Libur akhir tahun, PB Pramuka dipadati pengunjung

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Suasana libur akhir tahun (Natal dan Tahun Baru) membuat sebagian besar pedagang di Pasar Burung (PB) Pramuka di Jalan Raya Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, ikut kecipratan rezeki. Pasalnya, tingkat kunjungan masyarakat meningkat drastis. Setiap hari ribuan pecinta burung kicauan membanjijir PB Pramuka. Tidak heran apabila areal parkir penuh sesak. Jangankan mobil, parkir sepeda motor pun susah.

Pasar Burung Pramuka Jakarta
Suasana di Pasar Burung Pramuka Jakarta. (foto: jakartapost)

—-

Berdasarkan pantauan poskotanews.com, sebagian kicaumania bersama teman, bahkan tidak sedikit yang datang bersama anak-istri. Namun, ada juga yang datang sorangan wae.

“Mumpung lagi libur, saya bisa memantau kondisi burung lebih seksama, supaya tidak salah beli,” ujar Rukmana, warga Sunter, Jakarta Utara.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Dia dan puluhan pengunjung lainnya asyik memantau aneka burung kenari yang dibanderol dengan harga bervariasi, mulai dari Rp 200 ribu / ekor hingga jutaan rupiah. Suasana ini bisa dijumpai di hampir semua blok yang ada di pasar berlantai tiga ini.

“Jenis burung yang paling banyak pembelinya masih didominasi kenari, lovebird, murai batu, dan kacer,” kata Sadi, pedagang di lantai dasar.Selain membeli burung, sebagian pengunjung juga membeli sangkar dan aksesorisnya, pakan, dan obat-obatan.

Pasar Burung Pramuka Jakarta
Burung kenari laris-manis, termasuk kenari taiwan. (foto: detikcom)

—-

Tidak heran apabila libur akhir tahun ini menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang. “Pada hari biasa, omzet penjualan sekitar tiga juta hingga lima juta rupiah per hari. Tapi dalam libur akhir tahun, omzet harian bisa lebih dari sepuluh juta rupiah,” kata Johan, pedagang lovebird, kenari, dan jalak suren.

Omzet sebesar itu belum termasuk kalau ada pedagang dari luar daerah memborong puluhan bahkan ratusan ekor kenari. Sebagaimana Tanah Abang yang menjadi jujugan pedagang baju dari berbagai daerah, PB Pramuka juga menjadi ampiran para pedagang burung, khususnya di wilayah Jabodetabek.

Tidak hanya pedagang burung yang memperoleh berkah. Ny Asih, yang berjualan pakan serta sangkar dan aksesoris lainnya juga menangguk untung lumayan gede. “Biasanya bawa pulang uang sekitar tiga juta. Beberapa hari ini bisa mencapai belasan juta per hari,” kata Ny Asih.

—-

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

1 Comment

Komentar ditutup.