Top Speed, serindit paling ngetop di Sumatera

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Mr Said BH, ketua Jambi Team, merasa senang atas keberhasilan timnya menjadi juara umum Liga Sumatera 2013 yang berakhir di Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Jambi, Minggu (1/12). Bukan hanya itu, serindit andalannya yang bernama Top Speed juga memborong dua gelar juara pertama. Prestasi tersebut makin mengukuhkan Top Speed sebagai serindit terbaik di Sumatera, langganan juara, dan sulit sekali dikalahkan lawan-lawannya. Apa kelebihan burung ini?

Serindit juara Top Speed
Top Speed, serindit paling ngetop di Sumatera saat ini.

—-

Menurut Mr Said BH, serindit Top Speed turut melambungkan namanya dalam kancah perburungan di Sumatera. Tentu saja bersama gaco-gaconya yang lain seperti kacer Tikus, yang dalam Seri 7 Liga Sumatera dua kali runner-up, lovebird Salju, dan beberapa burung andalannya yang lain.

Setiap berlomba, Top Speed sering melantunan lagu-lagunya yang kristal, sambil menari-nari ke kiri dan ke kanan. Terkadang, burung melompat ke depan, kemudian balik lagi ke belakang.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Nah, setiap melakukan gerakan-gerakan tersebut, Top Speed tak pernah berhenti bernyanyi. Ia akan terus bernyanyi, sejak awal digantang hingga akhir lomba. “Cececetannya juga renyah, dan enak didengar,” kata Om Said.

Top Speed bukan sekadar mendominasi Liga Sumatera 2013. Burung ini bahkan pernah menjuarai kontes internasional di Batam, 29 September lalu.

Berdasarkan catatan Om Kicau, sejak awal April hingga akhir tahun ini, Top Speed nyaris tak pernah berhenti berlomba. Bahkan dalam setiap even yang diikutinya, hampir semuanya bisa dimenanginya, atau setidaknya masuk dua besar.

Om Kicau mencatat, selama kurun waktu tersebut, Top Speed berhasil menjadi juara 1 sebanyak 24 kali, dan hanya tiga kali menjadi juara kedua / runner-up. Berikut ini sebagian prestasi serindit Top Speed.

EVEN TANGGAL PRESTASI
Samudra Cup, Sabak 7 April 2013 Juara 1
Sakti Cup II 9 Mei 2013 Juara 1
Simpatik Cup 12 Mei 2013 Juara 2
Cindau Come Back, Muara Bulian 19 Mei 2013 2x juara 1
Liga Sumatera#2, Musi rawas 21 April 2013 Juara 1
Kapolres Cup, Muara Bulian 9 Juni 2013 Juara 1
Andesta Kumpe 16 Juni 2013 Juara 1
Liga BnR Lampung Juara 2
Ramadhan Cup 28 Juli 2013 2x juara 1
Citra Raya City 30 Juni 2013 Juara 1
BM Cup II, Muara Bulian Juara 1
ILB Cup Sarolangun 1 Sept 2013 Juara 1
Liga Sumatera#5, Bangka 8 Sept 2013 Juara 2
Sabang Raya Motor 29 Sept 2013 2x juara 1
Bintang Seroja 15 Sept 2013 Juara 1
Batam Internasional 22 Sept 2013 Juara 1
Bintang Seroja 3 Okt 2013 Juara 1
K2SP Palembang 20 Okt 2013 2x juara 1
Selincah BC 24 Okt 2013 Juara 1
Kalapas Cup, Muara Bulian 27 Okt 2013 2x juara 1
Liga Sumatera#7, Muara Bulian 1 Des 2013 2x juara 1

—-

Menurut Om Said, burung serindit mempunyai lantunan suara yang bagus untuk memaster berbagai jenis burung kicauan, mulai dari murai batu, kacer, cucak hijau, cendet, dan sebagainya. Jika sedang tidak dilombakan, dia sesekali menggunakan Top Speed untuk memaster burung kicauan lainnya di rumah.

Banyak yang menjuluki serindit sebagai lovebird mini. Serindit memang salah satu anggota keluarga burung paruh bengkok. Namun, posturnya lebih kecil dan ramping daripada lovebird. Suaranya juga berbeda dari lovebird.

“Suaranya halus, panjang-panjang, mirip cililin, sehingga lebih mantap untuk dijadikan masteran. Harganya pun lebih murah daripada burung master lainnya. Harga serindit bahan di wilayah Jambi saat ini sekitar Rp 50.000 sampai Rp 100.000,” jelas Om Said.

Wah, murah sekali! Itu sebabnya, sebagian besar kicaumania di Sumatera juga mengoleksi serindit. Tidak mengherankan jika kelas serindit selalu diluberi peserta, bahkan panitia sering membuka kelas tambahan untuk mengakomodasi peserta yang tak kebagian tiket.

Said BH dan M Nazir
Mr Said BH (kiri) dan M Nazir: Ketua dan Wakil Ketua Jambi Team.

—-

“Serindit bahan memang murah. Tetapi kalau kita bisa memolesnya hingga menjadi juara latberan, harganya bisa melonjak drastis, sekita tiga hingga lima juta rupiah. Kalau juara lomba, apalagi even bisa, bisa mencapai sepuluh juta atau lebih,” tambah Om Said.

Di Indonesia, lomba serindit baru dikenal di Sumatera dan Kalimantan. Kebetulan kedua pulau ini, di samping Semenanjung Malaysia, menjadi habitat serindit melayu / blue-crowned hanging parrot (Loriculus galgulus).

Om Said berharap munculnya para penangkar serindit, agar burung ini juga bisa disebarkan ke Jawa, Bali, atau daerah lainnya, tanpa mengganggu populasinya di alam Sumatera dan Kalimantan. Setuju ! (Kelana Lana)

—-

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

Komentar ditutup.