Deteksi gangguan pernafasan pada burung

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

KORISA / INFECTIOUS CORYZA / SNOT

Infectious Coryza, atau sering disederhanakan menjadi korisa, atau lebih popular dengan istilah snot, disebabkan oleh bakteri Haemophilus paragallinarum / Avibacterium paragallinarum, yang termasuk bakteri gram negatif.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Gejala klinis :

  • Keluar lendir dari lubang hidung. Jadi, gejalanya mirip dengan CRD.
  • Matanya juga berair seperti menangis. Ini juga mirip dengan gejala CRD.
  • Burung susah bernafas, dan nafasnya berbunyi (ngorok). Gejala ini pun mirip CRD.
  • Lendir dari lubang hidung maupun mata awalnya agak encer, tetapi lama-lama kental serta berbau menyengat (seperti bau telur busuk). Pada CRD, lendir tidak berbau.
  • Muka bengkak, termasuk kelopak mata dan cere, yaitu perbatasan antara pangkal paruh atas dan kepala burung, tempat di mana sepasang lubang hidung berada. Gejala bengkak tak dijumpai pada CRD.

Jadi, ada beberapa kesamaan antara gejala klinis pada burung yang terserang korisa / snot dan CRD. Perbedaan yang sangat kentara adalah pada korisa / snot, lendir bisa lebih kental dan baunya sangat menyengat, serta bagian muka termasuk mata membengkak.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Kalau penyakit ini hanya disebabkan bakteri Haemophilus saja, maka gejala klinis yang terlihat hanya akan berlangsung dalam waktu singkat (7 – 10 hari). Tetapi jika ada komplikasi dengan CRD maupun penyakit pernafasan lainnya, penyakit korisa / snot akan menjadi kronis dan bisa berlangsung hingga berminggu-minggu.

Angka kematian (mortalitas) relatif rendah, tetapi angka kesakitan (mordibitas) tinggi, terutama jika burung dipelihara secara koloni.

Snot / korisa

Penularan penyakit:

Penyakit korisa / snot bisa menular melalui dua jalur, yaitu :

1. Jalur air minum

Dalam hal ini, air minum yang tercemar oleh lendir yang dikeluarkan burung sakit, lalu diminum oleh burung sehat. Akibatnya, burung sehat bisa terjangkit penyakit yang sama. Apalagi bakteri ini dapat tinggal hidup dalam air minum maupun peralatan (wadah pakan / minum) yang tidak bersih.

Jalur air minum merupakan sumber penularan utama penyakit koriza / snot. Hal ini sering dijumpai pada burung yang dipelihara secara koloni, terutama dalam penangkaran burung.

2. Jalur udara

Penularan melalui udara dapat terjadi dalam satu kandang, atau dari kandang yang satu ke kandang lainnya. Karena itu, burung yang dipelihara dalam sangkar pun bisa mengalami snot, serta bisa juga menularkan penyakit yang sama ke burung lain yang sangkarnya berdekatan dengan burung sakit.

Pengobatan :

Om Kicau sudah menyediakan produk khusus untuk mengatasi korisa / snot, yaitu StopSnot.

Pencegahan:

Korisa / snot sebenarnya mudah dicegah melalui tatalaksana pemeliharaan yang baik. Sebab penyakit ini umumnya muncul akibat kelalaian kita dalam menjaga tatalaksana tersebut.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam rangka pencegahan penyakit ini antara lain:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Jaga kebersihan kandang / sangkar, termasuk perlengkapannya (wadah pakan / air minum dan tenggeran). Kotoran jangan dibiarkan menumpuk di dasar kandang / sangkar. Setiap kali memberi pakan / air minum, maka wadah perlu dibersihkan dulu.
  • Biasakan seminggu sekali menyemprot kandang / sangkar dengan desinfektan khusus untuk burung, seperti FreshAves.
  • Jika menjumpai burung sakit, segera diisolasi ke tempat yang agak jauh dari burung lain. Ini berlaku untuk pemeliharaan burung dalam kandang koloni, maupun burung yang dipelihara dalam sangkar dan digantung berdekatan dengan sangkar burung lainnya.
  • Jika burung sudah sembuh, usahakan jangan dipelihara dalam satu kandang dengan burung lain, karena burung yang pernah terserang akan bersifat “carrier“.
  • Burung lomba yang terbebas dari snot masih bisa berprestasi. Tetapi, usahakan agar sangkar digantung jangan terlalu berdekatan dengan sangkar burung lain yang belum pernah terkena snot. Untuk pemasteran, dianjurkan menggunakan file audio mp3, atau merekam kicauan burung masteran milik Anda, untuk diperdengarkan kepada burung yang sudah sembuh dari snot.
  • Jika pernah terjadi kasus penyakit ini, kandang / sangkar wajib disemprot desinfektan khusus burung seperti FreshAves, dan dikosongkan dulu minimal selama 1 minggu.

Kembali ke halaman awal

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

23 Comments

  1. Salam kicau mania
    Om…sy punya murai bahan MU….makan semi poer and jangkrik rakus yang jadi masalah saya, kenapa bunyi trekkannya sama sekali tidak ada, mohon solusinya om…thnx.

