Ini dia kunci kestabilan Golden Boy: Turun lapangan 3 kali seminggu!

Penguasa kelas lovebird di Jabodetabek dalam dua tahun terakhir ini terus berganti. Jika semula kelas ini pernah didominasi Janda, gaco milik dokter Mulyana, posisinya mulai digeser oleh Mata Dewa milik Ardhy Happard. Kini, giliran lovebird Golden Boy milik Hany Faroko dari Brothers SF yang melejit di wilayah ini. Meski demikian, Janda dan Mata Dewa pun hingga kini tetap berprestasi dengan frekuensi juara yang berbeda-beda.

Dalam Liga Ronggolawe Jabodetabek 2013/2014, juara umum kelas lovebird ditempati Mata Dewa, adapun Golden Boy berada di posisi runner-up. Namun, sekadar ilustrasi, Mata Dewa turun sejak seri pertama hingga seri terakhir (XII) di Bekasi, 26 Januari lalu.

Lovebird Golden Boy
Lovebird Golden Boy: 8 gelar juara 1 dalam 4 pekan terakhir.

Golden Boy baru turun di beberapa seri terakhir, namun selalu meraih 1-2 gelar juara 1 dan beberapa posisi tiga besar. Tak heran apabila poinnya bertambah begitu cepat, dan langsung berada di urutan kedua pada seri penutup.

Setelah LRJ 2013/2014 berakhir, Golden Boy terus dilombakan. Kalau tidak ada lomba besar, burung tetap diturunkan dalam even sekelas latber maupun latpres. Inilah salah satu kunci kestabilan prestasinya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Berikut ini empat even besar yang diikuti lovebird Golden Boy selama empat pekan berturut-turut:

Hany Brothers SF
Om Hany sIap turunkan Golden Boy ke Presiden Cup III.

Delapan kali meraih gelar juara 1 selama 4 pekan berturut-turut jelas membuktikan kestabilan prestasi Golden Boy. Apalagi persaingan lovebird di Jabodetabek dan Jawa Barat sangat ketat, dan sebagian besar kelas selalu full peserta.

Lalu, bagaimana kiat sang pemilik dan mekanik dalam menstabilkan gaconya ini hingga bisa berprestasi terus nyaris tanpa henti?

Seperti diketahui, salah satu kendala yang kerap dialami pemain lovebird adalah tentang birahi burung. Lovebird merupakan salah satu burung yang rentan mengalami over birahi. Akibatnya, burung menjadi nakal, senang turun-naik, main di jeruji, dan perilaku lainnya saat di lapangan.

Untuk menyiasati hal ini, Om Rizal Brouw selaku mekanik Golden Boy rajin membawa burung ini ke arena latber, selain berlomba pada hari Minggu. Jadi, di luar hari lomba (Minggu), lovebird ini selalu turun di arena latber, sehingga dalam seminggu bisa tiga kali turun.

Hari Selasa, Golden Boy biasanya diturunkan di Latber / Latpres HSBF Bekasi. Meski kelasnya latber, even ini selalu dipenuhi pesertanya. Kelas lovebird biasanya diikuti 60 – 70 ekor burung per sesi. Ya, benar-benar tak jauh berbeda dari suasana lomba.

Setelah istirahat sehari, burung kembali diturunkan dalam latber di lokasi berbeda. Om Rizal biasa membawa Golden Boy di Pasar Burung Narogong, Bekasi, setiap Kamis.

“Sengaja kita turunkan di arena latber. Tujuannya bukan semata untuk juara atau mencari hadiah Lebih penting dari itu adalah untuk mengendalikan birahinya,” kata Om Rizal.

Brothers SF
Hany Faroko (kanan) dan Rizal, sang mekanik andal.

Dengan sering dipertemukan lawan-lawannya, seminggu tiga kali, birahi burung relatif lebih stabil. Perilakunya menjadi lebih tenang.

“Ketika burung tampil dalam lomba sesungguhnya, yaitu hari Minggu, kinerjanya bisa lebih maksimal,” tandas Om Rizal.

Melihat prestasi Golden Boy yang nyaris tiada henti, Om Hany Faroko selaku punggawa Brothers SF makin tertantang untuk berburu lovebird prospek lainnya, sebagai pelapis bagi Golden Boy.

“Ya, saya baru ambil lovebird juara dari Solo. Namanya Liontin, untuk melapis Golden Boy, sehingga Brothers SF punya beberapa amunisi yang bisa diandalkan,” kata Om Hany. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.