Nyeri di Palembang, kacer Tikuz ditawar Rp 200 juta

Selain kacer Panglima Sumatera milik H Rico Lampung, ada gaco lain yang juga moncer dalam even Road to Presiden Cup III di Asrama Haji Palembang, Minggu (16/3). Burung ini juga sudah beberapa kali diulas Om Kicau. Ya, namanya kacer Tikuz milik Mr Said BH dari Jambi. Tikuz bahkan meraih double winner dan sekali juara 2. Kelas paling bergengsi, Dodi Reza Alex, pun sukses dijuarainya sehingga berhak mendapat hadiah Rp 10 juta plus bonus Rp 5 juta.

Seperti diberitakan, dalam even Road to Presiden Cup III di Palembang, kacer Panglima Sumatera milik H Rico Lampung menjuarai Kelas Palembang dan runner-up Kelas Dodi Reza Alex. Burung ini bersaing ketat dengan kacer Tikuz, yang menjuarai Kelas Dodi Reza Alex dan runner-up Kelas Palembang.

Selain menjuarai kelas paling bergengsi, kacer Tikuz juga menjuarai satu sesi lagi, yaitu Kelas Banyuasin / Muba. Awal bulan ini, kacer Tikuz juga meraih double winner dalam Lomba Burung Berkicau Ir Veronica Dianawati Cup di Lapangan Reagan, Payo – Selincah, Jambi (2/3).

Kacer Tikus milik Mr Said BH
Kacer Tikuz dua kali juara 1 dan sekali juara 2 di Road to Presiden Cup III, Palembang (19/3).

Tikuz juga pernah nyeri juara 1 saat tampil dalam Bupati Cup di Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, 5 Januari lalu. Seminggu kemudian, turun dalam Nusantara Berkicau II Cup (12/1) dan menjuarai Kelas Mega Bintang.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Begitu meraih double winner dalam Road to Presiden Cup III di Palembang, beberapa kolega mengirim BBM ke Om Said, intinya ingin meminang kacer Tikuz. Wah, tentu saja yang punya burung kaget, karena memang belum ada rencana menjualnya. “Saya masih sayang sama Tikuz,” ujarnya.

Sebelum dibawa ke Palembang pun sudah ada beberapa kicaumania yang berminat meminang, dengan penawaran paling tinggi Rp 200 juta. “Paling tinggi dua ratus jeti, ngeces juga… Tapi gimana ya, saya masih sayang sama kacer Tikuz,” jawab Om Said.

Kacer Tikuz
Kacer Tikuz (gantangan 11) saat berlaga di lapangan

Secara kebetulan, Om Kicau sempat main ke rumah Om Godex dan mencoba menggosip soal penawaran kacer Tikuz. Om Godex pun membenarkannya. “Memang benar dan memang pantas, karena kacer Tikuz selalu nyantol juara satu di even-even gede,” jelas Om Godex.

Kacer Tikuz memiliki suara andalan cukup komplet, mulai dari cililin, cucak jenggot, parkit, burung-madu (kolibri), serindit, dan rambatan. Kombinasi isian ini dibawakannya ngerol – nembak, panjang-panjang, dengan volume yang keras dan selalu membuat para juri seperti terhipnotis.

Setiap berlomba, Tikuz selalu memamerkan tiga gaya yang menjadi nilai tambahnya. Pertama, gaya ekor yang selalu mengipas naik-turun. Kedua, kepalanya yang teler ke kiri dan ke kanan seperti anis merah. Ketiga, sering meliuk-liukkan tubuhnya seperti tidak punya tulang. Keempat, jurus menatap langit dengan sayap yang bergetar-getar.

Semua gaya itu selalu ditampilkannya bersamaan dengan bukaan paruhnya yang lebar, mata melotot, sambil terus menyemburkan tembakan dan lagu-lagu merdunya, dengan speed rapat, dan durasi kerja maksimal. Bagaimana perawatan kacer Tikuz, silakan mampir ke halaman ini.

Mr Said BH dan keluarga
Mr Said BH bersama istri dan kedua jagonya saat berlomba di Palembang.

Seperti kebiasaannya dalam berlomba, Mr Said BH selalu membawa koleksi lainnya seperti serindit Top Speed, yang bisa dibilang merupakan serindit paling top di Pulau Sumatera saat ini. Gaco ini juga tampil sebagai juara pertama, tepatnya di Kelas Banyuasin / Muba.

Mr Said BH dan kedua anaknya
Mr Said BH bersama Fadli (kanan) dan Fadel

Mr Said BH memang dikenal sebagai pengorbit burung jawara. Tak hanya kacer dan serindit saja, tetapi jenis burung berkicau lainnya. Di rumahnya, Jalan Pattimura Kota Jambi, dia mengoleksi lovebird Salju, murai batu Oezil, cucak hijau Siginjai, dan sebagainya.

Beberapa koleksinya ini, termasuk kacer Tikuz, bakal dibawanya dalam pergelaran akbar Presiden Cup III di Jakarta, 22 Juni mendatang. (Kelana Lana)

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.