Wrentit: Perenjak Amerika bersuara mirip bunyi peluit

Wrentit (Chamaea fasciata) memang tak akan pernah bisa dijumpai di Indonesia, bahkan di belahan dunia lainnya, kecuali di Amerika Utara. Burung ini termasuk anggota keluarga Sylviidae yang dikenal sebagai burung pengicau kecil dan bersuara merdu. Jadi, wrentit masih sekeluarga dengan perenjak, cinenen, cici, cikrak, kecici, cicakoreng, ceret, serta tesia yang ada di Indonesia. Meski tidak mungkin bisa memeliharanya, Om Kicau menyediakan audio (dan video) kicayan wrentit, yang dapat dijadikan masteran alternatif untuk sebagian besar burung kicauan.

Burung wrentit
Burung wrentit (Chamaea fasciata), salah satu anggota keluarga Sylviidae.

—-

Selama ini, wrentit menjadi bahan perdebatan di kalangan ahli burung: apakah masuk dalam burung warbler atau wren. Berdasarkan taksonominya, spesies ini termasuk keluarga Sylviidae. Tetapi nama wrentit mengingatkan kita pada burung wren (keluarga Troglodytidae). Wrentit adalah satu-satunya spesies yang ada dalam genus Chamaea.

Secara fisik, burung ini tidaklah cantik. Panjang tubuh sekitar 14-15 cm, dengan bobot 13-16 gram. Warna bulu didominasi zaitun kusam, cokelat, atau keabu-abuan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Postur tubuhnya kurang proporsional, karena sayapnya pendek, namun ekornya cukup panjang, dan sering terangkat ke atas. Paruhnya juga pendek, sedangkan iris matanya pucat.

Berikut ini video burung wrentit di alam liar, yang bersumber dari ibc.lynxeds :

—- 

Lima ras dan wilayah persebaran

—-

Wrentit terdiri atas lima subspesies (ras) dengan wilayah persebaran sebagai berikut:

  • Chamaea fasciata phaea (Osgood, 1899) – wilayah barat AS, mulai dari Oregon Barat ke selatan, hingga sepanjang sabuk pantai-lembab di perbatasan California.
  • Chamaea fasciata margra (Browning, 1992): habitat di pedalaman selatan Oregon.
  • Chamaea fasciata rufula (Ridgway, 1903): habitat di pantai California Bararlaut, mulai dari selatan Oregon hingga San Francisco Bay.
  • Chamaea fasciata fasciata (Gambel, 1845): habitat di pesisir California Tengah, mulai dari barat Monterey County ke selatan menuju wilayah tengah San Luis Obispo County.
  • Chamaea fasciata henshawi (Ridgway, 1882):  habitat di pedalaman dan kawasan pesisir selatan California, hingga baratlaut Meksiko.

Habitat, perilaku, dan perkembangbiakan

Burung wrentit
Meski pakan utama serangga, wrentit juga menyukai buah.

—-

Wrentit  biasa mendiami kawasan hutan oak di wilayah pedalaman, semak belukar, serta kawasan pesisir barat Amerika Utara. Spesies ini dikenal sebagai burung penetap (non-migran). Makanannya berupa serangga, terutama kumbang, ulat, dan semut. Tetapi wrentit juga menyukai buah-buahan dan biji-bijian kecil.

Wrentit memiliki tingkat perkembangbiakan yang cepat. Biasanya burung-burung berumur 5 bulan sudah memiliki pasangan, kawin, dan bertelur.

Burung jantan dan burung betina sama-sama mempertahankan wilayahnya sepanjang tahun. Selama dua minggu, pasangan ini akan membuat sarang secara bersama-sama. Sarangnya dibangun di atas semak-semak dengan ketinggian sekitar 1 meter.

Setelah itu, burung betina bertelur sebanyak 3-4 butir, yang berwarna biru kehijauan. Induk jantan dan betina secara begantian mengerami telur selama 14 hari.

Ketika menetas, anakan wrentit diasuh kedua induknya sampai lepas sapih (umur 40 hari). Tetapi anakan sudah bisa belajar terbang pada umur 15 hari. Di alam liar, burung ini bisa bertahan hidup selama 12 tahun.

Suara burung wrentit

Di balik rupanya yang biasa-biasa saja, suara kicauan wrentit terbilang merdu, dengan volume yang sangat keras. Para ahli burung menggambarkan suaranya seperti suara bola pingpong yang jatuh di atas meja: “trr… trrrrr.. trrrrrrr….”

Sebagian ahli lainnya menggambarkan suaranya seperti bunyi peluit dengan speed rapat, dan sering diawali dulu dengan siulan “tit.. tit…tit…”.

Baik burung jantan maupun betina bisa berkicau. Namun kicauan wrentit jantan memiliki irama yang lebih cepat daripada burung betina.

Burung wrentit
Wrentit sering berada di permukaan tanah untuk mencari serangga.

—-

Berikut ini beberapa variasi suara kicauan dan panggilan burung wrentit, yang dapat dijadikan bahan masteran alternatif untuk sebagian besar jenis burung kicauan di rumah.

  • Suara kicauan burung wrentit variasi 1

—-

  • Suara kicauan burung wrentit variasi 2

—-

  • Suara kicauan burung wrentit variasi 3

—-

  • Suara kicauan burung wrentit variasi 4

—-

  • Suara panggilan burung wrentit

—-

  • Suara call-song burung wrentit

—-

Jika mau mengunduh, silakan klik:

KUMPULAN AUDIO BURUNG WRENTIT

—-

—-

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

4 Comments

Komentar ditutup.