yang terinfeksi pasti akan mati. Untuk mengobati burung yang terkena air sac mites atau tungau kantung udara, gunakan obat yang mengandung ivermectin, misalnya BirdFresh.

Cara menggunakannya dengan dioleskan ke bagian tengkuk kiri-kanan pada burung yang terserang. Selain bisa menghilangkan air sac mites, produk ini juga akan menghilangkan serak dan gangguan pernafasan lainnya, sehingga burung bisa bernyanyi kembali.

Pemberian BirdFresh bisa dilakukan selama 3 – 4 hari berturut-turut. Biasanya tungau kantung udara akan mati dan terbuang melalui feces atau kotorannya. Jika belum sembuh, lakukan pengobatan tambahan selama 3 – 4 hari berturut-turut pula. Jika burung memang terkena tungau kantung udara, biasanya hanya 1 – 2 kali terapi sudah sembuh.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Pencegahan:

  • Untuk burung yang dipelihara secara koloni, dan kebetulan ada seekor burung dengan gejala klinis seperti terserang tungau kantung udara, maka harus segera diisolasi ke kandang lain (misalnya kandang karantina). Burung selanjutnya diobati sesuai dengan petunjuk sebelumnya.
  • Kandang koloni segera disucihamakan dengan menggunakan FreshAves. Semprotkan larutan FreshAves (5 gr serbuk dilarutkan dalam 1 liter) ke seluruh bagian kandang, juga ke tubuh burung-burung yang sehat. Jangan khawatir, produk ini sudah teruji aman untuk manusia maupun burung.
  • Semua wadah pakan dan wadah minum, termasuk tenggeran, juga perlu dibersihkan.
  • Untuk mencegah tungau kantung udara masuk ke kandang, biasakan menyemprot kandang / sangkar menggunakan desinfektan khusus burung (misalnya FreshAves) seminggu sekali.

Kembali ke halaman awal

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

23 Comments

  1. Salam kicau mania
    Om…sy punya murai bahan MU….makan semi poer and jangkrik rakus yang jadi masalah saya, kenapa bunyi trekkannya sama sekali tidak ada, mohon solusinya om…thnx.

  2. om….darurat ini butuh balasan cepet….heheh…MB pasamn 4grade punya ku ada lendir di tenggorokan membuat dia sering mangap-mngap.tapi di mata dan hidung tidak ada lendir..nafsu makan turun dan g bunyi lagi …..harap bantuan 911

  3. om mau tanya nih..,cucak ijoku kenapa ya napasnya bunyi ngorok padahal juga bunyi2 burungnya tapi volumenya gak mau keras..padahal paruhnya buka lebar..kadang2 megap2 tapi hidungnya kering gak ada tanda pilek..mohon solusinya om..makasih..

    • Kalau tidak bunyi, berarti tungau kantung udara. Tetapi karena masih bunyi, meski volume pelan, dan ada suara ngorok, berarti ada lendir yang mengering di saluran pernafasan.
      Untuk solusinya, mau tidak mau harus diobati. Silakan pakai merek apapun di pasaran. Kalau pakai produk Om Kicau, pilihannya Bird Twitter.
      Semoga membantu.

  4. Om.., saya mau tanya nih.. kebetulan saya menangkar murai batu dirumah, yang saya sesalkan/takutkan itu pada anakan trotol terkadang sakit seperti sesak nafas/nafas tersenggal-senggal ( Megap-megap ) bahasa kerennya.. ehehhehe.. sudah saya coba bermacam obat,, tapi tdk pernah satu pun yg berhasil selamat,. malah setelah saya obati malah mati… mungkin ada solusi atau rocomended obat buat trotol murai saya yg terjangkit penyakit tersebut.. oh ya, untuk kebersian kandang box penghangat trotol mesti saya bersihkan.. apa karena virus dari udara juga saya kuram paham. Mohon untuk di beri masukan ya om… atau saya harus pake obat” apa yg perlu saya pakai untuk berjaga jaga jika kemudian hari ada trotol seperti itu kmbli..

    Sebelumnya terima Kasih..

    salam . Wigi KM Mojokerto.
    085655300874

    • Kalau sampai tersengal-sengal, alias bukan sekadar serak, kemungkinan besar terserang tungau kantung udara (air sac mites). Kantung udara itu organ pernafasan sekunder yang mengelilingi paru-paru, jumlahnya bisa 6 pasang.
      Untuk mengobatinya, bisa diberikan BirdFresh, produk Om Kicau yang memang khusus mengatasi tungau kantung udara.
      Tetapi kalau hanya serak, tidak disertai tersengal-sengal, bisa diobati dengan BirdTwitter.
      Ya, begitulah Om, risiko bermain di barang bernyawa. Jangan patah semangat, semua penangkar besar dan sukses pasti juga pernah mengalaminya.
      Sukses selalu.

  5. om kenari saya suaranya serak, nafas megap2, paruh sering terbuka lebar.. sudah 2 bln lebih om. gmn cara nyembuhinnya om ?? mhn bantuannya om.. thanks..

  6. Sore om. Saya memiliki LB dengan kondisi kurang bersemangat/lesu. Bulu kurang rapi, bulu di sekitar hidung agak rontok, terus sering buka2 mulut seperti mau muntah dan kadang mengeluarkan suara. Apakah itu gejala terkena tungau kantung udara ya om? Mohon solusinya… Trimakasi sebelumnya.

  7. Om,murai saya kok tiba2 serak n hilang suara ya?sebelum serak,murai nya msh bunyi n nembak suara nya kenceng gt..hbs tu tiba2 serak n hilang suara..kira2 kenapa ya? N obat yg cocok utk tu apa ya?thanks om.

    • He.. he.., kalau BirdVit memang bukan obat, tetapi multivitamin untuk menjaga kondisi burung selalu fit.
      Kalau batuk-batuk saja, coba dikasih BirdTwitter. Batuk sebenarnya berasal dari lendir di trakea / tenggorokan, tetapi dalam bentuk kering. Kalau batuk dan bersin, berarti lendirnya basah.
      Semoga cepat sembuh.

  8. Om mau nanya,murai saya batuk2 selama 3 minggu lepas itu 3hari nggak mau makan dan akirnya senasip ma natalia,kira2 sakit apa om dan apa obatnya.dan sekrg tinggal betinanya.

  9. om mau tnya……..?? muraiku dirumah kok sebentar2 buka puruh knp ya…….sdh ku kasi BIRDVIT tp kok tetap……..

  10. Alangkah baiknya apabila saat itu Om Gun membawa jasad/bangkai MB “Natalia” ke Dokter hewan yaa OmKicau, untuk di Autopsi/diteliti demi mengetahui penyebab utama kematian MB “Natalia” apakah dikarenakan (Virus,Bakteri atau lainnya) sehingga hasilnya bisa menjadi bahan pelajaran dalam merawat atau mengatasi apabila gejala serupa menyerang.

    Wassalam,
    Salam Kenari Mania

    • Nah, silakan diperiksa dulu apakah ada gangguan lain di luar gangguan pernafasan. Kalau hanya spesifik nafas, silakan periksa gejalanya berdasarkan empat jenis penyakit yang khusus menyerang organ pernafasan.
      Kalau masih bingung, mohon kirim email ke redaksi@omkicau.com, kemudian jelaskan gejala yang muncul.
      He.. he.., meski kenari yang mati tidak hidup lagi, setidaknya ke depan kita bisa mengantisipasi jika terjadi kasus serupa.

Komentar ditutup.