Setelan pleci jelang lomba ala Om Warsito dan Om Rudi Wowor

Kelas pleci masih ramai di sejumlah daerah, meski di sebagian daerah lainnya cenderung lesu. Salah satu penyebab kelesuan adalah banyaknya keluhan para plecimania dalam melakukan setelan lomba. Sebagai referensi, berikut ini setelan pleci jelang lomba berdasarkan pengalaman Om Warsito dan Om Rudi Wowor.

Pleci Kipas Sakti
Setelan pleci jelang lomba agar nampil di lapangan.

Apa dan siapa Om Warsito dan Om Rudi Wowor pernah diungkap dalam beberapa artikel terdahulu. Om Warsito (Pakica Ampel, Boyolali) merupakan pemilik pleci Metrix. Burung ini menjuarai kontes P2B3 Ngebong, Boyolali, 18 Juli lalu.

Adapun Om Rudi Wowor merupakan plecimania asal Temanggung, pemilik pleci Kipas Sakti, yang videonya pernah diupload Om Kicau beberapa waktu lalu. Kipas Sakti juga sukses menjuarai latpres di PB Bandongan, Magelang, 20 Juli 2014. Turun di dua kelas, Kipas Sakti juara 1 dan 2.

( lihat juga Video pleci Kipas Sakti )

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Banyak plecimania yang berharap burungnya bisa tampil maksimal dalam lomba. Namun, sayangnya, kenyataan seringkali tidak sesuai dengan harapan.

Bahkan tidak sedikit plecimania yang membeli gaco sudah jadi, yang harganya jauh di atas rata-rata, dengan harapan bisa memenangi sebuah kejuaraan. Celakanya, pleci mahal pun belum tentu nampil di tangan majikan baru. Terkadang nampil di salah satu even, namun gagal nampil di beberapa even berikutnya.

Tingkat kesulitan dalam melakukan setelan jelang lomba lebih sering dialami para plecimania yang sedang mengorbitkan gaconya, meski hanya sekadar even latberan. Sudah berbagai upaya dicoba, namun burung sama sekali tidak mau nampil.

Bagi Om Warsito dan Om Rudi, melakukan setelan terhadap pleci menjelang lomba sebenarnya tak terlalu sulit. Yang penting, kita perlu mencoba berbagai cara yang disesuaikan dengan karakter atau kemauan burung.

Setelan pleci jelang lomba ala Om Warsito

Pleci Metrix
Pleci Metrix milik Om Warsito dari Pakica Ampel Boyolali.

Untuk perawatan harian, Om Warsito biasa memberi voer ukuran kecil atau mini pelet. Tambahan pakan baru diberikan pada Minggu, berupa pisang.

Setiap hari, dia biasa menyendirikan pleci yang biasa dilombakan. Boleh jadi, ini sedikit berbeda dari pengalaman sebagian plecimania lainnya yang justru menyediakan burung sejenis sebagai kawan, meski posisi penggantangan diatur agak jauh.

Warsito Pakica Ampel Boyolali
Om Warsito (berdiri, 3 dari kiri) sukses bersama pleci Matrix.

Om Warsito justru menyendirikan pleci. Jika mau dilombakan, maka pada hari Sabtu pleci ditempel dengan burung betina. Bagaimana cara menempelnya?

“Pleci betina boleh saja dimasukkan ke sangkar pleci jantan yang bisasa dilombakan. Tetapi, bisa juga burung jantan dan burung betina berada dalam sangkar masing-masing, namun posisinya didekatkan (mirip proses penjodohan burung),” jelasnya.

Pleci lomba dicas burung betina hingga Minggu pagi. Jadi sebelum berlomba, pleci betina dipisahkan dari pleci jantan yang mau dilombakan.

Setelan pleci jelang lomba ala Om Rudi Wowor

Pleci Kipas Sakti
Pleci Kipas Sakti milik Om Rudi Wowor Temanggung.

Tips di atas dapat dijadikan salah satu referensi bagi plecimania yang selama ini kesulitan melakukan setelan jelang lomba.

Apabila kebetulan belum membuahkan hasil, bisa dicoba referensi lain seperti yang biasa diterapkan Om Rudi Wowor, khususnya terhadap pleci Kipas Sakti dan Halilintar miliknya.

Untuk perawatan harian, Om Rudi juga biasa memberikan voer ukuran kecil atau mini pelet sehingga tak banyak pakan terbuang. Selain itu, pleci setiap hari juga diberi ulat hongkong. Porsi disesuaikan dengan kondisi burung.

“Terkadang sehari hanya satu ekor ulat hongkong, tetapi pernah juga dua ekor. Yang penting selalu disesuaikan dengan kondisi burung,” ujarnya.

Kebiasaan lain yang diterapkannya adalah memberikan sedikit kroto dan pepaya menjelang lomba. Dengan setelan seperti ini, burung menjadi fight dan rajin berkicau saat bertemu lawan-lawannya.

Rudi Wowor dan pleci Kipas Sakti
Rudi Wowor (kanan), pemilik pleci Kipas Sakti.

Baik Om Warsito maupun Om Rudi sama-sama terbiasa melakukan penjemuran setiap pagi, mulai pukul 07.00 hingga 10.00, atau dengan durasi 3 jam. Itu dilakukannya setiap hari.

Dari cara yang dilakukan kedua plecimania tersebut, bisa diambil kesimpulan tidak pernah ada yang namanya setelan baku untuk burung pleci, terutama pleci lomba. Anda bisa mencoba berbagai cara sampai akhirnya nanti ketemu setelan yang tepat, termasuk mencoba dua referensi di atas. (Waca)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.