Kacer Predator, andalan baru Mr Chandra Pontianak

Mr Chandra Pontianak
Mr Chandra kiri) punya gaco baru di kelas kacer.

Persaingan kelas kacer di berbagai blok nampaknya makin memanas. Nama-nama besar seperti Rincong Aceh, Adipati, Panglima Sumatera, dan Hipnotis memang silih-berganti mendominasi berbagai even. Di sisi lain, kacer-kacer debutan baru juga layak diperhitungkan, karena seluruh kacer terbaik nasional itu awalnya juga burung debutan. Salah satu debutan yang kini layak diperhitungkan adalah kacer Predator, andalan baru milik Mr Chandra Pontianak.

Mr Chandra, kicaumania asal Jakarta yang berdomisili di Pontianak, Kalimantan Barat, memang bukan pemain baru di kelas kacer. Sebagian besar even akbar di Jabodetabek serta Blok Tengah selalu diikutinya. Sebab beberapa gaco kacernya ada yang disimpan di Jakarta, sebagian lagi ada di Salatiga, Jawa Tengah.

Mr Chandra Pontianak
Mr Chandra (kiri) bersama tokoh kicaumania Drs Soeprodjo WS.

Salah satu andalannya adalah kacer Ningrat, gaco lawas langganan juara yang disimpan di Kota Enting-enting: Salatiga. Jika ada even besar di Jakarta, Om Made yang merawatnya di Salatiga segera membawanya ke Ibu Kota.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Prestasi kacer Ningrat memang sudah seabrek, bahkan burung ini pernah mendominasi berbagai even di Jabodetabek (baca juga: Kacer Ningrat makin menguasai Jabodetabek).

Kacer Ningrat
Kacer Ningrat milik Mr Chandra yang disimpan di Salatiga.

Kini, Ningrat memiliki pelapis yang nyaris sepadan. Namanya kacer Predator. Dalam kontes Marhaban Ya Ramadhan yang digelar Angmor BC, Minggu (13/7) lalu, Predator tampil sebagai juara pertama.

Dalam even tersebut, Mr Chandra juga berhasil memenangi kelas pentet, melalui Terminator yang selama ini memang sering menjuarai lomba burung berkicau di Blok Tengah. Sebagaimana Ningrat, Terminator juga disimpan di Salatiga.

Kisah mengenai kacer Predator memang cukup unik. Burung ini diperolehnya dari kicaumania di Sragen, Senin (7/7). Dua hari kemudian, Rabu, burung tiba di Jakarta.

Praktis hanya empat hari, Predator langsung diturunkan dalam even garapan Angmor BC di Asrama Yon Bekang 3 / RAT, Jalan Tanah Tinggi Bungur, Jakarta Pusat, dan langsung juara.

Kacer Predator
Kacer Predator orbitan Mr Chandra Pontianak.

Adapun perawatan kacer Predator tak jauh berbeda dari kacer Ningrat. Kacer-kacer koleksi Mr Chandra umumnya menggunakan kandang umbaran, sejak pagi hingga pukul 11.00 sambil berjemur. Jadwal umbaran hanya berlaku sejak Senin hingga Jumat.

Sehari menjelang lomba (H-1), atau Sabtu, burung tidak lagi diumbar agar bisa beristirahat total. Untuk extra fooding (EF) tidak jauh berbeda dari perawatan burung kacer lainnya. Setiap hari 10 ekor jangkrik, masing-masing lima ekor pada pagi hari dan lima ekor lagi pada sore hari.

Khusus Sabtu, atau H-1, porsi jangkrik dinaikkan menjadi 8/8. Pada hari lomba, porsi jangkrik kembali normal (5 ekor). Namun, menjelang turun di sesi berikutnya, diberi tambahan lima ekor lagi.

Mr Chandra bersama Made kini sedang menyiapkan kacer Predator dan Ningrat untuk menghadapi even akbar Piala Raja di Prambanan Jogja, 7 September 2014. Begitu pula pentet Terminator, yang juga akan diikutkan dalam even tersebut. (d’one)

Chandra Pontianak
Mr Chandra siap turunkan kacer Predator dan Ningrat ke Piala Raja 2014.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

    • Belum. Di Jakarta pun baru Minggu (13 Juli 2014), karena kacer ini asalnya dari Sragen, baru take-over tanggal 7 Juli 2014.

Komentar ditutup.