  2. om….darurat ini butuh balasan cepet….heheh…MB pasamn 4grade punya ku ada lendir di tenggorokan membuat dia sering mangap-mngap.tapi di mata dan hidung tidak ada lendir..nafsu makan turun dan g bunyi lagi …..harap bantuan 911

  3. om mau tanya nih..,cucak ijoku kenapa ya napasnya bunyi ngorok padahal juga bunyi2 burungnya tapi volumenya gak mau keras..padahal paruhnya buka lebar..kadang2 megap2 tapi hidungnya kering gak ada tanda pilek..mohon solusinya om..makasih..

    • Kalau tidak bunyi, berarti tungau kantung udara. Tetapi karena masih bunyi, meski volume pelan, dan ada suara ngorok, berarti ada lendir yang mengering di saluran pernafasan.
      Untuk solusinya, mau tidak mau harus diobati. Silakan pakai merek apapun di pasaran. Kalau pakai produk Om Kicau, pilihannya Bird Twitter.
      Semoga membantu.

  4. Om.., saya mau tanya nih.. kebetulan saya menangkar murai batu dirumah, yang saya sesalkan/takutkan itu pada anakan trotol terkadang sakit seperti sesak nafas/nafas tersenggal-senggal ( Megap-megap ) bahasa kerennya.. ehehhehe.. sudah saya coba bermacam obat,, tapi tdk pernah satu pun yg berhasil selamat,. malah setelah saya obati malah mati… mungkin ada solusi atau rocomended obat buat trotol murai saya yg terjangkit penyakit tersebut.. oh ya, untuk kebersian kandang box penghangat trotol mesti saya bersihkan.. apa karena virus dari udara juga saya kuram paham. Mohon untuk di beri masukan ya om… atau saya harus pake obat” apa yg perlu saya pakai untuk berjaga jaga jika kemudian hari ada trotol seperti itu kmbli..

    Sebelumnya terima Kasih..

    salam . Wigi KM Mojokerto.
    085655300874

    • Kalau sampai tersengal-sengal, alias bukan sekadar serak, kemungkinan besar terserang tungau kantung udara (air sac mites). Kantung udara itu organ pernafasan sekunder yang mengelilingi paru-paru, jumlahnya bisa 6 pasang.
      Untuk mengobatinya, bisa diberikan BirdFresh, produk Om Kicau yang memang khusus mengatasi tungau kantung udara.
      Tetapi kalau hanya serak, tidak disertai tersengal-sengal, bisa diobati dengan BirdTwitter.
      Ya, begitulah Om, risiko bermain di barang bernyawa. Jangan patah semangat, semua penangkar besar dan sukses pasti juga pernah mengalaminya.
      Sukses selalu.

  5. om kenari saya suaranya serak, nafas megap2, paruh sering terbuka lebar.. sudah 2 bln lebih om. gmn cara nyembuhinnya om ?? mhn bantuannya om.. thanks..

  6. Sore om. Saya memiliki LB dengan kondisi kurang bersemangat/lesu. Bulu kurang rapi, bulu di sekitar hidung agak rontok, terus sering buka2 mulut seperti mau muntah dan kadang mengeluarkan suara. Apakah itu gejala terkena tungau kantung udara ya om? Mohon solusinya… Trimakasi sebelumnya.

  7. Om,murai saya kok tiba2 serak n hilang suara ya?sebelum serak,murai nya msh bunyi n nembak suara nya kenceng gt..hbs tu tiba2 serak n hilang suara..kira2 kenapa ya? N obat yg cocok utk tu apa ya?thanks om.

    • He.. he.., kalau BirdVit memang bukan obat, tetapi multivitamin untuk menjaga kondisi burung selalu fit.
      Kalau batuk-batuk saja, coba dikasih BirdTwitter. Batuk sebenarnya berasal dari lendir di trakea / tenggorokan, tetapi dalam bentuk kering. Kalau batuk dan bersin, berarti lendirnya basah.
      Semoga cepat sembuh.

  8. Om mau nanya,murai saya batuk2 selama 3 minggu lepas itu 3hari nggak mau makan dan akirnya senasip ma natalia,kira2 sakit apa om dan apa obatnya.dan sekrg tinggal betinanya.

  9. om mau tnya……..?? muraiku dirumah kok sebentar2 buka puruh knp ya…….sdh ku kasi BIRDVIT tp kok tetap……..

  10. Alangkah baiknya apabila saat itu Om Gun membawa jasad/bangkai MB “Natalia” ke Dokter hewan yaa OmKicau, untuk di Autopsi/diteliti demi mengetahui penyebab utama kematian MB “Natalia” apakah dikarenakan (Virus,Bakteri atau lainnya) sehingga hasilnya bisa menjadi bahan pelajaran dalam merawat atau mengatasi apabila gejala serupa menyerang.

    Wassalam,
    Salam Kenari Mania

    • Nah, silakan diperiksa dulu apakah ada gangguan lain di luar gangguan pernafasan. Kalau hanya spesifik nafas, silakan periksa gejalanya berdasarkan empat jenis penyakit yang khusus menyerang organ pernafasan.
      Kalau masih bingung, mohon kirim email ke redaksi@omkicau.com, kemudian jelaskan gejala yang muncul.
      He.. he.., meski kenari yang mati tidak hidup lagi, setidaknya ke depan kita bisa mengantisipasi jika terjadi kasus serupa.

Komentar ditutup.