Presiden Cup III: Khadafi pertahankan gelar SF terbaik, Jayakarta Team juara umum BC

Muhammad Khadafi berhasil mempertahankan gelar sebagai single fighter (SF) terbaik dalam Lomba Burung Berkicau Presiden Cup III di Parkir Timur Senayan Jakarta, Minggu (22/6). Kalau dua tahun lalu Khadafi mengibarkan bendera Aceh Bintang SF, kini berjaya dengan nama baru KDV Star Bird Farm yang sudah setahun ini digunakannya. Jayakarta Team sukses menjadi juara umum bird club (BC), yang dua tahun lalu diraih Sumatera Team.

Lomba Burung Presiden Cup III
Suasana lomba PresCup III: Persaingan ketat di semua kelas.

Tidak salah jika Presiden Cup III garapan Bang Boy dkk dari Yayasan BnR menjadi lomba burung paling akbar tahun ini. Bahkan dari jumlah tiket terjual, even ini mencatat rekor sebagai lomba burung dengan jumlah peserta terbanyak.

Bayangkan, selama ini jarang ada lomba burung berkicau yang pesertanya tembus 3.000 ekor. Namun, dalam PresCup III, tiket terjual sekitar 6.200 lembar. Panitia membuka 90 kelas, dan menggunakan empat lapangan.

Khadafi bersama KDV Star Bird Farm memperoleh sejumlah gelar juara 1, antara lain di Kelas MB Ring Bebas melalui murai batu Mr Napoleon (juara 2, Dirgahayu, juga dari SF yang sama).

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

KDV Star BF juara umum SF PresCup
KDV Star Bird Farm pimpinan Khadafi kembali juara umum SF.

Tiga kapas tembak koleksi KDV Star BF, yaitu Merak menari, Kim-Kim 81, dan Limbad, bahkan menjadi juara 1-3 di Kelas Perontok & Penumbuh Bulu.

KDV Star BF juga sukses menjuarai kelas branjangan, melalui gaco bernama Ribet, yang memaksa dua gaco milik Tony Music, yaitu Neptune dan Jupiter, harus puas di urutan kedua dan ketiga.

Sejumlah kacernya juga masuk papan atas di beberapa sesi, mulai dari Rincong Aceh, Pringgodani, Serdadu Timor, hingga Bintang Timur. Bahkan kacer Panglima Sumatera milik H Rico Lampung pun bergabung dengan KDV Star BF.

Ada lagi cucak hijau Bintang dan kenari Gisel yang moncer di kelas masing-masing. Total poin yang dikumpulkan KDV Star BF tak terkejar oleh single fighter lainnya. Runner-up juara umum SF diraih Fitri BKS Samarinda yang berkolaborasi dengan H Nendra Jakarta.

Fitri BKS dan H Nendra
Fitri BKS Samarinda (kanan) berkolaborasi dengan H Nendra menjadi runner-up SF terbaik.

Untuk kategori bird club (BC), ambisi Jayakarta Team pimpinan Andre SAS akhirnya bisa kesampaian juga. Jayakarta Team tampil sebagai juara umum BC, mengalahkan pesaing terberatnya, Jatim Raya Team.

Jayakarta Team
Setelah gagal dua tahun lalu, Jayakarta Team sukses menjadi juara umum BC.

Tim yang digawangi Andre SAS dan beberapa tokoh kicaumania seperti dokter Mulyana, H Anwar, Tony Music, dan rekan-rekan itu berhasil memboyong 13 trofi juara pertama di berbagai kelas, meninggalkan jauh Jatim Raya Team yang mengoleksi 8 trofi juara 1.

Semula, Jayakarta Team sempat ketar-ketir karena Jambi Team yang memiliki sejumlah amunisi dahsyat memutuskan bergabung dengan Jatim Raya Team yang juga memiliki puluhan amunisi hebat.

Andre SAS, ketua Jayakarta Team
Andre SAS, ketua Jayakarta Team.

Dua tahun lalu, Jambi Team menjadi kekuatan inti dari Sumatera Team ketika menjadi juara umum PresCup II, mengalahkan Jayakarta Team.

Keputusan Jambi Team bergabung dengan Jatim Raya Team ini bisa dimaklumi. Pasalnya Humas Jatim Raya Team Andre “Obelix” Sutanto sebelumnya mukim di Jambi, dan salah seorang pendiri Jambi Team.

Jatim Raya Team
Jatim Raya Team runner-up BC terbaik.

Beberapa burung berhasil meraih double winner, antara lain kenari Green Crown milik Helmy Asalvo (baca juga Helmy: Utangku lunas) dan murai batu Pedang Langit milik Ocan dari Legenda Wisata SF Cibubur.

Kacer Adipati milik Mr Deko (Samarinda) juga sukses dua kali menjadi juara 1, termasuk di Kelas Presiden dengan mengalahkan Rincong Aceh yang harus puas di urutan kedua.

Om Deko dan kacer Adipati
Om Deko: Kacer Adipati dua kali juara 1.

Persaingan di kelas murai batu relatif ketat. Panglima, besutan duet Yongka Samuel dan Dedi Jaya Ban, sukses menjuarai Kelas Presiden dan juara 2 Kelas BnR Vit (cek beritanya di sini). Dalam even ini, Yongka / Dedi yang berasal dari Jambi juga bergabung dengan Jatim Raya Team.

Yongka Samuel dan Dedy Jaya Ban
Yongka Samuel (kanan) dan Dedy Jaya Ban memperkuat Jatim Raya Team.

Adapun Pelor Mas dan Algojo, koleksi H Nendra yang berkolaborasi dengan H Fitri BKS Samarinda, juga menjadi juara 1 di sesi yang berbeda.

Yang mengejutkan adalah penampilan Pedang Langit milik Om Ocan. Gaco ini menjuarai dua kelas sekaligus, yaitu Kelas B Poor 400 dan Kelas B Salep BnR 99, yang semuanya digelar di Lapangan A.

Ocan dan MB Pedang Langit
Om Ocan: MB Pedang Langit double winner.

Namun, Pedang Langit bukan kali pertama menjuarai lomba. Ini gaco lawas, bahkan juga moncer dalam PresCup II 2012, meski saat itu bukan sebagai juara 1.

Murai batu unggulan lainnya yang moncer adalah Viking, gaco lawas besutan Om Robby Doda dari Ansel Pejaten SF Jakarta. Meski dalam kondisi masih dorong ekor, Viking tetap tampil ciamik, dan hanya kalah tipis selisih di koncer bendera B dari juara 1, King Cobra, di Kelas MB Ring Bebas Bhinneka.

Robby Doda
Robby Doda: MB Viking nyaris juara 1.

(baca juga: Isian unik murai batu Viking milik Robby Doda)

Secara keseluruhan, lomba burung berkicau Presiden Cup III berlangsung relatif lancar. Bang Boy selaku penanggungjawab lomba mengucapkan terimakasih atas partisipasi semua peserta dari berbagai daerah di Indonesia. (d’one)

Wahid dan kacer King Safir
Wahid (kiri): Kacer King Safir tembus tiga besar.
PresCup III
Antusias kicaumania dalam gelaran PresCup III: 6.200 tiket terjual.

GALERI GAMBAR PRESIDEN CUP III

Hasil Lengkap Presiden Cup III (Minggu, 22 Juni 2014)

Murai Batu | Kacer | Kenari | Lovebird | Cucak Hijau | AM – AK | Pleci | Kelas Lain

   
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.