Perawatan Young Boy, murai batu borneo milik Hob United

Murai batu borneo Young Boy
Murai batu borneo Young Boy, langganan juara di Kalimantan Timur.

Dalam Lomba Burung Berkicau Kampung Timur Balikpapan, Minggu (6/7) lalu, murai batu borneo Young Boy tampil sebagai burung terbaik setelah menjuarai tiga dari empat kelas yang dilombakan. Bagaimana perawatan Young Boy, murai batu borneo milik Hob United yang sedang naik daun ini? Silakan simak artikel ini, setidaknya bisa dijadikan referensi atau pembanding dari perawatan murai borneo lainnya.

Murai batu borneo Young Boy dulu bernama Bandawa. Om Kris (Hob United), kicaumania senior asal Balikpapan, mendapatkan burung ini tiga tahun lalu, dari salah seorang rekannya yang tinggal di kota yang sama.

Sejak di tangan Om Kris, nama Bandawa pun diganti menjadi Young Boy, dan terus berprestasi dalam berbagai even di Kalimantan Timur.

Om Kris memang dikenal sebagai penggemar sejati burung kicauan. Koleksinya tak hanya murai batu borneo, tetapi juga kacer, cucak hijau, lovebird, kenari, dan pleci. “Jumlahnya sekitar 20 ekor,” tutur Om Novan, yang sehari-hari dipercaya sebagai mekanik Young Boy.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Menurut Om Novan, Young Boy ini kalau tampil di lapangan cukup eksentrik. Gayanya ngeplay, sambil terus mengeluarkan lagu-lagunya yang apik dan bervariasi.

“Isiannnya memang cukup komplet, mulai dari suara cililin, lovebird, serindit, rambatan, kapas tembak, rio-rio, siri-siri, pelatuk, branjangan, hingga suara jangkrik dan belalang. Volumenya juga sangat menunjang, tebal dan keras,” jelas Om Novan.

Murai batu borneo Young Boy
MB Young Boy punya isian cukup komplet.

Soal sangkar, murai batu borneo Young Boy juga nggakterlalu ribet. Sebab burung ini tak pernah menolak ketika dimasukkan dalam sangkar kotak maupun sangkar bulat.

“Sehari-hari ya berada di sangkar harian. Kalau mau lomba baru dipindah ke sangkar lomba atau ukir. Nggak sensitif terhadap jenis sangkar,” tambahnya.

Murai batu borneo Young Boy
Young Boy tidak rewel ditempatkan dalam sangkar jenis apapun.

Young Boy sudah berkali-kali meraih predikat murai batu borneo terbaik dalam beberapa even yang dikutinya. Antara lain dalam even di Sepinggan, Gunung Guntur, Kampung Timur, dan lain-lain.

Perawatan MB Young Boy

Berikut ini tips perawatan murai batu borneo Young Boy, seperti diceritakan Om Novan kepada Om Kicau.

  • Mulai pukul 05.00, burung dikeluarkan, kerodong dibuka, dan diangin-anginkan selama 1 jam.
  • Pukul 06.00, burung dimandikan. Setelah itu dianginkan lagi selama 30 menit, dijemur hingga pukul 10.00, dan masuk kandang umbaran.
  • Sejak hari Senin hingga Kamis, burung full dalam kandang umbaran selepas penjemuran hingga sore. Selama di umbaran, burung rutin menjalani terapi terbang bolak-balik sebanyak 500 kali, mulai pukul 10.00 hingga 15.00.
Novan, mekanik MB Young Boy
Om Novan (kiri), mekanik MB Young Boy.
  • Young Boy rutin diberi kroto, sejak Senin hingga Minggu. Kroto dipilih yang bersih dan fresh.
  • Porsi jangkrik 25 ekor per hari, yang diberikan sejak Senin hingga Jumat.
  • Jika mau mengikuti lomba, maka porsi jangkrik pada hari Sabtu dan Minggu dinaikkan menjadi 40-50 ekor per hari.
  • Jika Minggu dilombakan, maka burung tak dimandikan pada hari Sabtu dan Minggu, agar staminanya di lapangan tidak gembos.

Itulah perawatan murau batu borneo Young Boy, yang setiap hari hanya mengandalkan pakan kroto dan jangkrik saja.

Bagi sobat kicaumania yang ingin tukar fikiran dengan Om Novan mengenai perawatan murai batu borneo, silakan kontak ke nomor 0821 5332 7338. (v1rgoboy)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.